PENGEMBANGAN MEDIA FUN REMINDER BOOKS MATERI ALAT INDERA KELAS IV SDN BANDAR KIDUL 2
Abstract
Berdasarkan hasil observasi di SDN Bandar Kidul 2 Kota Kediri dan wawancara dengan guru dan siswa kelas IV SDN Bandar Kidul 2 Kota Kediri ditemukan beberapa permasalahan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi alat indera manusia. Permasalahan tersebut di antaranya terkait pada proses pembelajaran guru didominasi menggunakan metode ceramah tanpa adanya media yang relevan sehingga siswa cepat bosan, pembelajaran hanya berfokus pada guru saja dan keaktifan siswa kurang sehingga hasil belajar siswa belum maksimal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian RnD (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan pada pengembangan media Fun Reminder Book ini yaitu model ADDIE yang mencangkup 5 tahap yaitu analysis, design, development, implentation, dan evaluation. Uji coba dalam penelitian ini dilakukan melalui dua tahap yaitu uji skala terbatas dengan 8 siswa SD dan uji coba skala luas dengan jumlah 22 orang siswa kelas IV SDN Bandar Kidul 2 Kota Kediri. Hasil dari penelitian ini terkait dengan data kevalidan yang dilakukan oleh ahli media mendapat skor 88% dan ahli materi mendapat skor 75%, dengan rata-rata hasil uji kevalidan mendapat skor 81,5%, sehingga media Fun Reminder Book ini dikategorikan sangat valid. Data kepraktisan media dengan skor dari guru memperoleh skor 80% dan siswa memperoleh skor 91,8%, sehingga berada pada kategori sangat praktis. Sedangkan uji coba keefektifan media pada siswa menggunakan soal evaluasi memperoleh skor 81,8%, sehingga dikategorikan sangat efektif. Berdasarkan analisis data dari penelitian yang telah dipaparkan di atas dapat disimpulkan bahwa media Fun Reminder Book ini sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran pada materi alat indera pada manusia untuk siswa kelas IV.
Downloads
References
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Anggraeni, D. R., Elmunsyah, H., & Handayani, A. N. (2019). Pengembangan modul pembelajaran fuzzy pada mata kuliah Sistem Cerdas untuk mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. TEKNO, 29(1), 26. https://doi.org/10.17977/um034v29i1p26-40
Arlina, F. (2020). Pengembangan Media Fun Thinkers Book (FTB) pada Subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Kelas IV SD. STKIP PGRI Sidoarjo.
Asriyati, A. (2016). Media Pembelajaran Berbasis Visual. PT Raja Grafindo Persada.
Azhar, A. (2017). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.
Cheung, L. (2016). Using the ADDIE model of instructional design to teach chest radiograph interpretation. Journal of Biomedical Education, 2016, 1–6.
Daryanto, D. (2016). Media Pembelajaran. Gava Media.
Hamzah, H. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research And Development) Uji Coba Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kuantitatif dan Kualitatif. Literasi Nusantara.
Hanafy, M. (2014). KONSEP BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. In JUNI (Vol. 17, Issue 1).
Kunandar, K. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Rajagrafindo Persada.
Mulyatiningsih. (2012). Modul kuliah pengembangan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Universitas Gajah Mada.
Prima, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book untuk Meningkatkan Minat Belajar `dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Materi Sistem Rangka. Universitas Jambi.
Rahmah, D. L., & Hidayat, M. T. (2022). Pengembangan Media" Fun Thinkers Book" untuk Meningkatkan Antusiasme Belajar dan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6361–6372.
Riani. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK “FUN THINKERS BOOK” TEMA BERBAGAI PEKERJAAN (Vol. 2, Issue 2).
Saroh, I. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD FUN THINKERS TEMATIK SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN SAINTIFIKPADA SISWA KELAS II SD N KARANGTEMPEL.
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Zainal, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Copyright (c) 2023 Dara Puspita Dewi, Dhian Dwi Nur Wenda, Ita Kurnia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.