Efektifitas Model Pembelajaran CIRC dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar

Studi Kasus di SD Negeri Muncar 01

  • Melania Laura Melati Putri Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Suhandi Astuti Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

Abstract

Tujuan dari penelitian yang dilaksanakan ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektifitas model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam meningkatkan keterampilan membaca dan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas 3 SD Negeri Muncar 01. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis data Kuantitatif dan Kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukan, dalam meningkatkan keterampilan membaca dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas 3 Sekolah Dasar dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) peserta didik ditutut untuk meningkatkan keterampilan dalam membaca baik dari sisi indikator pelafalan, kelancaran, intonasi dan kejelasan suara pada saat membaca. Penelitian ini menggunakan 2 siklus dalam pelaksanaannya, hasil dari penelitian ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh peserta didik pada siklus I dan siklus II. Penelitian ini dapat dikatakan berhasil dikarenakan adanya peningkatan keterampilan membaca pada siswa yang di tunjukan pada data penelitian tindakan siklus I mencapai rata-rata sebesar 53,5 dan pada data penelitian tindakan siklus II mencapai rata-rata sebesar 66,59 dan hasil belajar peserta didik mencapai ketuntasan 66,59 dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu 65. Penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CRIC) dapat meningkatkan keterampilan membaca dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas 3 Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayuningrum, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Gagasan Pokok Paragraf Di Sd Islam Pb Soedirman Jakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 6(2), 1–9. https://doi.org/10.29040/jie.v6i2.5698

Estyawati, N., Fajriyah, K., & Damayanti, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas Iii Sd Muhammadiyah 17 Semarang. MAJALAH LONTAR, 34(3), 1–14.

FEBRIANI, L. (2019). Upaya Guru Dalam Mengatasi Penggunaan Bahasa Ibu Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 72 Kaur. In Molecules (Vol. 9, Issue 1).

Febriyanto, B. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Keterampilan Menulis Paragraf Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), 90–102.

Fitriani, L., & Nurjamaludin, M. (2020). Efektivitas Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Fiksi. Bale Aksara: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1).

Hutapea, R. H. (2019). Instrumen Evaluasi Non-Tes dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif dan Psikomotorik. BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 2(2), 151–165. https://doi.org/10.34307/b.v2i2.94

Jariah, A., Gustina, R., Muhardini, S., Habiburrahman, H., Ihsani, B. Y., & Nurmiwati, N. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 234–243.

Juwita, S. R. (2017). Bahasa Indonesia (Keterampilan Membaca dan Menulis). Bahasa Indonesia, 1–161.

Karim, M. F., & Fathoni, A. (2022). Pembelajaran CIRC dalam Menumbuhkan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5910–5917. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3164

Khaatimah, H., & Wibawa, R. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 2(2), 76–87.

Latifa, H. L., & Haryadi, H. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran CIRC Pada Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Journal of Elementary School (JOES), 5(2), 301–307. https://doi.org/10.31539/joes.v5i2.4283

Qorimah, E. N., & Sutama, S. (2022). Studi Literatur: Media Augmented Reality (AR) Terhadap Hasil Belajar Kognitif. Jurnal Basicedu, 6(2), 2055–2060. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2348

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.

Rahmi, Y., & Marnola, I. (2020a). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotion (Circ). Jurnal Basicedu, 4(3), 662–672. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.406

Rahmi, Y., & Marnola, I. (2020b). Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui model pembelajaran cooperative integrated reading and compotion (circ). Jurnal Basicedu, 4(3), 662–672.

Sekolah, P. D. I. (2022). Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi. 9(2), 472–487.

Sri Astutik, Subiki, & Singgih Bektiarso. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru SMAN Panarukan Situbondo. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 54–62. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i1.5

Suparlan, S. (2021). Ketrampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Fondatia, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1088

Suwandi, S. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Mencerdaskan Dan Tanggung Jawab Menghasilkan Generasi Literat. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2), 1–17. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1562

Published
2023-11-20
How to Cite
Melati Putri, M. L., & Astuti, S. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran CIRC dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 12(1), 178 - 193. https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i1.1080
Section
Articles