PENGARUH HARGA, PENERAPAN E-RESEP DAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN, DENGAN KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh harga, penerapan E-resep dan waktu tunggu pelayanan terhadap kepuasan pasien, dengan kualitas pelayanan sebagai variabel intervening. Explanatory research digunakan sebagai pendekatan dalam penelitian ini. Jumlah populasi kurang dari 100 yaitu 93, sehingga digunakan metode sensus atau tehnik sampel jenuh. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa harga berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan, E-Resep tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan, waktu tunggu berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan, harga tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, E-Resep berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, waktu tunggu tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasam pasien, harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien melalui kualitas pelayanan, E-Resep berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien melalui kualitas pelayanan, waktu tunggu berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien melalui kualitas pelayanan
Downloads
References
Adrizal.,Fatma Sriwahyuni., Yufri Aldi.(2019). Analisis Pelayanan Resep Konvensional dan Elektronik serta Pengaruhnya terhadap Kualitas Pelayanan Kefarmasian di RSUD M. Natsir Solok Indonesia. Jurnal Sains Farm Klin 6(3),pp.195–199.Universitas Andalas Padang.
Andreas Susanto 1 , Ernani Hadiyati2 dan Kohar Adi Setia3. (2022). Pengaruh Kompentensi dan Kompensasi terhadap Kinerja Pegawai dengan motivasi sebagai variabel Intervening dalam Masa Pandemi Universitas Gajayana malang.2022
Dahlia. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan harga Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Dr. H.Ibnu Sutowo Baturaja. Universitas Baturaja Tahun 2016. Jurnal
Dyah Nurfitri Maharani,Alwiyah Mukaddas,Indriani. (2016). Analisis Pengaruh Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Resep Di Apotek Instalasi Farmasi Badan Rumah Sakit Daerah Luwuk Kabupaten Banggai. Journal of Pharmacy. Vol 2(2),pp.111-117.Universitas Tadulako Palu.2016.
Ela Septianti Novita. (2020). Analisis Pengaruh Fasilitas, Kualitas Pelayanan dan Kelengkapan Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Apotek K-24 Bondowoso. Universitas Muhammadiyah Jember
Ferika Indrasan,Ratna Wulandari,Dwi Nurul Anjayanti. (2021). Peran Resep Elektronik dalam Meningkatkan Medication Safety pada Proses Peresepan di RSI Sultan Agung Semarang.Prodi Farmasi Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Nusaputera.Semarang.
Fidya Cahya Sabila,Rasmi Zakiah Oktarlina,Nurul Utami. (2018). Peresepan Elektronik (E-Prescribing) Dalam Menurunkan Kesalahan Penulisan Resep.Fakultas Kedokteran.Universitas Lampung.
Fitri Yani., Syarifah Maraiyuna., Azizah Vonna..(2022). Evaluasi Waktu Tunggu Setelah Redesign dan Penerapan Lean Pharmacy Pada Pelayanan Farmasi Rawat Jalan. Journal of Medical Science. Vol. 3, No. 1, pp. 19 – 30. Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Aceh.2022.
Giovanni Adrian Santoso, Innocentius Bernarto. (2022). Pengaruh Waktu Tunggu yang singkat, Keterangkauan Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien ke Klinik Gigi CDC. Jurnal Manajemen dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi .2022
Lailatul Fitriyah, (2019). Analisis Penerapan E-Resep Terhadap Waktu Tunggu Pelayanan dan Dampaknya pada Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi RSUD Waluyo Jati Kraksaan.Tesis, Program Pascasarjana, Uniga, Malang
Lily Widjaya. (2013). Pengaruh Peresepan Elektronik Terhadap Mutu Layanan Farmasi Di Rumah Sakit “X” Jakarta Barat. Jurnal Inohim Volume 1 Nomor 2. Universitas Esa Unggul.Jakarta
Lily Widjaya. (2018). Pengaruh Peresepan Elektronik terhasap Mutu Pelayanan Farmasi di Rumah Sakit “X” Jakarta Barat.Manajemen Informasi Kesehatan Universitas Esa Unggul.Jakarta
Marla Okta. (2020). Pengaruh Mutu Layanan Kefarmasian Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rsud Dr. H Abdul Moeloek Provinsi Lampung Tahun 2019.Jurnal Ilmu Farmasi. Universitas Lampung.2020
N Desy Natalia Siahaan1 Sumando Marpaung 1 , Nurminda Silalahi2 , M. Gunawan. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Resep Terhadap Kepuasan Pasien di Apotek Rawat Jalan Instalasi Farmasi RSUP H. Adam Malik. Jurnal Sains, Teknologi,farmasi &Kesehatan. Prodi Farmasi Universitas Tjut Nyak Dhien (UTND) Medan.
Pratiwi, Ahmad Muhtadi, Emma Surahman. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Niat Beli Obat di Depo Farmasi Anggrek RSUP Dr. Hasan Sadikin, Bandung. Jurnal Farmasi Klinik Indonesia. Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran, Sumedang.
Santoso, Singgih (2010). Statistik Parametrik, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Cetakan Pertama. PT.Elex media Komputindo, jakarta, PT Gramedia, Jakarta
Sinta Purnamasari. (2015). Brand Imade sebagai Mediasi Pengaruh Promosi,Harga dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Jamu Nyonya Meneer di Semarang Timur.Universitas Negeri Semarang.2015
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung.CV.Alfabeta.
Zetira zihan.(2019). Hubungan Persepsi Pasien Terhadap Peresepan Elektronik Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Imanuel Bandar Lampung. Bandar Lampung.Universitas Lampung.
Copyright (c) 2023 Endah Zuraidah, Ernani Hadiyati, Umi Muawanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.