PENGARUH METODE PELATIHAN DAN KOORDINASI MATA KAKI TERHADAP KETEPATAN SHOOTING PADA SISWA EKSTRAKURIKULER FUTSAL MADRASAH ALIYAH NEGERI KARANGASEM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pelatihan massed practice dan distributed practice tehadap ketepatan shooting ditinjau dari koordinasi mata-kaki pada peserta ekstrakurikuler futsal Madrasah Aliyah Negeri Karangasem. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan treatment by level dengan dua ketegori 2x2. penelitian ini menggunakan populasi dengan jumlah 38 orang. subjek berjumlah 36 orang ditentukan dengan katagori ketepatan tinggi dan rendah. Teknik analisis data menggunakan anava 2 jalur pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan ketepatan shooting yang signifikan pada peserta yang mendapatkan metode pelatihan distributed practice lebih baik dengan mean difference 1,222. (2) terdapat interaksi antara metode pelatihan dan koordinasi mata-kaki terhadap ketepatan shooting dengan sig. (0,000) < (0,05). (3) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan hasil ketepatan shooting yang mendapatkan metode pelatihan massed practice lebih baik pada peserta yang memiliki koordinasi mata-kaki tinggi dengan mean difference 2,112. (4) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan hasil ketepatan shooting yang mendapatkan metode pelatihan distributed practice lebih baik pada peserta yang memiliki koordinasi mata-kaki rendah dengan mean difference -4,556. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulan, bahwa ketepatan shooting pada peserta yang mendapatkan pelatihan distributed practice lebih baik, terdapat interaksi antara metode pelatihan dan koordinasi mata-kaki terhadap ketepatan shooting, hasil ketepatan shooting yang mendapatkan pelatihan massed practice lebih baik pada peserta yang memiliki koordinasi mata-kaki tinggi, dan hasil ketepatan shooting yang mendapatkan pelatihan distributed practice lebih baik pada peserta yang memiliki koordinasi mata-kaki rendah
Downloads
References
Aditya Pradana, Alvan. 2021. “Pengaruh Metode Latihan dan Koordinasi Mata kaki terhadap Keterampilan Bermain Sepakbola pada Siswa PSB Bonansa UNS Solo : Studi Eksperimen Metode Massed Practice dan Distributed Practice”. Tesis. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.
Anggiansyah, Johan. 2019. “Pengaruh Metode Latihan Massed Practice, Distributed Practice Dan Koordinasi Mata kaki Terhadap Ketepatan Shooting Ke Gawang Dalam Permainan Sepakbola Pada Siswa Usia 14 Tahun Ssb Gama Yogyakarta Tahun 2018”. E-jurnal UNY
Asri, Novri, Soegiyanto, dan Siti Baitul Mukarromah. 2017. “Journal of Physical Education Pengaruh Metode Latihan Multiball Dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Peningkatan Keterampilan Forehand Drive Tenis Meja Abstrak”. Journal of Physical Education and Sports. Vol. 6, No. 2. e-ISSN 2502-4477
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Eka, Gede Budi Darmawan. 2013. “Perbedaan Pengaruh Metode Latihan dan Kemampuan Gerak (Motor Ability) Terhadap Peningkatan Keterampilan Menembak (Jump Shoot).” Jurnal Sains Dan Teknologi. Vol. 2, No. 2. ISSN: 2303-3142
Fenanlampir, Albertus. 2020. “Ilmu Kepealatihan Olahraga”. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.
Foss, M.L. & Keteyian, S.J. 1998. Physiological Basic For Exercise and Sport. Dubuque: McGraw-Hill Companis.
Hairy, Junusul. 1989. Fisiologi Olahraga Jilid 1. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.
Hamidsyah Noer. 1996. Ilmu Kepelatihan Lanjut. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Hariadi, Nopi. 2016.”Analisis Gerakan Tendangan Ap Chagi pada Taekwondo Junior Putra Kabupaten Lombok Timur”. Journal Of Physical Education Health and Sport, Vol 03 No.2, ISSN 2354-8231.
Harsono. 1988. Coaching Dan Aspek-Aspek Psikologis Dalam Coaching. Jakarta: Ditjen Dikti.
Harsono. 2017. Kepelatihan Olahraga Teori dan Metodelogi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hartanto, Dwi, Ramdani Amrullah, Abdillah, Putra Sastaman, dan Agusniwati. 2017. “Perbedaan Pengaruh Latihan Massed Practice, Distributed Practice, dan Koordinasi Matakaki Terhadap Kemampuan Passing Mendatar Sepakbola” Jurnal Pendidikan Olahraga,Vol.6, No.1, Juni 2017
Hidayat, Iman. 2003. Buku Ajar Biomekanika. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Irawan, Andri. 2009. Teknik dasar modern futsal. Jakarta: PT Pena Pundi Aksara.
Ismaryati, Sarwono, dan Muhammad Muhyi. 2018. “Tes Dan Pengukuran Olahraga” .surakarta: UNS Press. ISBN 978-602-397-235-7.
Kellis, E. dan Katis A. 2007.” Biomechanical characteristics and determinants of instep soccer kick”. Journal of Sports Science and Medicine, 6, 154-165. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3786235/
Kusmayadi, R. Musthafa. 2012. Perbandingan tendangan menggunakan punggung kaki dan menggunakan ujung kaki terhadap ketepatan hasil shooting pada olahraga futsal. Universitas Pendidikan Indonesia.
Lengkana, Anggi Setia. 2016.“Didaktik metodik pembelajaran (DMP) aktivitas atletik”.Online e-Book. https://www.google.co.id/books/edition/Didaktik metodikpembelajaranDMPaktivi/mhbmDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0&kptab=overview Diunduh pada 10 November 2021.
Muhajirin, Muhammad dan Sugeng Purwanto. 2019. Pengaruh Latihan Massed Dan Distributed Practice Terhadap Kemampuan Menggiring Bola (Dribbling) Dalam Permainan Sepakbola. Jurnal Pendidikan Mandala, Vol. 4. No. 4. Juni 2019, e-ISSN: 2656-6745.
Sulistiyono. 2017. Tes Pengukuran dan Evaluasi Olahraga. Yogyakarta: UNY Press. ISBN: 978-602-6338-85-3
Suteja. 2009. Pengaruh Metode Latihan Dan Koordinasi Mata- Kaki Terhadap Keterampilan Bermain Sepakbola. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret
Swadesi, I Ketut, dkk. 2017. “Kombinasi Intensitas Sirkuit Dengan Rasio Interval Terhadap Kondisi Fisik”. seminar nasional riset inovatif. ISBN:978-602-6428-11-0.
Syaifudin, Rahmat, Setya Rahayu, dan Taufik Hidayah. 2016. “Pengaruh Metode Pembelajaran Eksplorasi dan Kelincahan Siswa Terhadap Hasil Belajar Permainan Sepakbola.” Journal of Physical Education and Sports. Vol. 5, No. 2, e-ISSN: 2502-4477.
Widodo, Antoni & Iska Noviardila. 2021. Hubungan Koordinasi Mata kaki dan Kelincahan dengan Kemampuan Menggiring Bola Pada Sekolah Sepakbola Bina Bintang Muda Kepri. Jurnal Bola. Vol. 4, No. 1. ISSN: 2655-1357
Copyright (c) 2023 Singgih Pamuji
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.