Manajemen Pengelolaan Humas terhadap Marketing Madrasah di MA KMM Kauman Kota Padang Panjang

  • Meilina Roza UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: 1) Perencanaan humas di MA KMM Kauman Padang Panjang, 2) Menjelaskan pelaksanaan program kerja humas di MA KMM Kauman Padang Panjang, 3) Menjelaskan bagaimana evaluasi yang dilaksanakan di MA KMM Kauman Padang Panjang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang mengacu kepada model penelitian Sugiyono. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) Perencanaan kehumasan di MA KMM Kauman Padang Panjang melibatkan Yayasan, komite dan juga Mudir untuk menetapkan tujuan yang akan dicapai melalui rapat kerja. Perencanaan mulai dilakukan dengan melihat hasil evaluasi dari kegiatan yang sudah dilaksanakan. 2) Pelaksanaan kegiatan dilakukan, berdasarkan perencanaan yang sudah disepakati. Tim humas membagi kerja sesuai dengan yang diamanahkan oleh kepala humas. Seperti pengelolaan media sosial, brosur dan banner. 3) Evaluasi dilaksanakan sekali seminggu, sekali sebulan, setiap akhir semester, akhir tahun dan setiap kali kegiatan dilaksanakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afidah, I., & Kurniawan, A. (2020). Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Masyarakat. JM-TBI: Jurnal Manajemen Dan Tarbiyatul Islam, 12–19.

Amelia, R. (2022). Bukan Hanya Entertainment, Ini 7 Manfaat TikTok untuk Bisnis. Bisnis Dan E-Commerce. https://store.sirclo.com/blog/manfaat-tiktok/

Author. (2022). 38 Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli Dan Secara Umum. Situs Ilmu Pengetahuan. https://teks.co.id/pengertian-evaluasi-menurut-para-ahli/

Ayunisa, L. N., & Sholeh, M. (2022). Strategi Lembaga Pendidikan Formal Dalam Meningkatkan School Branding Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(01), 59–72.

Dhuhani, E. M. (2017). Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Mutu Madrasah Studi Kasus Di Madrasah Ibtidiyah Terpadu (Mit) As-Salam Ambon. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 167–189.

Dwiyama, F. (2018). Unsur Manajemen dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 675–695.

Elyus, D. S., & Sholeh, M. (2021). Strategi humas dalam meningkatkan citra sekolah di era pandemi covid 19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(2), 281–289.

Hassan, E. J. M. dan S. (2020). Kamus Inggris Indonesia (Gramedi). PT Gramedia Pustaka Utama.

Karsono, K., Purwanto, P., & Salman, A. M. Bin. (2021). Strategi Branding Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 869–880.

Kriyantono, R. (2015). Public Relation.

Kustini, H. dkk. (2021). 10 Pengertian Humas Menurut Para Ahli. Kompas.Com, 1.

Margareta, R. T. E., Ismanto, B., & Sulasmono, B. S. (2018). Strategi Pemasaran Sekolah Dalam Peningkatan Minat Peserta Didik Berdasarkan Delta Model. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 1–14.

Munir, M. (2018). Manajemen Pemasaran Pendidikan Dalam Peningkatan Kuantitas Peserta Didik. Intizam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 1–37.

Nur Harini, I. (2014). Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Upaya Peningkatan Citra Sekolah (Study Kasus di SMP Al Hikmah Surabaya).

Pohan, Z. (2018). Peran Humas Public Relations Pada Bidang Pendidikan. Jurnal Sintesa, 18(1), 103–110.

Rahmat, A. (2021). Hubungan sekolah dan masyarakat: mengelola partisipasi masyarakat dalam peningkatan mutu sekolah. Zahir Publishing.

RI, K. A. (2020, January). KMA 890/2019 tentang Pedoman Pemenuhan Beban Kerja Guru Madrasah.

S. Gasing, S. dan S. (2016). Public Relation. Andi Offset.

Shobri, M., & Firdaus, J. (2022). Implementasi Manajemen Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik Baru di Madrasah Idtidaiyah. Al Yazidiy: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 4(2), 12–22.

Sholihah, T. (2018). Strategi Manajemen Humas Dalam Menciptakan School Branding Pada Sekolah Islam Terpadu. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 3(2), 72–84.

Suara, M. (2021). MA KMM Kauman Rebut 5 Medali di KSM Tingkat Kota. Suara Muhammadiyah. https://suaramuhammadiyah.id/2021/08/31/ma-kmm-kauman-rebut-5-medali-di-ksm-tingkat-kota/

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) (M. T. Sutopo, Ed.; 1st ed.). Alfabeta.

Published
2023-10-17
How to Cite
Roza, M. (2023). Manajemen Pengelolaan Humas terhadap Marketing Madrasah di MA KMM Kauman Kota Padang Panjang. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 12(1), 86 - 105. https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i1.1054
Section
Articles