GERAKAN LITERASI SEKOLAH SEBAGAI SOLUSI PENINGKATAN MINAT BACA PADA ANAK SEKOLAH DASAR

  • Heri Dermawan Sekolah Tinggi Agama Islam Darunnajah Bogor
  • Rena Fadilah Malik Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Bogor
  • Margiyono Suyitno Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madina Sragen
  • Ratna Ayu Pawestri Kusuma Dewi Politeknik Negeri Madura
  • Everhard Markiano Solissa Universitas Pattimura
  • Akhmad Haqiqi Mamun Universitas Muhammadiyah Prof. DR Hamka
  • I Putu Agus Dharma Hita Universitas Triatma Mulya, Indonesia
Keywords: literasi, gerakan literasi sekolah, minat baca, peningkatan

Abstract

Membaca merupakan kegiatan yang sangat penting dalam menggali ilmu pengetahuan dan menambah wawasan. Untuk melaksanakan Kegiatan membaca memerlukan rasa ketertarikan atau dorongan yang timbul dari dalam diri setiap individu disebut bunga. Minat baca yang rendah dapat membuat suatu bangsa tertinggal dari berbagai macam informasi itu terus berkembang hingga saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai solusi untuk meningkatkan minat baca. Penelitian ini dirancang dengan penelitian kualitatif metode dengan menggunakan teknik purposive sampling. Subyek penelitian ini adalah 27 siswa kelas V terlibat dalam kegiatan gerakan literasi sekolah. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa tahap pembiasaan GLS mampu meningkatkan minat baca siswa dengan kegiatan membaca selama lima belas menit sebelum pembelajaran. Kegiatan membaca yang efektif adalah membaca senyap.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, A. (2017). Membudayakan Literasi dengan Program 6M di Sekolah Dasar. 3(1), 42–52.

Anjani, S., Dantes, N., & Artawan, G. (2019). Efek Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca dan Kemampuan Pemahaman Membaca Siswa Kelas V SD Gugus II Kuta Utara. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 74–82.

Ates, S., Cetinkaya, C., & Yildirum, K. (2012). Cara Memilih Buku yang Enak Dibaca. Ilkogretim Online, 11(2), 319–331. Retrieved from http://ilkogretim-online.org.tr

Aydemir, Z. I., & Ozturk, E. (2013). Skala motivasi membaca untuk teks: Studi validitas dan reliabilitas. Pendidikan Dasar Daring, 12(1), 66–76.

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negara Gugusan Sungai MIAI Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 15–29.

BPPB. (2016). Pedoman Pelaksanaan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Budaya.

Burhan, N. S., Nurchasanah, & Basuki, I. A. (2020). Pelaksanaan Tahap Pembiasaan Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 367–373.

Dag, N. (2017). Profil Membaca Siswa Sekolah Dasar Turki. Jurnal Internasional Dari Instruksi, 10(4), 293–306.

Darmono. (2017). Perpustakaan Sekolah: Pendekatan Aspek Manajemen dan Tata Kerja. Grasindo.

Endah, S., Thahar, H. E., & Asri, Y. (2018). Kontribusi minat baca pada sastra dan membaca pemahaman terhadap kemampuan siswa dalam menulis cerita fantasi. Konferensi Internasional Tentang Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Teknologi, 955–960.

Faizah, D. U., Sufyandi, S., Anggriani, L., Waluyo, Dewayani, S., Muldian, W., & Roosaria, D. R. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.

Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Terpadu An-Najah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya, 6(8), 60–69.

Gary, P. M., & Timothy, G. M. (1998). Meningkatkan prestasi dan minat baca siswa. Berkeley Pers Elektronik (bepress).

