UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PENERAPAN GOOGLE WORKSPACE FOR EDUCATION MELALUI WORKSHOP IN ON IN DI SMA NEGERI 1 TURI

  • Mujiyono Mujiyono Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Sleman
Keywords: Workhop in on in, kompetensi guru, Google Workspace for Education

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam penerapan google workspace for education melalui workshop in on in di SMA Negeri 1 Turi. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif. Objek penelitian ini adalah workshop in on in serta dampak peningkatan kompetensi guru dalam penerapan google workspace for education. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus meliputi empat kegiatan, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan workshop in on in dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan google workspace for education di SMA Negeri 1 Turi . Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase guru yang kompeten. Rata-rata guru yang kompeten pada siklus pertama 38,7%dan siklus kedua 87%. Tingkat student wellbeing juga meningkat pada siklus pertama 73,4 dan siklus kedua 84,5. Proses workshop juga berjalan baik dengan skor 85. Hasil ini menunjukkan bahwa dengan adanya worksop ini mampu memberikan pemahaman dan pengetahuan khususnya guru guru dalam menggunakan google workspace for education.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, F. (2017). Guru SD di era digital: pendekatan, media, inovasi. Sulawesi Tengah: CV. Pilar Nusantara.

Alawiyah, F. (2013). Peran guru dalam kurikulum 2013. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 4(1), 65-74.

Albashtawi, A., & Al Bataineh, K. (2020). The effectiveness of google classroom among EFL students in Jordan: An innovative teaching and learning online platform. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(11), 78-88.Hutajulu, M. (2022). The Effectiveness Of Using Google Meet In Online Learning To Improve Mathematical Communication Skills. (JIML) Journal Of Innovative Mathematics Learning, 5(1), 53-61.

Azzarkasyi, M., Rizal, S., & Aswita, D. (2022). Student Understanding in Using Google Classroom On Online Learning. Jurnal Serambi Ilmu, 23(2), 196-208.

Hutajulu, M. (2022). The Effectiveness of Using Google Meet in Online Learning to Improve Mathematical Communication Skills. (JIML) Journal of Innovative Mathematics Learning, 5(1), 53-61.

Idzhar, A. (2016). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal office, 2(2), 221-228.

Komalasari, E. R. (2020). Google Meet Application and Media Power Points to Improve IPA Learning Results. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series (Vol. 3, No. 3, pp. 463-469).

Kumar, J. A., & Bervell, B. (2019). Google Classroom for mobile learning in higher education: Modelling the initial perceptions of students. Education and Information Technologies, 24(2), 1793-1817.

Lobo, J. (2022). Virtual Physical Education: Google Meet as an alternative platform for learning skill-based concepts. Physical education of students, 26(6), 296-307.

Marlina, B. (2021, December). Pemanfaatan Google Workspace For Education Pada Pembelajaran Daring. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Marpaung, R., & Sitorus, S. A. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Jigsaw Pada Pelajaran Pkn Materi Perundang-Undangan Tingkat Pusat Dan Daerah Siswa SMP Kelas VIII. EDSUAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 9(1), 264-277.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. New York: Sage.

Kemmis, S., & Taggart, R, M. (1988). Action Research - some ideas from The Action Research Planner,Third edition, ed. Australia: Deakin University.

Mohd Shaharanee, I. N., Jamil, J., & Mohamad Rodzi, S. S. (2016). The application of Google Classroom as a tool for teaching and learning. Journal of Telecommunication, Electronic and Computer Engineering, 8(10), 5-8.

Rahayu, E. (2021). Penggunaan Google Workspace untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Madrasah, 6(2), 133-138.

Ramadhani, S. P., & Zulela, M. S. (2020). Profesional pedagogy guru terhadap perubahan pembelajaran di era digital. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2).

Rosyada, A., & Sundari, H. (2021). Learning from home environment: Academic writing course for EFL undergraduates through Google Classroom application. Studies in English Language and Education, 8(2), 710-725.

Setyawati, K. A., & Adnyayanti, N. L. P. E. (2022). The Implementation of Learning Medium: Google Meet Application for ELE Students in EFL Distance Learning. Jurnal Sinestesia, 12(1), 1-8.

Suharso, Y. (2013). Peran dan Tanggungjawab Guru Sebagai Tenaga Profesional. Majalah Ilmiah Pawiyatan, 20(4), 112-123.

Susanti, L., Junining, E., & Hamamah, H. (2021). Investigating the Implementation of Google Classroom To Improve Reading Comprehension: Advantage and Disadvantage. Journal of Languages and Language Teaching, 9(2), 204-211.

Windarti, E. (2022). Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Pada Kelas VII-A SMP Negeri 2 Balerejo. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 9(2), 551-564.

Published
2023-01-19
How to Cite
Mujiyono, M. (2023). UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PENERAPAN GOOGLE WORKSPACE FOR EDUCATION MELALUI WORKSHOP IN ON IN DI SMA NEGERI 1 TURI. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 291-310. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.721
Section
Articles