RELEVANSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

  • Israq Maharani Universitas Al Wasliyah, Medan
  • Jihan Hidayah Putri Universitas Al Wasliyah, Medan
Keywords: media pembelajaran, matematika, pengembangan media

Abstract

Penggunaan media pembelajaran menghasilkan pembelajaran yang lebih efektif. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis relevansi pengembangan media pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan atau library research. Sumber dan teknik pengumpulan data berasal dari buku dan artikel ilmiah terkini. Pencarian literatur studi dengan menggunakan kata kunci, subyek dan kutipan sumber-sumber ilmiah. Teknik analisis data dengan analisis content (analisis isi) yang meliputi tahapan editing, organizing, dan finding. Hasil penelitian menunjukan berbagai macam media pembelajaran digunakan dalam proses pembelajaran matematika. Pengembangan media pembelajaran matematika terbukti mampu memotivasi peserta didik untuk belajar lebih aktif dalam rangka pengembangan media pembelajaran matematika untuk memperkuat karakter positif peserta didik dalam memahami konsep matematika dengan memanfatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Jihan Hidayah Putri, Universitas Al Wasliyah, Medan

Universitas Al Wasliyah, Medan

References

Adi, W. A., Relmasita, S. C., & Hardini, A. T. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24778

Aeni, K., & Astuti, T. (2021). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1790

Anggraeni, E. R., Ma’rufi, M., & Suaedi, S. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.30605/proximal.v4i1.503

Anjarsari, E., Farisdianto, D. D., & Asadullah, A. W. (2020). Pengembangan Media Audiovisual Powtoon pada Pembelajaran Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar. In Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 5, Issue 2).

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1). https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534

Baihaqi, M. B. (2017). Pendidikan dan Digitalisasi di Era Milenial. Sabtu, 23/12/17.

Charissudin, A., Farida, F., & Putra, R. W. Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Animasi Menggunakan Aplikasi Swishmax. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(1). https://doi.org/10.21580/square.2021.3.1.7522

Fajarwati, M. I., & Irianto, S. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA ANIMAKER MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR MENGGUNAKAN KALKULATOR DI KELAS IV SD UMP. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1). https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v5i1.608

Fani, A. A. D., & Effendi, K. N. S. (2021). Kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari kecemasan belajar pada siswa smp pada materi lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1).

Febriyandani, R., & Kowiyah, K. (2021). Pengembangan Media Komik dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2). https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37447

Firdaus, A. M. (2016). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(1). https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i1.1

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, J., & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. In Media pembelajaran.

Lestari, L. (2020). Pengembangan Media Visual Berbasis Kartun Pembelajaran Matematika untuk Kelas II Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Research, 1(2). https://doi.org/10.37251/jber.v1i2.81

Martha Rusmana, I., & Mila Kurniawarsih. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR BERBASIS BUDAYA. LEBESGUE, 1(1). https://doi.org/10.46306/lb.v1i1.11

Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223

Prasetya, W. A., Suwatra, I. I. W., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1).

Putri, L. A., & Dewi, P. S. (2020). Media Pembelajaran Menggunakan Video Atraktif pada Materi Garis Singgung Lingkaran. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 2(1). https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.568

Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2). https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Rijal, A. (2021). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2). https://doi.org/10.33603/caruban.v4i2.5322

Saputra, T. F. N., & Mampouw, H. L. (2022). Pengembangan Pembelajaran Bermedia Powtoon untuk Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1203

SULISTYORINI, E. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK MATEMATIKA SISWA KELAS V SD BERBASIS BUDAYA. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(4). https://doi.org/10.51878/elementary.v1i4.711

Suriyana, S., Asmah, S. N., & Kurniawati, D. (2020). Inovasi Media Lagu pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 2(1). https://doi.org/10.38114/riemann.v2i1.71

Syahmi, F. A., Ulfa, S., & Susilaningsih. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERBASIS SMARTPHONE UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.17977/um038v5i12022p081

Syahroni, S., & Nurfitriyanti, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif, 7(3).

Syarief, C. (2021). Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(1).

Trianggono, M. M., Ashadi, F., & Kurniawan, M. U. (2022). Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi EFEKTIVITAS SCIENCE VIDEO PROJECT-BASED LEARNING SEBAGAI STIMULAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA. Sains Dan Teknologi, 9(3), 2022–2593. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.546

Yudela, S., Putra, A., & Laswadi, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis YouTube Pada Materi Perbandingan Trigonometri. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(6). https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.7089

Published
2023-01-27
How to Cite
Maharani, I., & Hidayah Putri, J. (2023). RELEVANSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 353-361. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.719
Section
Articles