PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI MI MAMBAUL ULUM KOTA KEDIRI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

  • Apriliyani Diah Kartikasari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Indonesia
Keywords: Pembelajaran Scramble, hasil belajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia terdapat banyak materi berupa teks bacaan khususnya untuk jenjang sekolah dasar kelas bawah yang sebagian besar menuntut peserta didik untuk banyak membaca. Dengan itu maka pendidik harus dapat mengemas pembelajaran Bahasa Indonesia menjadi sebuah pembelajaran yang menyenangkan. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar adalah menggunakan model pembelajaran Scramble. Penelitian ini merupakan penilitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan di MU Mambaul Ulum Kota kediri dengan objek utama peserta didik kelas 3. Hasil peneitian diperoleh bahwa kondisi awal menunjukkan 13,3% kemudian pada siklus I berhasil mencapai 53,3% dan pada siklus II menunjukkan presentase mencapai 90%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dipaparkan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaan Scrumble pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan pokok materi 5W 1H dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III MI Mambaul Ulum Kota Kediri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASARTRA) Di Sekolah Di Sekolah. PERNIK. Jurnal PAUD, 41.

Fitrianingtyas. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning Peserta Didik Kelas IV SDN Gedanganak 02. E-Jurnal Mitra Pendidikan.

Handayani, & Subakti. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Basicedu, 152.

Hartika, N., & R. A Ismayanti. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akutansi Keuangan. Jurnal Pendidikan, Akutansi, Dan Keuangan.

Haryono. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. Pustaka Setia.

Hutauruk, P., & R. Simbolon. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Alat Peraga pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. School Education Jurnal, 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i2.9770

Kaban, R. H., D.Anzelina, Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Basicedu, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Pustaka Setia.

Salehudin. (2023). Menggunakan Model Pembelajaran Untuk Implementasi Computational Thinking Bagi Guru Madrasah.Jurnal Pendidikan, Sains, dan Teknologi. 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i2.780

Sari, T. P., Dawud. D, & Andajani. (2019). Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Kemampuan Menulis Teks Editorial Siswa Kelas XII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11853

Saridewi N.P, & Kusmariyatni N.N. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS. Journal of Education Action Research, 1(3). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jear.v1i3.12687

Sayekti, O. M. (2020). Peningkatan motivasi membaca permulaan melalui metode scramble kalimat pada siswa Kelas 2 SDN Pandeyan Yogyakarta. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 5(2).

Shopian, A. (2016). TUGAS, PERAN, DAN FUNGSI GURU DALAM PENDIDIKAN. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

U. Khair. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1). https://doi.org/DOI:10.29240/jpd.v2i1.261

W.Sanjaya. (2013). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode, dan Prosedur. Kencana Prenanda Media Group.

Published
2023-04-13
How to Cite
Kartikasari, A. (2023). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI MI MAMBAUL ULUM KOTA KEDIRI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(2), 718-736. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i2.851
Section
Articles