Hamdani. (2019). Laporan World’s Most Literate Nations, Indonesia darurat literasi Baca. Retrieved from https://www.kompasiana.com/cangkoiburong/5c4ec840c112fe193a7a94a5/ report-mostliterred-nation-in-the-world-indonesia-darurat-literasi-membaca?page=all

Hejase, A. J., Hejase, H. J., Younis, J., & Abbas, O. (2019). Minat dan Kebiasaan Membaca di Lebanon: Analisis Eksploratif Minat dan Kebiasaan Membaca di Lebanon: Analisis Eksploratif. Jurnal Saudi Humaniora Dan Ilmu Sosial, 4(3), 149–166. https://doi.org/10.21276/sjhss.2019.4.3.2

Hendriani, Nuryani, & Ibrahim. (2018). Pedagogik Literasi Kritis; Sejarah, Filsafat Dan Perkembangannya Di Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 55(5), 503–510. https://doi.org/https://ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia/article/view/10811/pdf

Heru, S., & Samsi, H. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Menumbuhkan Minat Membaca Siswa SMP Negeri 2 Pleret Kabupaten Bantul. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 68–82.

Ista, M., Izam, G. M., & Salma, M. (2019). Kebiasaan Membaca dan Persepsi Membaca untuk Kesenangan. Jurnal Internasional Pendidikan Dan Pengajaran Indonesia, 3(1), 80–89.

Istiq’faroh, N., Suhardi, S., Mustadi, A., & Ahdhianto, E. (2020). Pengaruh cerita rakyat Indonesia terhadap pemahaman dan motivasi membaca siswa kelas IV. Pendidikan Dasar Daring, 19(4), 2149– 2160. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.763772

Kerneza, M., & Kosir, K. (2016). Komik sebagai metode sastra-didaktik dan penggunaannya untuk mereduksi gender perbedaan literasi membaca pada tingkat pendidikan dasar. Pusat Studi Kebijakan Pendidikan Jurnal, 6(2), 125–149.

Khotimah, K., Akbar, S., & Sa, C. (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(11), 1488–1498.

Komalasari, M. D., Wibowo, A., & Anggraeni, D. (2018). Pendampingan Gerakan Literasi Sekolah Mendalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pelayanan Publik, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.30737/jaim.v2i1.236

Mckool, S. S. (2000). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Membaca: Investigasi Terhadap Kebiasaan Membaca Diluar Sekolah Siswa Kelas V. Jurnal Peningkatan Membaca, 44(3), 111–132.

Nurdiani, S., Syahrul, R., & Abdurahman. (2018). Hubungan Vocabulary dan Membaca Pemahaman dalam Keterampilan Menulis Teks Deskriptif Bertinjauan Jenis Kelamin. Konferensi Internasional Tentang Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Teknologi, 848–853.

Rahmawati, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Abad 21 Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 404–418. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.461

Wandasari, Y., Kristiawan, M., & Arafat, Y. (2019). Evaluasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah On Meningkatkan Disiplin Siswa SMA Negeri. Jurnal Ilmiah Internasional Dan Riset Teknologi, 8(4), 190–198.

Wibowo, W. (2019). Gerakan Pengelolaan Literasi Sekolah Untuk Mendukung Karya Tulis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Media Manajemen Pendidikan, 2(2), 279–288.

Yulianto, A., & Maman, S. (2019). Implementasi Literasi Baca-Tulis Di Sekolah Menengah Atas. Konferensi Internasional Tentang Isu Terkini Dalam Pendidikan, 326, 46–51.

Zhao, W., Lagu, Y., Zhao, Q., & Zhang, R. (2018). Pengaruh Dukungan Guru Terhadap Siswa Sekolah Dasar Keterlibatan Membaca: Peran Mediasi Minat Baca dan Konsep Diri Akademik Cina. Psikologi Pendidikan, 1–18. https://doi.org/10.1080/01443410.2018.1497146

Published
2023-01-19
How to Cite
Dermawan, H., Malik, R. F., Suyitno, M., Dewi, R. A. P. K., Solissa, E. M., Mamun, A. H., & Hita, I. P. (2023). GERAKAN LITERASI SEKOLAH SEBAGAI SOLUSI PENINGKATAN MINAT BACA PADA ANAK SEKOLAH DASAR. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 311-328. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.723
Section
Articles