APLIKASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN AKSARA JAWA BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

  • Selvi Dwi Hartiyani Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta, Indonesia
  • Agung Prayogo Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta, Indonesia
  • Erlinawati Erlinawati Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta, Indonesia
Keywords: Multimedia, Aksara Jawa, Android

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development), yang menghasilkan 1) aplikasi multimedia berbasis android (.apk), 2) kelakayan media untuk pembelajaran Aksara Jawa. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, Evaluation) dengan teknik pengambilan data dilakukan dengan mengunakan ceklis, untuk mengukur kelayakan media berupa isi atau materi, media , dan teknis dilakukan dengan 2 orang ahli yaitu 1 ahli materi (guru bahasa jawa) 1 (ahli media). Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi multimedia pembelajaran aksara Jawa  berbasis android   yang dikembangkan mendapatkan tingkat kelayakan media sebesar 4.26, produk terbukti layak digunakan untuk pembelajaran Aksara Jawa bagi siswa sekolah dasar dengan nilai kelayakan 4.26.

 

Kata kunci: Multimedia, Aksara Jawa, Android

 

ABSTRAC: This aims is a research and development, which produces 1) android-based multimedia applications (.apk), 2) Media behavior for javanese script learning. This study used the ADDIE method (Analysis, Design, Develop, Implementation, Evaluation) with data collection techniques carried out using checklists, to measure the feasibility of media in the form of content and material, media, and technical conducted with 2 experts, 1 material expert (Javanese Teacher) 1 (Expert Media).  The data collection technique was carried out using checklists, to measure the feasibility of the media. Data analysis uses quantitative data analysis with descriptive statistics. The results showed that the android-based Javanese script learning multimedia application developed received a media feasibility level of 4.26, the product was proven to be feasible to use for Javanese script learning for elementary school students with a feasibility value of 4.26.

 

Keywords: Multimedia, Aksara Jawa, Android

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adelia Firmandasari, R., Suryawinata, M., Nur Hasanah, F., & Sri Untari, R. (n.d.). GAME BAHASA JAWA KRAMA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK BERBASIS ANDROID.

Android History. (n.d.). Https://Developer.Android.Com/about/Versions.

Avianto, Y. F., & Prasida, T. A. S. (2018). PEMBELAJARAN AKSARA JAWA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BOARD GAME. Aksara, 30(1), 133. https://doi.org/10.29255/aksara.v30i1.223.133-148

Bransch, R. M. (2017). Instructional Design The ADDIE Approach. Springer.

Fakhruddin, D., Sachari, A., Haswanto, N., Rupa, F. S., Desain, D., & Bandung, I. T. (n.d.). PENGEMBANGAN DESAIN INFORMASI DAN PEMBELAJARAN AKSARA JAWA MELALUI MEDIA WEBSITE. http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/andharupa

Fauziyyah, I., Purwaningsih, W. I., & Maryam, I. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF BERBASIS SMART APPS CREATOR PADA KELAS VII. Sains Dan Teknologi, 10(1), 2023–2132. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.673

Hapsari, E. D., & Yuda, Y. P. (2022). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS AKSARA JAWA BERBASIS MOBILE TERHADAP PRESTASI SISWA. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 351–361. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.475

Ikhsan, R. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA JAWA BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD. Universitas Muhammadiyah SUrakarta.

Lee, W. (2011). Beginning androidTM tablet application development. . Wiley Publishing, inc.

Malik, A. (2017). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII SMP NEGERI 2 DEMAK. Universitas Negeri Semarang.

Molenda, M. (2003). In search of the elusive ADDIE model. Performance Improvement, 42(5), 34–36. https://doi.org/10.1002/pfi.4930420508

Nurcahyanti, R. (n.d.). Media Pembelajaran Bahasa Jawa Tema Aksara Jawa untuk Siswa SDN Candibaru II. 1.

Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 433. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924

Rizky Endryanti, E., Hermilia Wijayati, P., & Rizky Endryanti Keguruan Bahasa, E. (n.d.). Ayo Sinau Basa Jawa: Bahan Digital Penunjang Pembelajaran Kosakata Bahasa Jawa Berbasis Multimedia. Retrieved April 5, 2023, from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/ EISSN: 2502-471X DOAJ-SHERPA/RoMEO-Google Scholar-IPI

Robert K. Branson, Gail T. Rayner, J. Lamarr Cox, Jhon P. Furman, F.J. King, & Wallece H. Hannum. (1975). Executive Summary And Model. National Tecnichal Information Service US Departement of Commerce.

Robert, M. B. ,. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach,. Springer New York Dordrencht Heidelberg London.

Rosyid, M. (2014). URGENSI PENELITIAN BAHASA DI TENGAH PUNAHNYA BAHASA LOKAL. In Arabia (Vol. 6, Issue 2). https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v6i2.1400

Russell, C. (2002). Adobe Flash Profesional CS6 Classroom in a Book. Adobe Systems Incorporated.

Sadiman, dkk. (2008). Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. PT Raja Grafindo Persada. .

Setiawan, A. (n.d.). HANACARAKA: AKSARA JAWA DALAM KARAKTER FONT DAN APLIKASINYA BERBAGAI BRAND IMAGE. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.33153/ornamen.v12i1.1609

Soewardi, H. (2017). Pepak Basa Jawa Kanggo Cah Sekolah (Pertama). Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Surjono, H. D. (2017). Multimedia pembelajaran interaktif konsep dan pengembangan. (1st ed.). UNY Press.

Wahyudi, W., Rufiana, I. S., & Nurhidayah, D. A. (2020). Quizizz: Alternatif Penilaian di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 8(2), 95–108. https://doi.org/10.25139/smj.v8i2.3062

Wiranti, D. A., & Sutriyani, W. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN SOROGAN HANACARAKA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS AKSARA JAWA DI SEKOLAH DASAR. Https://Journal.Iainkudus.Ac.Id/Index.Php/Elementary/Article/View/8156/Pdf, 8, 313. http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary

Published
2023-04-11
How to Cite
Hartiyani, S., Prayogo, A., & Erlinawati, E. (2023). APLIKASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN AKSARA JAWA BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(2), 679-693. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i2.805
Section
Articles