PENGEMBANGAN MEDIA FUN REMINDER BOOKS MATERI ALAT INDERA KELAS IV SDN BANDAR KIDUL 2

  • Dara Puspita Dewi UN PGRI KEDIRI
  • Dhian Dwi Nur Wenda UN PGRI KEDIRI
  • Ita Kurnia UN PGRI KEDIRI
Keywords: Media Pembelajaran, Media Fun Remender Book, Kevalidan, Kepraktisan, dan Keefektifan

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SDN Bandar Kidul 2 Kota Kediri  dan wawancara dengan guru dan siswa kelas IV SDN Bandar Kidul 2 Kota Kediri ditemukan beberapa permasalahan dalam  pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi alat indera  manusia. Permasalahan tersebut di antaranya terkait pada proses pembelajaran guru didominasi menggunakan metode ceramah tanpa adanya media yang relevan sehingga siswa cepat bosan, pembelajaran hanya berfokus pada guru saja dan keaktifan siswa kurang sehingga hasil belajar siswa belum maksimal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian RnD (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan pada pengembangan media Fun Reminder Book ini yaitu model ADDIE yang mencangkup 5 tahap yaitu analysis, design, development, implentation, dan evaluation. Uji coba dalam penelitian ini dilakukan melalui dua tahap yaitu uji skala terbatas dengan 8 siswa SD dan uji coba skala luas dengan jumlah 22 orang siswa kelas IV SDN Bandar Kidul 2 Kota  Kediri. Hasil dari penelitian ini terkait dengan data kevalidan yang dilakukan oleh ahli media mendapat skor 88% dan ahli materi mendapat skor 75%, dengan rata-rata hasil uji kevalidan mendapat skor 81,5%, sehingga  media Fun Reminder Book ini dikategorikan sangat valid. Data kepraktisan media dengan skor dari guru memperoleh skor 80% dan siswa memperoleh skor 91,8%, sehingga berada pada kategori sangat praktis. Sedangkan uji coba keefektifan media pada siswa menggunakan soal evaluasi memperoleh skor 81,8%, sehingga dikategorikan sangat efektif. Berdasarkan analisis data dari penelitian yang telah dipaparkan di atas dapat disimpulkan bahwa media Fun Reminder Book ini sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran pada materi alat  indera pada manusia untuk siswa kelas IV.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Anggraeni, D. R., Elmunsyah, H., & Handayani, A. N. (2019). Pengembangan modul pembelajaran fuzzy pada mata kuliah Sistem Cerdas untuk mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. TEKNO, 29(1), 26. https://doi.org/10.17977/um034v29i1p26-40

Arlina, F. (2020). Pengembangan Media Fun Thinkers Book (FTB) pada Subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Kelas IV SD. STKIP PGRI Sidoarjo.

Asriyati, A. (2016). Media Pembelajaran Berbasis Visual. PT Raja Grafindo Persada.

Azhar, A. (2017). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.

Cheung, L. (2016). Using the ADDIE model of instructional design to teach chest radiograph interpretation. Journal of Biomedical Education, 2016, 1–6.

Daryanto, D. (2016). Media Pembelajaran. Gava Media.

Hamzah, H. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research And Development) Uji Coba Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kuantitatif dan Kualitatif. Literasi Nusantara.

Hanafy, M. (2014). KONSEP BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. In JUNI (Vol. 17, Issue 1).

Kunandar, K. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Rajagrafindo Persada.

Mulyatiningsih. (2012). Modul kuliah pengembangan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Universitas Gajah Mada.

Prima, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book untuk Meningkatkan Minat Belajar `dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Materi Sistem Rangka. Universitas Jambi.

Rahmah, D. L., & Hidayat, M. T. (2022). Pengembangan Media" Fun Thinkers Book" untuk Meningkatkan Antusiasme Belajar dan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6361–6372.

Riani. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK “FUN THINKERS BOOK” TEMA BERBAGAI PEKERJAAN (Vol. 2, Issue 2).

Saroh, I. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD FUN THINKERS TEMATIK SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN SAINTIFIKPADA SISWA KELAS II SD N KARANGTEMPEL.

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Zainal, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Published
2023-06-02
How to Cite
Dewi, D., Nur Wenda, D., & Kurnia, I. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA FUN REMINDER BOOKS MATERI ALAT INDERA KELAS IV SDN BANDAR KIDUL 2. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 898 - 906. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i3.827
Section
Articles