PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 BATU AMPAR KABUPATEN KUBU RAYA

  • Vindo Feladi IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
  • Azhari Alqadrie IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
  • Lisius Irvanka IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
Keywords: pembelajaran kooperatif, JIGSAW, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi fungsi menu dan ikon perangkat lunak pengolah kata di kelas VIII SMP Negeri 2 Batu Ampar kabupaten Kubu Raya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre-eksperimental. Dan Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design yaitu rancangan  satu kelompok yang menggunakan dua kali tes yaitu sebelum dan sesudah  perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam  penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 31 siswa. sedangkan Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meggunakan teknik pengukuran dan alat pengumpulan data yaitu tes hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum, sesudah, dan pengaruh setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif  tipe Jigsaw. Hasil analisis data dan penarikan kesimpulan diperoleh data sebagai berikut: (1) Rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebesar 43,4 tergolong kurang. (2) Rata-rata hasil belajar siswa sesudah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw 68,6. tergolong baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aswirna, P. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap pemahaman konsep fisika siswa di MTsN Piladang Kabupaten Lima Puluh Kota. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 4(1), 503-515.

Farida, L. N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas Iv Sd Muhammadiyah Program Plus Besuki Tulungagung.

Hermawan, K. M. (2017). Manajemen Program Bimbingan dan Konseling di Madrasah (Penelitian di MTs Negeri Ciparay Kabupaten Bandung) (Doctoral dissertation, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG).

Sandi, C. A. K., Saptani, E., & Suherman, A. (2009). Pengaruh Metode Latihan Kelincahan Terhadap Keterampilan Dribbling Bola Pada Permainan Sepakbola. SpoRTIVE, 3(1), 41-50.

Sunardi, S., Handhika, J., & Sasono, M. (2017, August). Efektivitas pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw Dan TGT ditinjau dari kemampuan berpikir tingkat tinggi. In Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika) (pp. 230-233).

Usmadi, U. (2020). Pengujian persyaratan analisis (Uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1).

Wicaksono, M. D. (2020). Pemanfaatan Google Classroom dalam Strategi Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii. Inspirasi (Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial), 17(1).

Published
2022-11-22
How to Cite
Feladi, V., Alqadrie, A., & Irvanka, L. (2022). PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 BATU AMPAR KABUPATEN KUBU RAYA. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 13-21. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.639
Section
Articles