SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SISWA BERPRESTASI BERBASIS WEB DENGAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS)

Studi Kasus : SDN 1 Tanjungsari

  • Galih Galih Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Wandi Wandi Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Herdy Herlambang Universitas Islam Nusantara, Indonesia
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Pemilihan Siswa Berprestasi, AHP

Abstract

Pendidikan Sekolah Dasar (SD) adalah lembaga pendidikan yang menyelengarakan pendidikan anak yang ditempuh selama 6 tahun mulai dari umur 7 tahun hingga 13 tahun, yang biasanya dimulai setelah tamat dari Taman Kanak Kanak (TK) atau Paud. SD Negeri 1 Tanjungsari Sumedang ini adalah suatu lembaga pendidikan yang masih menggunakan sistem manual dalam pengolahan data nilai siswa seperti dalam bentuk file file word atau excel yang terkadang menimbulkan beberpa masalah seperti halnya kurang efektif dalam pengolahanya, memakai waktu yang cukup lama ketika dibutuhkan dan rentanya kehilangan data nilai tersebut. Maka untuk itu penulis mencoba merancang Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Berbasis Web Dengan Metode Ahp dan dengan bahasa pemograman html. Sehingga dengan adanya sistem pendukung ini akan meningkatkan kualitas sekolah dalam melakukan pengolahan data nilai siswa yang akan sangat dibutuhkan menjelang ujian sekolah tiba, dan dapat mengefektifkan kinerja dan mengefisienkan waktu terhadap wali kelas dan guru dalam pencarian siswa yang berprestasi yang ada di SD Negeri 1 Tanjungsari ini sehingga memudahkan dalam pencarian kandidat jika ingin mengikuti kegiatan perlombaan tingkat SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Am, E. H., & Kumalasari, E. (2015). Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus: Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta). Jurnal Script, 49–57.

Faradilla A, Juli 27, 2022, Apa Itu HTML? Fungsi dan Cara Kerja HTML https://www.hostinger.co.id/tutorial/apa-itu-html

Hamid, H., Hady, S., Wijaya, H., & Martina, W. O. (2020). Penerapan Metode Analytic Hierarchy Process Pada Sistem Pendukung Keputusan Prestasi Akademik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Informatika, 9(2), 75–84.

Irawan, Y. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Prestasi Belajar Siswa Pada Sekolah Dasar Negeri 167 Pekanbaru Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Jurnal Ilmu Komputer, 6(2), 85–90.

Lemantara, J., Setiawan, N. A., & Aji, M. N. (2013). Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Menggunakan Metode AHP dan Promethee. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi, 2(1), 13–21.

Muchlisin Riadi, Februari 19, 2022, Sistem Pendukung Keputusan (SPK) https://www.kajianpustaka.com/2022/02/sistem-pendukung-keputusan-spk.html

Mulyoningtyas Alfiyah, Hernyka Satyareni Diema, Masrur, Maret 2019. Perancangan Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode Ahp (Analytical Hierarchy Process) Berbasis Java

Prasetiyo, D., Afifah, S. N., Ahadian, A. F., & Hartanit, D. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Di Kampus XYZ Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process. SEMINAR NASIONAL LPPM UMMAT, 1, 271–277.

Suhaeri, A., & Yunita, D. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Siswa Berprestasi Berbasis Website Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process Pada SMPN 6 Maja. Jurnal Informatika Multi, 1(4), 338–347.

Susanti Ariani, October, 2021.Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan Siswa Sma Negeri 2 Kutacane Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

Yani, F. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi di STMIK Atma Luhur Pangkalpinang dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 109–118.

Yanti Kirana, Muchammad Iqbal, Ika Hendriawan Ferdi Yanto, 2 September 2018. Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Beasiswa Siswa Miskin pada SMP Negeri 22 Tangerang Menggunakan Metode AHP dan TOPSIS

Yasin K, Juli 24, 2019, Pengertian MySQL, Fungsi, dan Cara Kerjanya : https://www.niagahoster.co.id/blog/mysqladalah/#Kesimpulan

Zaki, A., Setiyadi, D., & Khasanah, F. N. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Terbaik Dengan Metode Analytical Hierarchy Process. PIKSEL: Penelitian Ilmu Komputer Sistem Embedded and Logic, 6(1), 75–84.

Published
2023-09-05
How to Cite
Galih, G., Wandi, W., & Herlambang, H. (2023). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SISWA BERPRESTASI BERBASIS WEB DENGAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS). EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(1), 367 - 378. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i1.946
Section
Articles