PERENCANAAN ARSITEKTUR ENTERPRISE SISTEM INFORMASI SEKOLAH MENGGUNAKAN TOGAF ADM

(Studi Kasus: MTs dan MA Al Irfan)

  • Jalaludin Jalaludin AMIK-YPAT Purwakarta, Indonesia
  • Les Endahti AMIK-YPAT Purwakarta, Indonesia
  • Denada Fatimah Zahra AMIK-YPAT PURWAKARTA
Keywords: Enterprise Architecture,TOGAF-ADM dan Sistem Informasi Sekolah

Abstract

Perancangan arsitektur enterpise menggunakan metodologi Framework The Open Group Architecture Framwork (TOGAF) Administration Development Method (ADM), mempertimbangkan kepentingan organisasi secara keseluruhan dan tahapan-tahapan dari metodologi tersebut diterjemahkan kedalam aktivitas perancangan arsitektur enterprise. Tahapan perancangan arsitektur enterprise sangatlah penting dan akan berlanjut pada tahapan berikutnya yaitu rencana implementasi. Luaran dari tahapan ini akan menghasilkan sebuah arsitektur enterprise yang pada nantinya bisa dijadikan oleh MTs dan MA Al-Irfan Purwakarta untuk mencapai tujuan yang strategis sesuai dengan visi dan misi sekolah. Perancangan arsitektur enterprise sistem informasi akan menghasilkan empat arsitektur domain yang berbasis pada empat pilar yaitu architekture bisnis, data, aplikasi dan teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Denada Fatimah Zahra, AMIK-YPAT PURWAKARTA

AMIK-YPAT PURWAKARTA

References

Akhir, T. P. laporan. (2019). Laporan Akhir Penyusunan Master Plan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kabupaten Lebak. In Laporan Akhir (Vol. 1, Issue 201310200311137).

Andini, G. T. (2019). MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(2). https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5008

Anisimova, T. I., Sabirova, F. M., & Shatunova, O. V. (2020). Formation of design and research competencies in future teachers in the framework of STEAM education. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(2). https://doi.org/10.3991/ijet.v15i02.11537

Camelia, F. (2020). Analisis landasan ilmu pengetahuan dan teknologi. Susunan Artikel Pendidikan, 5(1).

Ellyzabeth Sukmawati, Iwan Adhicandra, & Nur Sucahyo. (2022). Information System Design of Online-Based Technology News Forum. International Journal Of Artificial Intelligence Research, 1.2. https://doi.org/https://doi.org/10.29099/ijair.v6i1.2.593

Eskicumalı, A., Arslan, S., & Demirtaş, Z. (2015). Utilization of information and communication technologies as a predictor of educational stress on secondary school students. Turkish Online Journal of Educational Technology, 14(2).

FITRIANI, W. (2020). Artikel Pengenalan Sistem Informasi. In Binus.

Goldsmith, L. J. (2021). Using framework analysis in applied qualitative research. Qualitative Report, 26(6). https://doi.org/10.46743/2160-3715/2021.5011

Hailegebreal, S., Sedi, T. T., Belete, S., Mengistu, K., Getachew, A., Bedada, D., Molla, M., Shibiru, T., & Mengiste, S. A. (2022). Utilization of information and communication technology (ICT) among undergraduate health science students: a cross-sectional study. BMC Medical Education, 22(1). https://doi.org/10.1186/s12909-022-03296-9

Hammersley-Fletcher, L., Kılıçoğlu, D., & Kılıçoğlu, G. (2021). Does autonomy exist? Comparing the autonomy of teachers and senior leaders in England and Turkey. Oxford Review of Education, 47(2). https://doi.org/10.1080/03054985.2020.1824900

Helen, S., Baby, S., & Mridula, N. (2020). Utilization of information and communication technology tools by the extension personnel of Kerala. AGRICULTURE UPDATE, 15(1 and 2). https://doi.org/10.15740/has/au/15.1and2/1-7

Indonesia, P. R. (2015). Undang Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sistem Pendidikan Nasional.

Jogiyanto. (2014). Analisis & Desain Sistem Informasi. Andi.

Marzuki, K., & Natsir, N. (2021). Model Project Based Learning dalam Setting Pembelajaran Daring Pada Pebelajar Orang Dewasa (Studi Pada Program Kesetaraan Satuan Pendidikan Nonformal). SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2021 “Penguatan Riset, Inovasi, Dan Kreativitas Peneliti Di Era Pandemi Covid-19,” 1954–1963.

Pargiyani, A., Priyambadha, B., & Arwan, A. (2019). Pengembangan Sistem Informasi Akademik Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Insantama ( SDIT ) Malang Berbasis Website. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(2).

Saadati, F., Tarmizi, R. A., & Ayub, A. F. M. (2014). Utilization of information and communication technologies in mathematics learning. Journal on Mathematics Education, 5(2). https://doi.org/10.22342/jme.5.2.1498.138-147

Strom, K. J., & Viesca, K. M. (2021). Towards a complex framework of teacher learning-practice. Professional Development in Education, 47(2–3). https://doi.org/10.1080/19415257.2020.1827449

Sundoro, H. S., & Wandebori, H. (2021). Managing IT Business-Alignment Through the Implementation of IT Balanced Scorecard: A Proposed Framework. Journal of Information and Knowledge Management (JIKM), 11(1).

Yaumi, M. (2021). Media dan Teknologi Pembelajaran (Edisi Kedua). In Prenada Media Group.

Published
2023-06-02
How to Cite
Jalaludin, J., Endahti, L., & Fatimah Zahra, D. (2023). PERENCANAAN ARSITEKTUR ENTERPRISE SISTEM INFORMASI SEKOLAH MENGGUNAKAN TOGAF ADM. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 922 - 942. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i3.883
Section
Articles