PENERAPAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
Pembelajaran merupakan sebuah usaha yang yang direncanakan dengan tujuan tercapainya kondisi belajar dan kegiatan pembelajaran yang nyaman sehingga siswa merasa senang dan aktif dalam memupuk potensinya masing-masing. Keberhasilan akan sangat mudah tercapai apabila siswa dan guru memiliki kesiapan saat kegiatan belajar mengajar karena sangat diperlukan komunikasi yang baik antara siswa dan pendidik. Penelitian ini bermaksud untuk mencari tahu dampak atau pengaruh penggunaan model pembelajaran blended learning yang berguna untuk menambah pemahaman pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penggunaan metode saat melakukan penelitian ini yakni metode kualitatif sedangkan pendekatan yang dipakai yaitu daring dan luring. Hasil penelitian ini berwujud strategi lembaga pendidikan saat melaksanakan blended learning sebagai metode pembelajaran di masa kini dan meminimalisir penggunaan waktu, sumber daya bahkan biaya yang digunakan. Siswa juga mampu mendapatkan pembelajaran kapan saja dan dimana saja. Kesimpulan pada pembelajaran blended learning ini siswa dapat merasakan keberadaan pendidik dengan cara berdiskusi maupun pemberian tugas oleh seorang pendidik walaupun disisi lain juga memiliki kekurangan, maka dari itu ada sejumlah persoalan yang harus dicermati diantaranya: sarana, alokasi waktu, tempat, hambatan serta karakteristik dari peserta didik itu sendiri.
Downloads
References
Abdullah, Walib. 2018. “Model Blended Learning Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran.” Fikrotuna 7(1): 855–66.
Agnesa, Oki Sandra, and Ninuk Vidya Astuti. 2021. “Efektivitas Pembelajaran Blended Learning Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mi Quba Kota Sorong.” Jurnal Pendidikan Dasar 3(1): 21–27.
Aritonang, Irene Bethesda, Rudi Martin, and Wawan Akbar. 2021. “Peran Model Pembelajaran Blanded Learning Dalam Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar PPKN Di Kelas V UPTD SPF SDN Teluk Rumbia.” Jurnal Kependidikan 1(1): 1–14.
Astuti, Puji, and Febrian Febrian. 2019. “Blended Learning Syarah: Bagaimana Penerapan Dan Persepsi Mahasiswa.” Jurnal Gantang 4(2): 111–19.
Damanik, Rizka Nurlina. 2019. “Daya Tarik Pembelajaran Berbasis Blended Learning Di Era Revolusi Industri 4.0.” Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan 3: 803–9.
Fania, Galantri Isra’ et al. 2021. “Urgensi Teknologi Pendidikan Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Daring.” Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan 9(2): 575–90.
Hanifah Salsabila, Unik et al. 2020. “Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19.” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan 17(2): 188–98.
Irsyadiah, Nur, and Ahmad Rifa’i. 2021. “Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Blended Learning Cooperative E Learning Di Masa Pandemi.” 3(2): 6.
Isnaini, Rohmatun Lukluk. 2018. “Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Manajemen Bimbingan Dan Konseling Islam.” MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1(1): 35–52.
Istiningsih, Siti, and Hasbullah Hasbullah. 2015. “Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan.” Jurnal Elemen 1(1): 49.
Jannah, Nurul Riyawati. 2021. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Blended Learning.” Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan(FTIK) IAIN Palang Karaya 1(1): 1502–10.
Jumaini, Jumaini, Hilda Hirmaliza Hertin, Mazruatun Nisfiyati, and Malik Ibrahim. 2021. “Penerapan Metode Pembelajaran Blended Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Hasil Belajar Siswa: Sebuah Meta - Analisis.” Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika 5(1): 48.
Jumartindah. 2020. “Implementasi Pembelajaran Pai Berbasis Blended Learning Dalam Pembinaan Soft Skills Siswa Untuk Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0 Di Smp Negeri 1 Dua Boccoe.”
Kantun, Sri, and Raras Siswandini. 2016. “Implementasi Blended Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Peserta Didik Kelas Xi Ips-2 Sman 5 Jember Semester Gasal Tahun 2015/2016.” : 141–52.
Kurniawati, Meyla, Harja Santanapurba, and Elli Kusumawati. 2019. “Penerapan Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematika Smp.” EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika 7(1): 8–19.
Laily, Nurul, and Muliatul Maghfiroh. 2022. “Gunung Djati Conference Series , Volume 10 ( 2022 ) ISLAMIC RELIGION EDUCATION CONFERENCE I-RECON 2022 Penerapan Model Blended Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Abstrak : Model Pembelajaran Blendedlearning Merupakan Model Gabungan Antara Pem.” 10: 291–98.
Milawati, Yazida Ichsan, Aisyah Luthfi Hasanah, and Ria Nur Khasanah. 2019. “Urgensi Seni Budaya Sebagai Estetika Dalam Pendidikan Agama.” Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam 1(3): 418–40.
Pendidikan, Jurusan, Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, and Dan Ilmu Keguruan. 2021. “Implementsi Model Blended Learning.” (April).
Putri Rahmani, Annysa. 2022. “Penerapan Metode Blended Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Selama Masa Pandemi Covid-19.” EduBase : Journal of Basic Education 3(1): 60.
Qomariah, Siti, and Hammam Hammam. 2021. “Implementasi Simplyfication Blended Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi 4(2): 202.
Rachman, Aditia, Yusep Sukrawan, and Dedi Rohendi. 2019. “Penerapan Model Blended Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Menggambar Objek 2 DDmensi.” Journal of Mechanical Engineering Education 6(2): 145–52.
Sagala, Hairun Hasanah, and Muh Wasith Achadi. 2022. “Implementasi Blended Learning Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMA UII Banguntapan.” ITQAN 13(1): 77–88.
Salsabila, Unik Hanifah et al. 2020. “Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19.” Trapsila Jurnal Pendidikan 2(2): 68–72.
Sari, Ria Puspita, Nabila Bunnanditya Tusyantari, and Meidawati Suswandari. 2021. “Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19.” Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan 2(1): 9–15.
Setiyatna, Hery et al. 2022. “JOTE Volume 3 Nomor 2 Tahun 2022 Halaman 200-212 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education.” 3: 200–212.
Setyoko, and Indriaty. 2018. “Implementasi Pembelajaran Blended Learning Berbasis Media Google Classrom Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Fisika.” Pendidikan Fisika Dan Sains 1(2): 5–10.
Sholikah, L, S Kahfi, and M M Khoirul. 2021. “Blended Learning Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Covid 19 Di Mts Walisongo Bojonegoro.” Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 05(02): 80–91. https://books.google.co.id/books?id=HSz7DwAAQBAJ.
Siregar, Lukman Hakim. 2019. “Penerapan Metode Pembelajaran Blended Learning.” 7(1): 91–94.
Usman. 2018. “Komunikasi Pendidikan Berbasis Blended Learning Dalam Membentuk Kemandirian Belajar.” Jurnal Jurnalisa 4(1): 136–50.
Wardani, Deklara Nanindya, Anselmus J.E, Toenlioe, and Agus Wedi. 2015. “Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21 Dengan Blended Learning.” JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 9(2): 75.
Copyright (c) 2023 Unik Hanifah Salsabila, Atun Lestari, Eviana Agustin, Wahyu Lestari, Aries Anang Anshori
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.