KONSEP PEACE EDUCATION DALAM SERAT WEDHATAMA PERSPEKTIF MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

  • M. Akkrom Tunjung P STAI An Najah Indonesia Mandiri Sidoarjo, Indonesia
  • Fathul Fauzi STAI An Najah Indonesia Mandiri Sidoarjoe
Keywords: Peace education, Serat Wedhatama, Manajemen Pendidikan, Pendidikan Islam

Abstract

Konsep Peace Education dalam Serat Wedhatama nantinya diharapkan seluruh elemen yang berada di lingkungan lembaga pendidikan dapat bersama-sama untuk bersinergi dalam membangun dan mengembangkan pendidikan yang damai, berbudi luhur serta tetap dapat melestarikan budaya tanpa harus keluar dari koridor manajemen pendidikan yang berlandaskan ajaran agama islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji lebih lanjut terkait pendidikan perdamaian yang termaktub dalam Serat Wedhatama. Pendekatan yang peneliti gunakan adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (library research) dengan sumber data primer sumber utama yaitu Serat Wedhatama karya KGPAA Mangkunegara IV yang telah diterbitkan kembali oleh penerbit BACA dengan judul Serat Wedhatama for Our Time: Membangun Kesadaran untuk Kembali ke Jati Diri, Tangerang pada tahun 2016 oleh Achmad Chodjim. Metode pengumpulan data adalah metode dokumentasi. Metode analisis data dengan menggunakan metode content analysis dan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam ajaran serta nasihat Serat Wedhatama ditemukan sejumlah bait isi yang mengajak pada suatu kebaikan dimana termasuk dalam kategori Positive Peace. Dan di dalam sejumlah bait isi yang lain dinyatakan termasuk dalam kategori Negative Peace yakni mencegah perbuatan yang menyimpang atau tercela. Adapun hal tersebut merupakan selaras dengan upaya manajemen dalam pendidikan yang berlandaskan ajaran agama Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Fathul Fauzi, STAI An Najah Indonesia Mandiri Sidoarjoe

STAI An Najah Indonesia Mandiri Sidoarjoe

References

-, P. (2015). NILAI THEOLOGIS DALAM SERAT WEDHATAMA. Diksi, 14(1). https://doi.org/10.21831/diksi.v14i1.6550

Andini, G. T. (2019). MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(2). https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5008

Hajir, B., & Kester, K. (2020). Toward a Decolonial Praxis in Critical Peace Education: Postcolonial Insights and Pedagogic Possibilities. Studies in Philosophy and Education, 39(5). https://doi.org/10.1007/s11217-020-09707-y

Lehner, D. (2021). A poiesis of peace: imagining, inventing & creating cultures of peace. The qualities of the artist for peace education. Journal of Peace Education, 18(2). https://doi.org/10.1080/17400201.2021.1927686

Mahmudi, I. (2017). Islam, Budaya Gotong Royong Dan Kearifan Lokal. Jurnal Penelitian IPTEKS, 2(2).

Mustofa, F. (2020). Epistemological approach to understand religious principles in serat wedhatama. In Forum for World Literature Studies (Vol. 12, Issue 4).

Oktanisa, S., Marshinta, F. U., Maja, I., & Wasiran, Y. (2021). PEMAHAMAN IDEOLOGI PANCASILA PADA ASPEK AGAMA DALAM MENCEGAH INTOLERANSI, RADIKALISME DAN TERORISME. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1).

Prasetyo, D., D.E., R., & Poniman, P. (2019). Serat Wedatama K.G.P.A.A Mangkunegara IV (Kajian Teologi Hindu). Jurnal Penelitian Agama Hindu, 3(1). https://doi.org/10.25078/jpah.v3i1.823

Prasetyo, D., & Irwansyah. (2020). MEMAHAMI MASYARAKAT DAN PERSPEKTIFNYA. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 1(1). https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1.253

Pujiartati, R., Joebagio, H., & Sariyatun, S. (2019). Pembelajaran Sejarah Berbasis Nilai-nilai Serat Wedhatama untuk Menumbuhkan Etika dan Moral Siswa. Yupa: Historical Studies Journal, 1(1). https://doi.org/10.30872/yupa.v1i1.90

Purwadi. (2017). NILAI THEOLOGIS DALAM SERAT WEDHATAMA. DIKSI, Vol 14, No.

Putri, A. S. (2020). Potensi Sumber Daya Alam Indonesia. Kompas.Com.

Putro, R. P., Rohmadi, M., & Rakhmawati, A. (2021). Islamic Religiusity In Serat Wedhatama Pupuh Gambuh. IBDA` : Jurnal Kajian Islam Dan Budaya, 19(2). https://doi.org/10.24090/ibda.v19i2.4520

Sudrajat, S., Suryo, D., & Siswoyo, D. (2018). Moral Values of Javanese Leader in Serat Wedhatama. Asian Social Science, 14(3). https://doi.org/10.5539/ass.v14n3p49

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (1st ed.). Penerbit Alfabeta.

Suryana, S. (2020). PERMASALAHAN MUTU PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF PEMBANGUNAN PENDIDIKAN. Edukasi, 14(1). https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971

Sutarno, S., & Barida, M. (2017). Kajian Bahan Bimbingan dan Konseling dalam Serat Wedhatama. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(3). https://doi.org/10.17977/um001v2i32017p114

Velez, G. M., & Gerstein, L. H. (2021). Supporting peaceful individuals, groups, and societies: Peace psychology and peace education. Peace and Conflict, 27(2). https://doi.org/10.1037/pac0000541

Wibawa, S. (2016). FILSAFAT JAWA DALAM SERAT WEDHATAMA. Jurnal IKADBUDI, 2(12). https://doi.org/10.21831/ikadbudi.v2i12.12094

Zedi Muttaqin, W. W. (2019). Pemahaman dan Implementasi Ideologi Pancasila di Kalangan Generasi Muda. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(2).

Published
2023-01-11
How to Cite
Akkrom Tunjung P, M., & Fauzi, F. (2023). KONSEP PEACE EDUCATION DALAM SERAT WEDHATAMA PERSPEKTIF MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 234-241. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.634
Section
Articles