PENGARUH HARGA, PENERAPAN E-RESEP DAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN, DENGAN KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

  • Endah Zuraidah Universitas Gajayana Malang
  • Ernani Hadiyati Universitas Gajayana Malang, Indonesia
  • Umi Muawanah Universitas Gajayana Malang, Indonesia
Keywords: Harga, Penerapan E-resep, Waktu Tunggu Pelayanan, Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh harga, penerapan E-resep dan waktu tunggu pelayanan terhadap kepuasan pasien, dengan kualitas pelayanan sebagai variabel intervening. Explanatory research digunakan sebagai pendekatan dalam penelitian ini. Jumlah populasi kurang dari 100 yaitu 93, sehingga digunakan metode sensus atau tehnik sampel jenuh.  Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa harga berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan,  E-Resep tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan, waktu tunggu berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan, harga tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, E-Resep berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, waktu tunggu tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, kualitas pelayanan berpengaruh  signifikan terhadap kepuasam pasien, harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien melalui kualitas pelayanan, E-Resep berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien melalui kualitas pelayanan, waktu tunggu  berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien melalui kualitas pelayanan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adrizal.,Fatma Sriwahyuni., Yufri Aldi.(2019). Analisis Pelayanan Resep Konvensional dan Elektronik serta Pengaruhnya terhadap Kualitas Pelayanan Kefarmasian di RSUD M. Natsir Solok Indonesia. Jurnal Sains Farm Klin 6(3),pp.195–199.Universitas Andalas Padang.

Andreas Susanto 1 , Ernani Hadiyati2 dan Kohar Adi Setia3. (2022). Pengaruh Kompentensi dan Kompensasi terhadap Kinerja Pegawai dengan motivasi sebagai variabel Intervening dalam Masa Pandemi Universitas Gajayana malang.2022

Dahlia. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan harga Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Dr. H.Ibnu Sutowo Baturaja. Universitas Baturaja Tahun 2016. Jurnal

Dyah Nurfitri Maharani,Alwiyah Mukaddas,Indriani. (2016). Analisis Pengaruh Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Resep Di Apotek Instalasi Farmasi Badan Rumah Sakit Daerah Luwuk Kabupaten Banggai. Journal of Pharmacy. Vol 2(2),pp.111-117.Universitas Tadulako Palu.2016.

Ela Septianti Novita. (2020). Analisis Pengaruh Fasilitas, Kualitas Pelayanan dan Kelengkapan Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Apotek K-24 Bondowoso. Universitas Muhammadiyah Jember

Ferika Indrasan,Ratna Wulandari,Dwi Nurul Anjayanti. (2021). Peran Resep Elektronik dalam Meningkatkan Medication Safety pada Proses Peresepan di RSI Sultan Agung Semarang.Prodi Farmasi Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Nusaputera.Semarang.

Fidya Cahya Sabila,Rasmi Zakiah Oktarlina,Nurul Utami. (2018). Peresepan Elektronik (E-Prescribing) Dalam Menurunkan Kesalahan Penulisan Resep.Fakultas Kedokteran.Universitas Lampung.

Fitri Yani., Syarifah Maraiyuna., Azizah Vonna..(2022). Evaluasi Waktu Tunggu Setelah Redesign dan Penerapan Lean Pharmacy Pada Pelayanan Farmasi Rawat Jalan. Journal of Medical Science. Vol. 3, No. 1, pp. 19 – 30. Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Aceh.2022.

Giovanni Adrian Santoso, Innocentius Bernarto. (2022). Pengaruh Waktu Tunggu yang singkat, Keterangkauan Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien ke Klinik Gigi CDC. Jurnal Manajemen dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi .2022

Lailatul Fitriyah, (2019). Analisis Penerapan E-Resep Terhadap Waktu Tunggu Pelayanan dan Dampaknya pada Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi RSUD Waluyo Jati Kraksaan.Tesis, Program Pascasarjana, Uniga, Malang

Lily Widjaya. (2013). Pengaruh Peresepan Elektronik Terhadap Mutu Layanan Farmasi Di Rumah Sakit “X” Jakarta Barat. Jurnal Inohim Volume 1 Nomor 2. Universitas Esa Unggul.Jakarta

Lily Widjaya. (2018). Pengaruh Peresepan Elektronik terhasap Mutu Pelayanan Farmasi di Rumah Sakit “X” Jakarta Barat.Manajemen Informasi Kesehatan Universitas Esa Unggul.Jakarta

Marla Okta. (2020). Pengaruh Mutu Layanan Kefarmasian Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rsud Dr. H Abdul Moeloek Provinsi Lampung Tahun 2019.Jurnal Ilmu Farmasi. Universitas Lampung.2020

N Desy Natalia Siahaan1 Sumando Marpaung 1 , Nurminda Silalahi2 , M. Gunawan. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Resep Terhadap Kepuasan Pasien di Apotek Rawat Jalan Instalasi Farmasi RSUP H. Adam Malik. Jurnal Sains, Teknologi,farmasi &Kesehatan. Prodi Farmasi Universitas Tjut Nyak Dhien (UTND) Medan.

Pratiwi, Ahmad Muhtadi, Emma Surahman. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Niat Beli Obat di Depo Farmasi Anggrek RSUP Dr. Hasan Sadikin, Bandung. Jurnal Farmasi Klinik Indonesia. Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran, Sumedang.

Santoso, Singgih (2010). Statistik Parametrik, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Cetakan Pertama. PT.Elex media Komputindo, jakarta, PT Gramedia, Jakarta

Sinta Purnamasari. (2015). Brand Imade sebagai Mediasi Pengaruh Promosi,Harga dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Jamu Nyonya Meneer di Semarang Timur.Universitas Negeri Semarang.2015

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung.CV.Alfabeta.

Zetira zihan.(2019). Hubungan Persepsi Pasien Terhadap Peresepan Elektronik Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Imanuel Bandar Lampung. Bandar Lampung.Universitas Lampung.

Published
2022-12-27
How to Cite
Zuraidah, E., Hadiyati, E., & Muawanah, U. (2022). PENGARUH HARGA, PENERAPAN E-RESEP DAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN, DENGAN KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 84-104. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.681
Section
Articles