KONSEP PEACE EDUCATION DALAM SERAT WEDHATAMA PERSPEKTIF MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Konsep Peace Education dalam Serat Wedhatama nantinya diharapkan seluruh elemen yang berada di lingkungan lembaga pendidikan dapat bersama-sama untuk bersinergi dalam membangun dan mengembangkan pendidikan yang damai, berbudi luhur serta tetap dapat melestarikan budaya tanpa harus keluar dari koridor manajemen pendidikan yang berlandaskan ajaran agama islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji lebih lanjut terkait pendidikan perdamaian yang termaktub dalam Serat Wedhatama. Pendekatan yang peneliti gunakan adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (library research) dengan sumber data primer sumber utama yaitu Serat Wedhatama karya KGPAA Mangkunegara IV yang telah diterbitkan kembali oleh penerbit BACA dengan judul Serat Wedhatama for Our Time: Membangun Kesadaran untuk Kembali ke Jati Diri, Tangerang pada tahun 2016 oleh Achmad Chodjim. Metode pengumpulan data adalah metode dokumentasi. Metode analisis data dengan menggunakan metode content analysis dan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam ajaran serta nasihat Serat Wedhatama ditemukan sejumlah bait isi yang mengajak pada suatu kebaikan dimana termasuk dalam kategori Positive Peace. Dan di dalam sejumlah bait isi yang lain dinyatakan termasuk dalam kategori Negative Peace yakni mencegah perbuatan yang menyimpang atau tercela. Adapun hal tersebut merupakan selaras dengan upaya manajemen dalam pendidikan yang berlandaskan ajaran agama Islam.
Downloads
References
-, P. (2015). NILAI THEOLOGIS DALAM SERAT WEDHATAMA. Diksi, 14(1). https://doi.org/10.21831/diksi.v14i1.6550
Andini, G. T. (2019). MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(2). https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5008
Hajir, B., & Kester, K. (2020). Toward a Decolonial Praxis in Critical Peace Education: Postcolonial Insights and Pedagogic Possibilities. Studies in Philosophy and Education, 39(5). https://doi.org/10.1007/s11217-020-09707-y
Lehner, D. (2021). A poiesis of peace: imagining, inventing & creating cultures of peace. The qualities of the artist for peace education. Journal of Peace Education, 18(2). https://doi.org/10.1080/17400201.2021.1927686
Mahmudi, I. (2017). Islam, Budaya Gotong Royong Dan Kearifan Lokal. Jurnal Penelitian IPTEKS, 2(2).
Mustofa, F. (2020). Epistemological approach to understand religious principles in serat wedhatama. In Forum for World Literature Studies (Vol. 12, Issue 4).
Oktanisa, S., Marshinta, F. U., Maja, I., & Wasiran, Y. (2021). PEMAHAMAN IDEOLOGI PANCASILA PADA ASPEK AGAMA DALAM MENCEGAH INTOLERANSI, RADIKALISME DAN TERORISME. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1).
Prasetyo, D., D.E., R., & Poniman, P. (2019). Serat Wedatama K.G.P.A.A Mangkunegara IV (Kajian Teologi Hindu). Jurnal Penelitian Agama Hindu, 3(1). https://doi.org/10.25078/jpah.v3i1.823
Prasetyo, D., & Irwansyah. (2020). MEMAHAMI MASYARAKAT DAN PERSPEKTIFNYA. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 1(1). https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1.253
Pujiartati, R., Joebagio, H., & Sariyatun, S. (2019). Pembelajaran Sejarah Berbasis Nilai-nilai Serat Wedhatama untuk Menumbuhkan Etika dan Moral Siswa. Yupa: Historical Studies Journal, 1(1). https://doi.org/10.30872/yupa.v1i1.90
Purwadi. (2017). NILAI THEOLOGIS DALAM SERAT WEDHATAMA. DIKSI, Vol 14, No.
Putri, A. S. (2020). Potensi Sumber Daya Alam Indonesia. Kompas.Com.
Putro, R. P., Rohmadi, M., & Rakhmawati, A. (2021). Islamic Religiusity In Serat Wedhatama Pupuh Gambuh. IBDA` : Jurnal Kajian Islam Dan Budaya, 19(2). https://doi.org/10.24090/ibda.v19i2.4520
Sudrajat, S., Suryo, D., & Siswoyo, D. (2018). Moral Values of Javanese Leader in Serat Wedhatama. Asian Social Science, 14(3). https://doi.org/10.5539/ass.v14n3p49
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (1st ed.). Penerbit Alfabeta.
Suryana, S. (2020). PERMASALAHAN MUTU PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF PEMBANGUNAN PENDIDIKAN. Edukasi, 14(1). https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971
Sutarno, S., & Barida, M. (2017). Kajian Bahan Bimbingan dan Konseling dalam Serat Wedhatama. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(3). https://doi.org/10.17977/um001v2i32017p114
Velez, G. M., & Gerstein, L. H. (2021). Supporting peaceful individuals, groups, and societies: Peace psychology and peace education. Peace and Conflict, 27(2). https://doi.org/10.1037/pac0000541
Wibawa, S. (2016). FILSAFAT JAWA DALAM SERAT WEDHATAMA. Jurnal IKADBUDI, 2(12). https://doi.org/10.21831/ikadbudi.v2i12.12094
Zedi Muttaqin, W. W. (2019). Pemahaman dan Implementasi Ideologi Pancasila di Kalangan Generasi Muda. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(2).
Copyright (c) 2023 M. Akkrom Tunjung P, Fathul Fauzi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.