PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 BATU AMPAR KABUPATEN KUBU RAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi fungsi menu dan ikon perangkat lunak pengolah kata di kelas VIII SMP Negeri 2 Batu Ampar kabupaten Kubu Raya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre-eksperimental. Dan Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design yaitu rancangan satu kelompok yang menggunakan dua kali tes yaitu sebelum dan sesudah perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 31 siswa. sedangkan Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meggunakan teknik pengukuran dan alat pengumpulan data yaitu tes hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum, sesudah, dan pengaruh setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Hasil analisis data dan penarikan kesimpulan diperoleh data sebagai berikut: (1) Rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebesar 43,4 tergolong kurang. (2) Rata-rata hasil belajar siswa sesudah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw 68,6. tergolong baik.
Downloads
References
Aswirna, P. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap pemahaman konsep fisika siswa di MTsN Piladang Kabupaten Lima Puluh Kota. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 4(1), 503-515.
Farida, L. N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas Iv Sd Muhammadiyah Program Plus Besuki Tulungagung.
Hermawan, K. M. (2017). Manajemen Program Bimbingan dan Konseling di Madrasah (Penelitian di MTs Negeri Ciparay Kabupaten Bandung) (Doctoral dissertation, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG).
Sandi, C. A. K., Saptani, E., & Suherman, A. (2009). Pengaruh Metode Latihan Kelincahan Terhadap Keterampilan Dribbling Bola Pada Permainan Sepakbola. SpoRTIVE, 3(1), 41-50.
Sunardi, S., Handhika, J., & Sasono, M. (2017, August). Efektivitas pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw Dan TGT ditinjau dari kemampuan berpikir tingkat tinggi. In Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika) (pp. 230-233).
Usmadi, U. (2020). Pengujian persyaratan analisis (Uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1).
Wicaksono, M. D. (2020). Pemanfaatan Google Classroom dalam Strategi Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii. Inspirasi (Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial), 17(1).
Copyright (c) 2022 Vindo Feladi, Azhari Alqadrie, Lisius Irvanka
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.