PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SDN MOJOROTO 4 KOTA KEDIRI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: Apakah sangat tinggi, tinggi, rendah dan sangat rendah dukungan orangtua berpengaruh terhadap minat belajar siswa?. Metode penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel adalah siswa kelas VI SDN sebanyak 17 siswa, teknik total sampling. Lokasi penelitian dilakukan di SDN Mojoroto 4 Kota Kediri. Instrumen yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sangat tinggi dukungan orangtua berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Pada kategori dukungan sangat tinggi sebanyak 1 siswa (5,9%) dengan minat belajar sangat tinggi sebanyak 13 siswa (76,5%),) Tinggi dukungan orangtua berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Dukungan orangtua terhadap minat belajar pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata pada dukungan orangtua sebesar 168.00 sedangkan minat belajar sebesar 130.64. dalam kategori dukungan orangtua mayoritas pada kategori tinggi sebanyak 8 siswa (47,1%) dengan minat belajar tinggi sebanyak 4 siswa (23,5%). 3) Rendahnya dukungan orangtua berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Pada kategori dukungan rendah sebanyak 5 siswa (29,4%) mendapatkan dukungan rendah dari orang tua dengan cukup minat belajar sebanyak 0 siswa (0%). 4) Sangat rendahnya dukungan orangtua berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Pada kategori dukungan sangat rendah sebanyak sebanyak 3 siswa (17,6%) dengan tidak minat belajar sebanyak 0 siswa (0%).
Downloads
References
Addnin, I. J., & Effendi, Z. M. (2021). Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Minat Siswa Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi. Jurnal Ecogen, 4(1), 35–41.
Bramanusanti, A., Mujidin, M., & Purwadi, P. (2019). Hubungan antara dukungan orangtua dan motivasi belajar terhadap minat belajar matematika siswa kelas XI SMK X. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 293–298.
Diniaty, A. (2017). Dukungan Orangtua terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 3(1), 90–100.
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasanah, N., Ambarsari, I. F., Surur, M., Darmawati, L. E. S., & Rakhman, F. (2022a). TRAINING MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA BERBASIS THINKING SMART GAME PADA SISWA MI MULTIPLE SARINA. Journal of Community Empowerment and Innovation, 1(2), 62–68.
Hasanah, N., Ambarsari, I. F., Surur, M., Darmawati, L. E. S., & Rakhman, F. (2022b). TRAINING MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA BERBASIS THINKING SMART GAME PADA SISWA MI MULTIPLE SARINA. Journal of Community Empowerment and Innovation, 1(2), 62–68.
Hidayati, I., & Surur, M. (2017). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS/EKONOMI KOMPETENSI DASAR MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL DAN EKONOMI KELAS VII. A SEMESTER GANJIL DI SMP NEGERI. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 4(2), 74–79.
Iskandar, Harun. 2010. Tumbuhkan Minat Kembang Bakat. PT Book.
Kawareh. 2015. Pengembangan Minat Belajar. Jakarta: Bina Keluarga.
Kuncoro, Achmad. 2017. Cara Menggunakan Dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta.
Lubis, F. A. S., Bakhtiar, Y., & Saleh, A. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Minat Belajar Siswa di Desa Neglasari. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (PIM), 2(6), 919–924.
Putra, I. P. P. B. D., Suniasih, N. W., & Manuaba, I. B. S. (2020). Determinasi motivasi belajar dan dukungan orang tua terhadap minat baca. International Journal of Elementary Education, 4(1), 26–34.
Sarafino, Edward P. 2018. Health Psychology: Biopsychosocial Interaction, 7th Edition. Amerika serikat: john wiley & Sons, Inc.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sobur. 2013. Psikologi Umum dan Lintas Sejarah. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Solaeman, Darwis A. 2014. Pengantar Kepada Teori dan Praktek Pengajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Simamora, R., & Marbun, Y. M. R. (2022). Kontribusi Dukungan Orang Tua Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 7(2), 10–16.
Zaenuddin. 2012. Andragogi. Bandung: Angkasa Bandung
Copyright (c) 2023 Setia Ella Koesdarwati, Novi Nitya Santi, Frans Aditia Wiguna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.