PENGUATAN SOFT SKILL PADA SISWA STUDI FENOMENOLOGI DI SMK NEGERI 2 SANGATTA UTARA

  • Muslihati Muslihati Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda dan SMP Negeri 5 Sangatta Utara, Indonesia
  • Muchammad Eka Mahmud Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Indonesia
  • Mohammad Salehudin Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Indonesia http://orcid.org/0000-0002-0279-9819
Keywords: Penguatan Soft Skill, Studi fenomenologi, Siswa SMK

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penguatan soft skill pada siswa; studi fenomenologi di SMK Negeri 2 Sangatta Utara, penelitian ini pendekatan kualitataif dengan metode studi fenomenologi. Pengumpulan data menggunaan observasi dan wawancara, informan adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Analisa data menggunakan model Miles and Hubermen dan Saldana dengan Langkah-langkahnya. Hasil penelitian menemukan bahwa penguatan soft Skill pada SMK Negeri 2 Sangatta Utara yang dilakukan dengan meningkatkan beberapa keterampilan yang dianggap penting untuk terus dikembangkan dan ditingkatkan pada peserta didiknya yaitu; keterampilan berfikir dan menyelesaikan masalah, keterampilan bekerjasama, keterampilan berkomunikasi, belajar sepanjang hayat dan mengelola informasi dan keterampilan kepemimpinan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Choirunnisa, S. C., Wirasti, M. K., & Hidayat, D. R. (2020). Strategi pengembangan soft skill siswa SMK melalui media video. Teraputik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(3), 111.

Hamdani, F., Fauzia, A., Efendi, L. A., Liani, S. S., Togatorop, M., Ramadhani, R. W., & Yunita, Y. (2022). Pentingnya pengembangan soft skills generasi milenial dalam menghadapi tantangan pasca pandemi covid-19. Indonesia Berdaya, 3(3), 485–494. https://doi.org/10.47679/ib.2022245

Idris Apandi. (2013). Guru Kalbu Penguatan Soft skill Untuk Mewujudkan Guru Profesional Dan Berkarakter. CV. Smile’s Indonesia Institute.

Karyanto. (2022). Manajemen Sekolah Unggulan Berbais Soft Skill. Adanu Abimata.

Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar Dan Baik, Terjemahan Dari “Educating for Character,” Oleh Lita S. Nusa Media.

Mawadah, D. A., & Listyaningsih. (2019). Kedisiplinan Siswa Dalam Menaati Tata Tertib Pada Sekolah Berpendidikan Semi Militer Di Smkn 1 Jetis Kabupaten Mojokerto. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 07(2), 556–570. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/28990%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/download/28990/26541

Miles M.B., Huberman, A.M., S. J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (Third). SAGE Publications, Inc.

Muqowwim. (2012). Modul Pengembangan Soft skill Guru PAI. Pustaka Insan Madani.

Nengsi, A. R., Sartika, D., Islam, A., & Takengon, N. (2022). Pelatihan Soft skill Komunikasi untuk Meningkatkan Peluang Kerja Mahasiswa sebagai Calon Tenaga Kerja Baru kalau soft skill tersebut meliputi komunikasi , kerja tim , pemecahan masalah ,. Jurnal Ibrah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 65–76.

Nurmaulidya, E., Sudjarwo, & Pargito. (2013). Kegiatan Ekstra Kurikuler dan Pembentukan Soft skill Peserta Didik di SMA. Jurnal Studi Sosial/Journal of Social Studies, 1(1).

Putra Ichsan.S, & Pratiwi, A. P. (2005). Sukses Dengan Soft Skill. Direktorat Pendidikan ITB.

Rahmawati, I., & Salehudin, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Abad 21 Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik Sekolah Dasar. … : Jurnal Pendidikan, Sains …. http://stkippgri-situbondo.ac.id/new/index.php/EDUSAINTEK/article/view/461

Salehudin, M., Marniah, & Hariati. (2020). Siswa SD Menggunakan Smartphone Dalam Pembelajaran Online. IBTIDA’: Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 01(02), 229–241. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.37850/ibtida’.v1i1.155

Sandroto, C. W. (2021). Pelatihan: Pentingnya Soft skill Untuk Kesuksesan Kerja Bagi Siswa-Siswi Sekolah Menengah Kejuruan. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 298. https://doi.org/10.31604/jpm.v4i1.298-305

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Setiani, F., & Rasto, R. (2016). Mengembangkan Soft skill Siswa Melalui Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 160. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3272

Sulastri, & Herawati, A. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Soft skill Siswa SMK Negeri 2 Blitar dalam Menghadapi Dunia Kerja di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(2), 129–139. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/23996%0Ahttp://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/download/23996/8775

Suswanto, & Firmansyah. (2021). Potensi akal manusia dalam Al-Qur’an dan relevansinya dengan pendidikan Islam. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 17(2), 120–131.

Sutrisno, B. (2018). Pembumian Nilai-Nilai Soft skill dalam Pembelajaran Akuntansi dan Evaluasinya pada Smk di Surakarta. Seminar Nasional Pendidikan, 24–37.

Wawancara. (n.d.). Hasil wawancara dengan salah satu guru SMK Negeri 2 Sangatta Utara sebagai salah satu langkah awal penulis untuk mendafatkan informasi awal tentang tujuan pendidikan semi melite yang anak di lembaga tersebut.

Wibowo, A., & Hamrin. (2012). Menjadi Guru Berkarakter (Strategi Membangun Kopetensi Dan Karakter Guru). Pustaka Pelajar.

Widarto. (2011). Pengembangan Soft Skills Mahasiswa Pendidikan Vokasi Melalui Clop-Work. Paramitra Publishing.

Published
2023-06-19
How to Cite
Muslihati, M., Mahmud, M., & Salehudin, M. (2023). PENGUATAN SOFT SKILL PADA SISWA STUDI FENOMENOLOGI DI SMK NEGERI 2 SANGATTA UTARA. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 1029 - 1046. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i3.937
Section
Articles