Manajemen Pengelolaan Humas terhadap Marketing Madrasah di MA KMM Kauman Kota Padang Panjang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: 1) Perencanaan humas di MA KMM Kauman Padang Panjang, 2) Menjelaskan pelaksanaan program kerja humas di MA KMM Kauman Padang Panjang, 3) Menjelaskan bagaimana evaluasi yang dilaksanakan di MA KMM Kauman Padang Panjang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang mengacu kepada model penelitian Sugiyono. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) Perencanaan kehumasan di MA KMM Kauman Padang Panjang melibatkan Yayasan, komite dan juga Mudir untuk menetapkan tujuan yang akan dicapai melalui rapat kerja. Perencanaan mulai dilakukan dengan melihat hasil evaluasi dari kegiatan yang sudah dilaksanakan. 2) Pelaksanaan kegiatan dilakukan, berdasarkan perencanaan yang sudah disepakati. Tim humas membagi kerja sesuai dengan yang diamanahkan oleh kepala humas. Seperti pengelolaan media sosial, brosur dan banner. 3) Evaluasi dilaksanakan sekali seminggu, sekali sebulan, setiap akhir semester, akhir tahun dan setiap kali kegiatan dilaksanakan.
Downloads
References
Afidah, I., & Kurniawan, A. (2020). Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Masyarakat. JM-TBI: Jurnal Manajemen Dan Tarbiyatul Islam, 12–19.
Amelia, R. (2022). Bukan Hanya Entertainment, Ini 7 Manfaat TikTok untuk Bisnis. Bisnis Dan E-Commerce. https://store.sirclo.com/blog/manfaat-tiktok/
Author. (2022). 38 Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli Dan Secara Umum. Situs Ilmu Pengetahuan. https://teks.co.id/pengertian-evaluasi-menurut-para-ahli/
Ayunisa, L. N., & Sholeh, M. (2022). Strategi Lembaga Pendidikan Formal Dalam Meningkatkan School Branding Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(01), 59–72.
Dhuhani, E. M. (2017). Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Mutu Madrasah Studi Kasus Di Madrasah Ibtidiyah Terpadu (Mit) As-Salam Ambon. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 167–189.
Dwiyama, F. (2018). Unsur Manajemen dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 675–695.
Elyus, D. S., & Sholeh, M. (2021). Strategi humas dalam meningkatkan citra sekolah di era pandemi covid 19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(2), 281–289.
Hassan, E. J. M. dan S. (2020). Kamus Inggris Indonesia (Gramedi). PT Gramedia Pustaka Utama.
Karsono, K., Purwanto, P., & Salman, A. M. Bin. (2021). Strategi Branding Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 869–880.
Kriyantono, R. (2015). Public Relation.
Kustini, H. dkk. (2021). 10 Pengertian Humas Menurut Para Ahli. Kompas.Com, 1.
Margareta, R. T. E., Ismanto, B., & Sulasmono, B. S. (2018). Strategi Pemasaran Sekolah Dalam Peningkatan Minat Peserta Didik Berdasarkan Delta Model. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 1–14.
Munir, M. (2018). Manajemen Pemasaran Pendidikan Dalam Peningkatan Kuantitas Peserta Didik. Intizam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 1–37.
Nur Harini, I. (2014). Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Upaya Peningkatan Citra Sekolah (Study Kasus di SMP Al Hikmah Surabaya).
Pohan, Z. (2018). Peran Humas Public Relations Pada Bidang Pendidikan. Jurnal Sintesa, 18(1), 103–110.
Rahmat, A. (2021). Hubungan sekolah dan masyarakat: mengelola partisipasi masyarakat dalam peningkatan mutu sekolah. Zahir Publishing.
RI, K. A. (2020, January). KMA 890/2019 tentang Pedoman Pemenuhan Beban Kerja Guru Madrasah.
S. Gasing, S. dan S. (2016). Public Relation. Andi Offset.
Shobri, M., & Firdaus, J. (2022). Implementasi Manajemen Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik Baru di Madrasah Idtidaiyah. Al Yazidiy: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 4(2), 12–22.
Sholihah, T. (2018). Strategi Manajemen Humas Dalam Menciptakan School Branding Pada Sekolah Islam Terpadu. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 3(2), 72–84.
Suara, M. (2021). MA KMM Kauman Rebut 5 Medali di KSM Tingkat Kota. Suara Muhammadiyah. https://suaramuhammadiyah.id/2021/08/31/ma-kmm-kauman-rebut-5-medali-di-ksm-tingkat-kota/
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) (M. T. Sutopo, Ed.; 1st ed.). Alfabeta.
Copyright (c) 2024 Meilina Roza
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.