URGENSI KARAKTERISTIK INOVASI PENDIDIKAN TINGGI ISLAM
Abstract
Pendidikan tinggi masih sering mendapatkan kritikan karena menerapkan pembelajaran yang terfragmentasi dari masalah kehidupan nyata. Sehingga perlu adanya pendekatan pembelajaran yang mampu menjembatani kesenjangan antara pendidikan di perguruan tinggi dengan praktik di kehidupan nyata. Penelitian ini menggunakan penelitian library research atau penelitian pustaka. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan ada dua sumber data yang akan dipakaii dalam penelitian ini. Pertama, sumber data primer yakni buku-buku referensi yang menjadi sumber utama dalam penelitian. Kedua, sumber data sekunder adalah sumber referensi pendukung dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik content analysis yang diterjemahkan dengan analisis isi atau kajian isi. Hasil penelitiannya inovasi di pendidikan tinggi semakin meningkat dalam hal diskusi dan penelitian. Dalam konteks pendidikan tinggi, inovasi pembelajaran tidak hanya membutuhkan disrupsi model pengajaran konservatif tetapi juga peran perguruan tinggi itu sendiri, yang telah lama berperan sebagai produsen dan pemegang pengetahuan dan yang telah disesuaikan dengan perubahan struktural yang terjadi dalam proses pembelajaran dari waktu ke waktu. Model-model Inovasi Pendidikan dapat dikelompokkan 1) Invention (Penemuan), 2) Development (Pengembangan), 3) Diffusion (Penyebaran).Sedangkan karakteristik inovasi pendidikan adalah 1) Relative advantage, artinya relatif berguna dibandingkan dengan yang telah ada sebelumnya. 2) Compatibility, artinya apakah inovasi tersebut akan konsisten terhadap nilai-nilai, pengalaman dan kebutuhan para adopter. 3) Testability, artinya seberapa jauh inovasi tersebut bisa diujicobakan di sekolah-sekolah atau di lembaga pendidikan. 4) Observability, artinya apakah inovasi tersebut dapat diperlihatkan secara nyata hasilnya kepada para peserta didik dan Apakah kita bisa melihat variasi-variasi saat mengaplikasikan inovasi tersebut. 5) Complexity, artinya apakah guru-guru memerlukan pelatihan untuk mengaplikasikan inovasi tersebut dan apakah akan menambah tugas kerja guru. Urgensi inovasi pendidikan tinggi ini adalah: 1) Pembaruan pendidikan sebagai tanggapan baru terhadap masalah pendidikan. 2) Inovasi pendidikan sebagai upaya untuk mengembangkan pendekatan yang lebih efektif dan ekonomis. Inovasi pendidikan dapat berfungsi sebagai arah baru dalam dunia kependidikan yang berfungsi sebagai alternatif untuk memecahkan masalah pendidikan yang belum dapat diatasi dengan cara konvensional secara tuntas.
Downloads
References
Abdurrahmat, F. (2016). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi,. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Coman, C., Țîru, L. G., Meseșan-Schmitz, L., Stanciu, C., & Bularca, M. C. (2020). Online Teaching and Learning in Higher Education during the Coronavirus Pandemic: Students’ Perspective. Sustainability, 12(14), 10367.
Firmansyah, F. (2022). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum (Studi Kasus Di Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung). al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 99. https://doi.org/10.33477/alt.v7i1.2929
Fitri, A. Z., & Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Mixed method dan Research and Development. Malang: Madani Media.
Haryanti, N. (2019). Metode Penelitian Ekonomi. Bandung: Manggu.
Haryanti, N., & Hidayati, Y. (2022). Inovasi Model Aplikasi Pembelajaran Online Daring di Sekolah. Purbalingga: Eurika Media Aksara.
Mashudi. (2021). Inovasi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi : Studi Kasus di Institut Agama Islam Negeri Jember. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 04(01), 13–29.
Munib, A. (2016). Karakteristik Inovasi Pendidikan di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Jurnal Al-Ulum, 3(1), 75–85.
Musfiqon, M., & Nurdyansyah, N. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Learning Center.
Noeng, M. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif: Telaah Positifistik, Rasionalistik, Realisme Metaphisik. Yogyakarat: Rake Sarasin.
Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Learning Center.
Nurdyansyah, N., & Widodo, A. (2015). Menejemen Sekolah Berbasis ICT. Sidoarjo: Nizamia Learning CenteR.
Pidarta, M. (2020). Landasan Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Rusdiana, H. A. (2014). Konsep Inovasi Pendidikan. Yogyakarta: CV. Pustaka Setia.
Sa’ud, U. S. (2018). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Salahuddin, A. (2019). Fisafat Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Salam, B. (2017). Pengantar Pedagogik (dasar-dasar ilmu mendidik). Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjaya, W. (2018). Kurikulum dan Pembelajaran : Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikakan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Soejono, & Abdurrahman. (2019). Metode Penelitian: Suatu Pemikiran dan Penerapan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Soemanto, W. (2015). Petunjuk untuk Pembinaan Pendidikan. Surabaya: Usaha NasionaL.
Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tanzeh, A. (2009). Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Teras.
Taufiq, A. (2018). Paradigma Baru Pendidikan Tinggi dan Makna Kuliah Bagi Mahasiswa. MADANI Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan, 10(1), 34–52.
Teixeira, S. J., Veiga, P. M., & Fernandes, C. A. (2019). The knowledge transfer and cooperation between universities and enterprises. Knowledge Management Research & Practice, 17(4), 449–460.
Wijaya, C. (2018). Upaya Pembahruan dalam Pendidikan Dan Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yudi Setiadi, N. I. (2021). Inovasi Pendidikan Harun Nasution di Perguruan Tinggi Islam. International Conference on Islamic Education, 1(1), 97–110. Diambil dari http://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/ICIE/article/view/27
Copyright (c) 2022 Sukinem Sukinem, Muslimah Muslimah, Tutut Sholihah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.