Efektifitas Model Pembelajaran CIRC dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar
Studi Kasus di SD Negeri Muncar 01
Abstract
Tujuan dari penelitian yang dilaksanakan ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektifitas model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam meningkatkan keterampilan membaca dan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas 3 SD Negeri Muncar 01. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis data Kuantitatif dan Kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukan, dalam meningkatkan keterampilan membaca dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas 3 Sekolah Dasar dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) peserta didik ditutut untuk meningkatkan keterampilan dalam membaca baik dari sisi indikator pelafalan, kelancaran, intonasi dan kejelasan suara pada saat membaca. Penelitian ini menggunakan 2 siklus dalam pelaksanaannya, hasil dari penelitian ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh peserta didik pada siklus I dan siklus II. Penelitian ini dapat dikatakan berhasil dikarenakan adanya peningkatan keterampilan membaca pada siswa yang di tunjukan pada data penelitian tindakan siklus I mencapai rata-rata sebesar 53,5 dan pada data penelitian tindakan siklus II mencapai rata-rata sebesar 66,59 dan hasil belajar peserta didik mencapai ketuntasan 66,59 dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu 65. Penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CRIC) dapat meningkatkan keterampilan membaca dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas 3 Sekolah Dasar.
Downloads
References
Ayuningrum, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Gagasan Pokok Paragraf Di Sd Islam Pb Soedirman Jakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 6(2), 1–9. https://doi.org/10.29040/jie.v6i2.5698
Estyawati, N., Fajriyah, K., & Damayanti, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas Iii Sd Muhammadiyah 17 Semarang. MAJALAH LONTAR, 34(3), 1–14.
FEBRIANI, L. (2019). Upaya Guru Dalam Mengatasi Penggunaan Bahasa Ibu Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 72 Kaur. In Molecules (Vol. 9, Issue 1).
Febriyanto, B. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Keterampilan Menulis Paragraf Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), 90–102.
Fitriani, L., & Nurjamaludin, M. (2020). Efektivitas Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Fiksi. Bale Aksara: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1).
Hutapea, R. H. (2019). Instrumen Evaluasi Non-Tes dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif dan Psikomotorik. BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 2(2), 151–165. https://doi.org/10.34307/b.v2i2.94
Jariah, A., Gustina, R., Muhardini, S., Habiburrahman, H., Ihsani, B. Y., & Nurmiwati, N. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 234–243.
Juwita, S. R. (2017). Bahasa Indonesia (Keterampilan Membaca dan Menulis). Bahasa Indonesia, 1–161.
Karim, M. F., & Fathoni, A. (2022). Pembelajaran CIRC dalam Menumbuhkan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5910–5917. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3164
Khaatimah, H., & Wibawa, R. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 2(2), 76–87.
Latifa, H. L., & Haryadi, H. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran CIRC Pada Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Journal of Elementary School (JOES), 5(2), 301–307. https://doi.org/10.31539/joes.v5i2.4283
Qorimah, E. N., & Sutama, S. (2022). Studi Literatur: Media Augmented Reality (AR) Terhadap Hasil Belajar Kognitif. Jurnal Basicedu, 6(2), 2055–2060. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2348
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.
Rahmi, Y., & Marnola, I. (2020a). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotion (Circ). Jurnal Basicedu, 4(3), 662–672. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.406
Rahmi, Y., & Marnola, I. (2020b). Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui model pembelajaran cooperative integrated reading and compotion (circ). Jurnal Basicedu, 4(3), 662–672.
Sekolah, P. D. I. (2022). Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi. 9(2), 472–487.
Sri Astutik, Subiki, & Singgih Bektiarso. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru SMAN Panarukan Situbondo. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 54–62. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i1.5
Suparlan, S. (2021). Ketrampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Fondatia, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1088
Suwandi, S. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Mencerdaskan Dan Tanggung Jawab Menghasilkan Generasi Literat. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2), 1–17. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1562
Copyright (c) 2024 Melania Laura Melati Putri, Suhandi Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.