PENGUATAN SOFT SKILL PADA SISWA STUDI FENOMENOLOGI DI SMK NEGERI 2 SANGATTA UTARA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penguatan soft skill pada siswa; studi fenomenologi di SMK Negeri 2 Sangatta Utara, penelitian ini pendekatan kualitataif dengan metode studi fenomenologi. Pengumpulan data menggunaan observasi dan wawancara, informan adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Analisa data menggunakan model Miles and Hubermen dan Saldana dengan Langkah-langkahnya. Hasil penelitian menemukan bahwa penguatan soft Skill pada SMK Negeri 2 Sangatta Utara yang dilakukan dengan meningkatkan beberapa keterampilan yang dianggap penting untuk terus dikembangkan dan ditingkatkan pada peserta didiknya yaitu; keterampilan berfikir dan menyelesaikan masalah, keterampilan bekerjasama, keterampilan berkomunikasi, belajar sepanjang hayat dan mengelola informasi dan keterampilan kepemimpinan.
Downloads
References
Choirunnisa, S. C., Wirasti, M. K., & Hidayat, D. R. (2020). Strategi pengembangan soft skill siswa SMK melalui media video. Teraputik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(3), 111.
Hamdani, F., Fauzia, A., Efendi, L. A., Liani, S. S., Togatorop, M., Ramadhani, R. W., & Yunita, Y. (2022). Pentingnya pengembangan soft skills generasi milenial dalam menghadapi tantangan pasca pandemi covid-19. Indonesia Berdaya, 3(3), 485–494. https://doi.org/10.47679/ib.2022245
Idris Apandi. (2013). Guru Kalbu Penguatan Soft skill Untuk Mewujudkan Guru Profesional Dan Berkarakter. CV. Smile’s Indonesia Institute.
Karyanto. (2022). Manajemen Sekolah Unggulan Berbais Soft Skill. Adanu Abimata.
Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar Dan Baik, Terjemahan Dari “Educating for Character,” Oleh Lita S. Nusa Media.
Mawadah, D. A., & Listyaningsih. (2019). Kedisiplinan Siswa Dalam Menaati Tata Tertib Pada Sekolah Berpendidikan Semi Militer Di Smkn 1 Jetis Kabupaten Mojokerto. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 07(2), 556–570. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/28990%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/download/28990/26541
Miles M.B., Huberman, A.M., S. J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (Third). SAGE Publications, Inc.
Muqowwim. (2012). Modul Pengembangan Soft skill Guru PAI. Pustaka Insan Madani.
Nengsi, A. R., Sartika, D., Islam, A., & Takengon, N. (2022). Pelatihan Soft skill Komunikasi untuk Meningkatkan Peluang Kerja Mahasiswa sebagai Calon Tenaga Kerja Baru kalau soft skill tersebut meliputi komunikasi , kerja tim , pemecahan masalah ,. Jurnal Ibrah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 65–76.
Nurmaulidya, E., Sudjarwo, & Pargito. (2013). Kegiatan Ekstra Kurikuler dan Pembentukan Soft skill Peserta Didik di SMA. Jurnal Studi Sosial/Journal of Social Studies, 1(1).
Putra Ichsan.S, & Pratiwi, A. P. (2005). Sukses Dengan Soft Skill. Direktorat Pendidikan ITB.
Rahmawati, I., & Salehudin, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Abad 21 Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik Sekolah Dasar. … : Jurnal Pendidikan, Sains …. http://stkippgri-situbondo.ac.id/new/index.php/EDUSAINTEK/article/view/461
Salehudin, M., Marniah, & Hariati. (2020). Siswa SD Menggunakan Smartphone Dalam Pembelajaran Online. IBTIDA’: Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 01(02), 229–241. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.37850/ibtida’.v1i1.155
Sandroto, C. W. (2021). Pelatihan: Pentingnya Soft skill Untuk Kesuksesan Kerja Bagi Siswa-Siswi Sekolah Menengah Kejuruan. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 298. https://doi.org/10.31604/jpm.v4i1.298-305
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.
Setiani, F., & Rasto, R. (2016). Mengembangkan Soft skill Siswa Melalui Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 160. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3272
Sulastri, & Herawati, A. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Soft skill Siswa SMK Negeri 2 Blitar dalam Menghadapi Dunia Kerja di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(2), 129–139. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/23996%0Ahttp://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/download/23996/8775
Suswanto, & Firmansyah. (2021). Potensi akal manusia dalam Al-Qur’an dan relevansinya dengan pendidikan Islam. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 17(2), 120–131.
Sutrisno, B. (2018). Pembumian Nilai-Nilai Soft skill dalam Pembelajaran Akuntansi dan Evaluasinya pada Smk di Surakarta. Seminar Nasional Pendidikan, 24–37.
Wawancara. (n.d.). Hasil wawancara dengan salah satu guru SMK Negeri 2 Sangatta Utara sebagai salah satu langkah awal penulis untuk mendafatkan informasi awal tentang tujuan pendidikan semi melite yang anak di lembaga tersebut.
Wibowo, A., & Hamrin. (2012). Menjadi Guru Berkarakter (Strategi Membangun Kopetensi Dan Karakter Guru). Pustaka Pelajar.
Widarto. (2011). Pengembangan Soft Skills Mahasiswa Pendidikan Vokasi Melalui Clop-Work. Paramitra Publishing.
Copyright (c) 2023 Mohammad Salehudin, Muslihati Muslihati, Muchammad Eka Mahmud
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.