PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SDN MOJOROTO 4 KOTA KEDIRI

  • Setia Ella Koesdarwati Universitas Nusantara UN PGRI Kediri, Indonesia
  • Novi Nitya Santi Universitas Nusantara UN PGRI Kediri, Indonesia
  • Frans Aditia Wiguna Universitas Nusantara UN PGRI Kediri, Indonesia
Keywords: Dukungan Orangtua, Minat Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Apakah sangat tinggi, tinggi, rendah dan sangat rendah dukungan orangtua berpengaruh terhadap minat belajar siswa?. Metode penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel adalah siswa kelas VI SDN sebanyak 17 siswa, teknik total sampling. Lokasi penelitian dilakukan di SDN Mojoroto 4 Kota Kediri. Instrumen yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sangat tinggi dukungan orangtua berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Pada kategori dukungan sangat tinggi sebanyak 1 siswa (5,9%) dengan minat belajar sangat tinggi sebanyak 13 siswa (76,5%),) Tinggi dukungan orangtua berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Dukungan orangtua terhadap minat belajar pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata pada dukungan orangtua sebesar 168.00 sedangkan minat belajar sebesar 130.64. dalam kategori dukungan orangtua mayoritas pada kategori tinggi sebanyak 8 siswa (47,1%) dengan minat belajar tinggi sebanyak 4 siswa (23,5%). 3) Rendahnya dukungan orangtua berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Pada kategori dukungan rendah sebanyak 5 siswa (29,4%) mendapatkan dukungan rendah dari orang tua dengan cukup minat belajar sebanyak 0 siswa (0%). 4) Sangat rendahnya dukungan orangtua berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Pada kategori dukungan sangat rendah sebanyak sebanyak 3 siswa (17,6%) dengan tidak minat belajar sebanyak 0 siswa (0%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Addnin, I. J., & Effendi, Z. M. (2021). Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Minat Siswa Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi. Jurnal Ecogen, 4(1), 35–41.

Bramanusanti, A., Mujidin, M., & Purwadi, P. (2019). Hubungan antara dukungan orangtua dan motivasi belajar terhadap minat belajar matematika siswa kelas XI SMK X. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 293–298.

Diniaty, A. (2017). Dukungan Orangtua terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 3(1), 90–100.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasanah, N., Ambarsari, I. F., Surur, M., Darmawati, L. E. S., & Rakhman, F. (2022a). TRAINING MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA BERBASIS THINKING SMART GAME PADA SISWA MI MULTIPLE SARINA. Journal of Community Empowerment and Innovation, 1(2), 62–68.

Hasanah, N., Ambarsari, I. F., Surur, M., Darmawati, L. E. S., & Rakhman, F. (2022b). TRAINING MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA BERBASIS THINKING SMART GAME PADA SISWA MI MULTIPLE SARINA. Journal of Community Empowerment and Innovation, 1(2), 62–68.

Hidayati, I., & Surur, M. (2017). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS/EKONOMI KOMPETENSI DASAR MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL DAN EKONOMI KELAS VII. A SEMESTER GANJIL DI SMP NEGERI. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 4(2), 74–79.

Iskandar, Harun. 2010. Tumbuhkan Minat Kembang Bakat. PT Book.

Kawareh. 2015. Pengembangan Minat Belajar. Jakarta: Bina Keluarga.

Kuncoro, Achmad. 2017. Cara Menggunakan Dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta.

Lubis, F. A. S., Bakhtiar, Y., & Saleh, A. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Minat Belajar Siswa di Desa Neglasari. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (PIM), 2(6), 919–924.

Putra, I. P. P. B. D., Suniasih, N. W., & Manuaba, I. B. S. (2020). Determinasi motivasi belajar dan dukungan orang tua terhadap minat baca. International Journal of Elementary Education, 4(1), 26–34.

Sarafino, Edward P. 2018. Health Psychology: Biopsychosocial Interaction, 7th Edition. Amerika serikat: john wiley & Sons, Inc.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sobur. 2013. Psikologi Umum dan Lintas Sejarah. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Solaeman, Darwis A. 2014. Pengantar Kepada Teori dan Praktek Pengajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Simamora, R., & Marbun, Y. M. R. (2022). Kontribusi Dukungan Orang Tua Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 7(2), 10–16.

Zaenuddin. 2012. Andragogi. Bandung: Angkasa Bandung

Published
2023-09-01
How to Cite
Koesdarwati, S., Santi, N., & Wiguna, F. (2023). PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SDN MOJOROTO 4 KOTA KEDIRI. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(1), 339 - 350. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i1.804
Section
Articles