PENERAPAN METODE ASOSIASI DENGAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENDUKUNG STRATEGI PROMOSI

Studi Kasus Toko Bangunan Prima Jaya Baja

  • Rizky Kurniawan STMIK Dharma Wacana
  • Ridwan Yusuf Teknik Informatika, STMIK Dharma Wacana, Indonesia
Keywords: Business Management, Association Method Apriori Algorithm,SalesTransactions

Abstract

Business management in a building shop business is one way that can help business activities to get the best sales results. In business management, several strategies are needed, for example, the strategy of selling a collection of building goods into one type of product category, using this strategy buyers who usually only buy one item of goods can buy several items at once. This can increase sales patterns in the building shop. Therefore, the author uses one method, namely the association method with the a priori algorithm to find patterns in a building goods sales transaction every year, so that later the frequency of itemsets is found based on several determinant items, support and confidence values, to determine the association between combinations of product items. From the results, it will be used as a promotional media at Prima Jaya Baja Store so that it can support the level of sales of building goods products and can soon grow rapidly and become one of the reference stores for the sale of building goods in Central Lampung in particular and Lampung Province in general.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiani, N., Solikhun, S., Suhendro, D., Poningsih, P., & Saputra, W. (2020). Penerapan Data Mining Metode Apriori Dalam Implementasi Penjualan Di Alfamar. Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS), 2, 300–304.

Anggraini, D. (2012). Analisis Perubahan Kelompok Berdasarkan Perubahan Nilai Jual Pada Bloomberg Market Data dengan Menggunakan Formal Concept Analysis.

Asana, I. M. D. P., Sudipa, I. G. I., Mayun, A. A. T. W., Meinarni, N. P. S., & Waas, D. V. (2022). Aplikasi Data Mining Asosiasi Barang Menggunakan Algoritma Apriori-TID. INFORMAL: Informatics Journal, 7(1), 38–45.

Br Ginting, A. O. (2021). Penerapan Data Mining Korelasi Penjualan Spare Part Mobil Menggunakan Metode Algoritma Apriori (Studi Kasus: CV. Citra Kencana Mobil). Journal of Information and Technology, 1(2), 70–77. https://doi.org/10.32938/jitu.v1i2.1472

Djamaludin, I., & Nursikuwagus, A. (2017). Analisis pola pembelian konsumen pada transaksi penjualan menggunakan algoritma apriori. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(2), 671–678.

Erfina, A., & Arianti, N. D. (2020). PENERAPAN METODE DATA MINING TERHADAP DATA TRANSAKSI PENJUALAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI. Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi (JURSISTEKNI), 2(3), 14–22.

Erwansyah, K., Andika, B., & Gunawan, R. (2021). Implementasi Data Mining Menggunakan Asosiasi Dengan Algoritma Apriori Untuk Mendapatkan Pola Rekomendasi Belanja Produk Pada Toko Avis Mobile. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer TGD, 4(1), 148–161.

Febryantahanuji, F. (2018). Pengambilan keputusan pegawai tidak tetap menjadi pegawai tetap dengan decission tree. Joined Journal (Journal of Informatics Education), 1(2), 99–110.

Kusrini dan Luthfi, E. T. (2009). Algoritma Data Mining. Andi Offset,Yogyakarta.

Lewis, A., Zarlis, M., & Situmorang, Z. (2021). Penerapan Data Mining Menggunakan Task Market Basket Analysis Pada Transaksi Penjualan Barang di Ab Mart dengan Algoritma Apriori. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 5(2), 676–681.

Mahmud, R., & Hartanto, A. (2020). Penerapan Data Mining Rekomendasi Laptop Menggunakan Algoritma Apriori. Juisi, 6(02), 21–30.

Maryani, I., Revianti, O., Nur, H. M., & Sunanto, S. (2022). Implementasi Data Mining Pada Penjualan Di Toko GOC Kosmetik Dengan Menggunakan Metode Algoritma Apriori. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 8(1), 92–98.

Prasetya, T., Yanti, J. E., Purnamasari, A. I., Dikananda, A. R., & Nurdiawan, O. (2022). Analisis Data Transaksi Terhadap Pola Pembelian Konsumen Menggunakan Metode Algoritma Apriori. INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL: Journal of Informatics, 6(1), 43–52.

Purba, N. R. S., & Riandari, F. (2021). Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Analisis Keranjang Belanja Transaksi Penjualan Pada PT Madu Kembang Joyo. J. Nas. Komputasi Dan Teknol. Inf, 4(1).

Ramadina, R. R., Pudjiantoro, T. H., & Santikarama, I. (2020). Pembangunan Sistem Customer Relationship Management (CRM) Menggunakan Metode Asosiasi Algoritma Apriori. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(2), 78.

Ridwan, M. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Proses Kelulusan Dan Evaluasi Kinerja Akademik Mahasiswa Menggunakan Teknik Data Mining.

Santoso, L. W. (2003). Pembuatan perangkat lunak data mining untuk penggalian kaidah asosiasi menggunakan metode apriori. Jurnal Informatika, 4(2), 43–49.

Saputra, R. A., Wasiyanti, S., & Nugraha, R. (2020). Penerapan Algoritma Apriori Untuk Analisa Pola Penempatan Barang Berdasarkan Data Transaksi Penjualan. Jurnal Swabumi, 8(2), 160–170.

Saputra, R., & Sibarani, A. J. P. (2020). Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Pola Penjualan Obat. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 7(2), 262–276.

Sophia, D., & Banowosari, L. Y. (2019). Implementasi Metode Aturan Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Data Transaksi Penjualan Di Waroeng Spesial Sambal. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, 22(1).

Tana, M. P., Marisa, F., & Wijaya, I. D. (2018). Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Pada Toko Oase Menggunakan Algoritma Apriori. JIMP (Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan), 3(2).

Published
2023-02-16
How to Cite
Kurniawan, R., & Yusuf, R. (2023). PENERAPAN METODE ASOSIASI DENGAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENDUKUNG STRATEGI PROMOSI. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(2), 514-528. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i2.786
Section
Articles