PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI MENGGOLONGKAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA KELAS V SD NEGERI 2 GETAS KECAMATAN TANJUNGANOM KABUPATEN NGANJUK
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pengembangan media pop up book pada pembelajaran IPA materi menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya kelas V SD Negeri 2 Getas Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. Jenis Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Develoment) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation), dengan subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 2 Getas sedangkan instrumen pengumpulan data ini berupa observasi, angket dan soal tes lalu validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan media ini yaitu (1) Kevalidan media pop up book memperoleh dari ahli media yaitu 88% dan ahli materi 86% kategori sangat valid dan layak digunakan dalam penelitian. (2) Kepraktisan media pop up book dari respon guru memperoleh 94% yang dapat respon positif dan sangat setuju untuk digunakan penelitian. Begitupun respon siswa saat uji coba terbatas dan luas dapat 91% dan 97% respon baik terhadap media. (3) Keefektifan media pop up book dalam ketuntasan pembelajaran secara klasikal pada saat uji coba terbatas dan luas masuk kategori sangat efektif dengan memperoleh 80% dan 100% tuntas dalam soal posttes. Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa media pop up book yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam mendukung proses pembelajaran.
Downloads
References
Akbar, Sa’dun. 2017. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosda Karya
Angkowo, Robertus dan A. Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta : PT Grasindo
Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : PT.Raja Grafindo persada
Amalia, Aniq. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Macam-Macam Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Melalui Media Pop-Up Book Pada Siswa Kelas Iv Mi Ma’arif Kumpulrejo 02 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Fakultas tarbiah dan ilmu keguruan. IAIN Salatiga. (online). Tersedia http:2-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/4664/ diunduh pada 05 Desember 2021
Anggraini, W., Nurwahidah, S., Asyhari, A., Reftyawati, D., & Haka, N. B. (2019). Development of Pop-Up Book Integrated with Quranic Verses Learning Media on Temperature and Changes in Matter. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1). (online) diunduh pada 04 Februari 2022
Branch. 2009. intructional design the addie approach. springer new york dordrecht heidelberg: london.
Dzuanda. 2011. Perancang Buku Cerita Anak Pop Up, Tokoh-Tokoh Wayang seri “Gatotkaca” (Tugas Akhir). Surabaya: Intitut Teknologi Sepuluh November Surabaya.(online). Tersedia pada https://123dok.com diunduh pada 25 Januari 2022
Djijar, D, C. 2015. Efektivitas Media Pop Up Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Cerita pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Sekolah Dasar. Fakultas Tarbiah Dan Keguruan. Universitas Islam Negri Malang. (online). Tersedia http://etheses.uin-malang.ac.id diunduh pada 02 Februari 2022
Diyahulhaq. 2017. RPAL (Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap Plus Sisipan Nilai Islami). Jakarta : wahyu Qolbu.
Dewi Pitaloka, Cyntia. 2018. Pengembangan media flipbook pada materi mengidentifikasi sifat sifat bangun datar siswa kelas V SD. Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Fahchul, Mubarok Febrianto. 2014. Penerapan media Dalam Bentuk Pop Up Book Pada Pembelajaran Unsur Unsur rupa untuk siswa kelas 2 SDNU kanjeng sepuh sidayu gresik. Vol.2 No 2. (online). Diunduh pada 21 Juni 2022
Khoiriyah Evi. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SDN 3 Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol.2 No.2, (online), Diunduh pada 10 Juni 2022
Kustandi, C, B. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia.
Lizuka, S. et al. 2011. “An Interactive Design System for Pop-Up Cards With Physical Simulation “. International Journal of Computer Graphich. Vol.27, No. 6-8. Page 605 -612. USA : Springer-Verlag New York.
Lianingsih, Fitri.2019. Super Modul IPA Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: PT Grasindo.
Masturah, Elisa Diah, Luh Putu, Putrini Mahadewi, and Alexander Hamonangan Simamora. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iii Sekolah Dasar Setiap Warga Negara Indonesia. 6:212–21.
Nurjannah., dan khairani. 2019. Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri Pasi Pinang Kecamatan Meureubo. Jurnal Genta Ilmiah. Vol. X No. 1
Okamura, S. 2010. An Asisstant Interface to Design and Produce A Pop-Up Card. International Journal of Creative Interfaces and Computer Graphich. Vol.1, No.2. Page 40-50. USA : IGI Publishing Hershey.
Oyana, Ibnu Fatkhu, V. I. Cita-citaku Handayani, Diana EndahSubtema, and Feni Fadzilah. 2019. “Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran Tema.” 3:223–30.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: kencana.
Sugiono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Sukmadinata, Nana S. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.
Sentarik, I. Kadek, and Nyoman Kusmariyatni. 2020. “Media Pop-Up Book Pada Topik Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar.” 4(2):197–208.
Suparno, P. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. yogyakarta: penerbit kanisius.
Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta : Kata Pena.
Widoyoko, Eko Putro.2012. Teknik Penyusunan Intrumen Penelitian. Pustaka Pelajar: Yogyakarta
Copyright (c) 2022 Moh. Nashir Andrian, Kukuh Andri Aka, Bagus Amirul Mukmin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.