URGENSI KARAKTERISTIK INOVASI PENDIDIKAN TINGGI ISLAM

  • Sukinem Sukinem Mahasiswa Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam IAIN Palangkaraya, Indonesia
  • Muslimah Muslimah Dosen IAIN Palangka Raya, Indonesia
  • Tutut Sholihah Dosen IAIN Palangka Raya, Indonesia
Keywords: Inovasi, Pendidikan Tinggi Islam

Abstract

 Pendidikan tinggi masih sering mendapatkan kritikan karena menerapkan pembelajaran yang terfragmentasi dari masalah kehidupan nyata. Sehingga perlu adanya pendekatan pembelajaran yang mampu menjembatani kesenjangan antara pendidikan di perguruan tinggi dengan praktik di kehidupan nyata. Penelitian ini menggunakan penelitian library research atau penelitian pustaka. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan ada dua sumber data yang akan dipakaii dalam penelitian ini. Pertama, sumber data primer yakni  buku-buku referensi yang menjadi sumber utama dalam penelitian. Kedua, sumber data sekunder adalah sumber referensi pendukung dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik content analysis yang diterjemahkan dengan analisis isi atau kajian isi.   Hasil penelitiannya  inovasi di pendidikan tinggi semakin meningkat dalam hal diskusi dan penelitian. Dalam konteks pendidikan tinggi, inovasi pembelajaran tidak hanya membutuhkan disrupsi model pengajaran konservatif tetapi juga peran perguruan tinggi itu sendiri, yang telah lama berperan sebagai produsen dan pemegang pengetahuan dan yang telah disesuaikan dengan perubahan struktural yang terjadi dalam proses pembelajaran dari waktu ke waktu.   Model-model Inovasi Pendidikan dapat dikelompokkan 1) Invention (Penemuan), 2) Development (Pengembangan), 3) Diffusion (Penyebaran).Sedangkan karakteristik inovasi pendidikan adalah 1) Relative advantage, artinya relatif berguna dibandingkan dengan yang telah ada sebelumnya. 2) Compatibility, artinya apakah inovasi tersebut akan konsisten terhadap nilai-nilai, pengalaman dan kebutuhan para adopter. 3) Testability, artinya seberapa jauh inovasi tersebut bisa diujicobakan di sekolah-sekolah atau di lembaga pendidikan. 4) Observability, artinya apakah inovasi tersebut dapat diperlihatkan secara nyata hasilnya kepada para peserta didik dan Apakah kita bisa melihat variasi-variasi saat mengaplikasikan inovasi tersebut. 5) Complexity, artinya apakah guru-guru memerlukan pelatihan untuk mengaplikasikan inovasi tersebut dan apakah akan menambah tugas kerja guru.  Urgensi inovasi pendidikan tinggi ini adalah: 1) Pembaruan pendidikan sebagai tanggapan baru terhadap masalah pendidikan.  2) Inovasi pendidikan sebagai upaya untuk mengembangkan pendekatan yang lebih efektif dan ekonomis.  Inovasi pendidikan   dapat berfungsi sebagai arah baru dalam dunia kependidikan yang berfungsi sebagai alternatif untuk memecahkan masalah pendidikan yang belum dapat diatasi dengan cara konvensional secara tuntas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahmat, F. (2016). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi,. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Coman, C., Țîru, L. G., Meseșan-Schmitz, L., Stanciu, C., & Bularca, M. C. (2020). Online Teaching and Learning in Higher Education during the Coronavirus Pandemic: Students’ Perspective. Sustainability, 12(14), 10367.

Firmansyah, F. (2022). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum (Studi Kasus Di Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung). al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 99. https://doi.org/10.33477/alt.v7i1.2929

Fitri, A. Z., & Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Mixed method dan Research and Development. Malang: Madani Media.

Haryanti, N. (2019). Metode Penelitian Ekonomi. Bandung: Manggu.

Haryanti, N., & Hidayati, Y. (2022). Inovasi Model Aplikasi Pembelajaran Online Daring di Sekolah. Purbalingga: Eurika Media Aksara.

Mashudi. (2021). Inovasi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi : Studi Kasus di Institut Agama Islam Negeri Jember. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 04(01), 13–29.

Munib, A. (2016). Karakteristik Inovasi Pendidikan di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Jurnal Al-Ulum, 3(1), 75–85.

Musfiqon, M., & Nurdyansyah, N. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Learning Center.

Noeng, M. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif: Telaah Positifistik, Rasionalistik, Realisme Metaphisik. Yogyakarat: Rake Sarasin.

Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Learning Center.

Nurdyansyah, N., & Widodo, A. (2015). Menejemen Sekolah Berbasis ICT. Sidoarjo: Nizamia Learning CenteR.

Pidarta, M. (2020). Landasan Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rusdiana, H. A. (2014). Konsep Inovasi Pendidikan. Yogyakarta: CV. Pustaka Setia.

Sa’ud, U. S. (2018). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Salahuddin, A. (2019). Fisafat Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Salam, B. (2017). Pengantar Pedagogik (dasar-dasar ilmu mendidik). Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, W. (2018). Kurikulum dan Pembelajaran : Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikakan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Soejono, & Abdurrahman. (2019). Metode Penelitian: Suatu Pemikiran dan Penerapan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Soemanto, W. (2015). Petunjuk untuk Pembinaan Pendidikan. Surabaya: Usaha NasionaL.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tanzeh, A. (2009). Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Teras.

Taufiq, A. (2018). Paradigma Baru Pendidikan Tinggi dan Makna Kuliah Bagi Mahasiswa. MADANI Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan, 10(1), 34–52.

Teixeira, S. J., Veiga, P. M., & Fernandes, C. A. (2019). The knowledge transfer and cooperation between universities and enterprises. Knowledge Management Research & Practice, 17(4), 449–460.

Wijaya, C. (2018). Upaya Pembahruan dalam Pendidikan Dan Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yudi Setiadi, N. I. (2021). Inovasi Pendidikan Harun Nasution di Perguruan Tinggi Islam. International Conference on Islamic Education, 1(1), 97–110. Diambil dari http://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/ICIE/article/view/27

Published
2022-10-26
How to Cite
Sukinem, S., Muslimah, M., & Sholihah, T. (2022). URGENSI KARAKTERISTIK INOVASI PENDIDIKAN TINGGI ISLAM. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 859-873. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.619
Section
Articles