ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN CACAH KELAS 3 SEKOLAH DASAR

  • Alfina Rahmatin Pendidikan Tenaga pendidik Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ismail Marzuki Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Gresik
Keywords: Analisis Kesulitan Belajar; Operasi Hitung Campuran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesutilan siswa dalam mengerjakan soal pada materi operasi hitung campuran bilangan cacah. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SD Negeri 219 Gresik. Jenis penelitiannya ialah deskriptif kualitatif yaitu mengambarkan peristiwa dengan data yang terjadi dilapangan. Subjek yang diteliti ialah siswa kelas 3 yang terdiri dari 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis yang dikerjakan oleh siswa. Instrumen tes yang diberikan sebagnyak 5 butir soal uraian. Dari hasil rekapitulasi kesulitan siswa dalam mengerjakan soal menyatakan bahwa kesulitan siswa dalam mengerjakan soal materi operasi hitung campuran bilangan cacah ini tergolong sangat tinggi dan mendapatkan persentase rata-rata keseluruhan yaitu 80,75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa pada materi operasi hitung campuran bilangan cacah diantaranya: 1) kesulitan dalam memahami masalah yang akan diselesaikan pada soal matematika; 2) kesulitan dalam merencanakan pemecahan yakni menggunakan rumus/cara yang sesuai dengan permasalahan; 3) kesulitan dalam menyelesaikan masalah soal berkaitan dengan materi operasi hitung bilangan cacah (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian); 4) kesulitan dalam memeriksa kembali masalah yang telah di selesaikan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ismail Marzuki, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Gresik

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Gresik

References

Agusta, E. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 61–75.

Anditiasari, N. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Abk (Tuna Rungu) Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 183–194. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.162

Annisah, S., & Masfiah, S. (2021). Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19 Meningkatkan Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 1(1), 61–70. https://doi.org/10.23971/jpsp.v1i1.2812

Anugrahana, A. (2020). Analisis Kesalahan Matematika Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Sigma, 5(2), 91. https://doi.org/10.36513/sigma.v5i2.791

Cavadini, T., Richard, S., Dalla-Libera, N., & Gentaz, E. (2021). Emotion knowledge, social behaviour and locomotor activity predict the mathematic performance in 706 preschool children. Scientific Reports, 11(1). https://doi.org/10.1038/s41598-021-93706-7

Fitri, N. W., Subarinah, S., & Turmuzi, M. (2019). Analisis Kesalahan Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Turunan Pada Siswa Kelas XII. MANDALIKA Mathematics and Educations Journal, 1(2), 66. https://doi.org/10.29303/mandalika.v1i2.1559

Juwita, E. N., & Kelana, J. B. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Pecahan Siswa SD Kelas iii Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing. Collase, 04(02).

Liu, J., Sun, M., Dong, Y., Xu, F., Sun, X., & Zhou, Y. (2022). The Mediating Effect of Creativity on the Relationship Between Mathematic Achievement and Programming Self-Efficacy. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.772093

Malasari, S., Kurniawati, L. A., & Martanti, I. F. R. (2021). Students’ Perceptions on the Implementation of Blended Learning in English for Mathematics. Metathesis: Journal of English Language, Literature, and Teaching, 4(3). https://doi.org/10.31002/metathesis.v4i3.3314

Murtiyasa, B., & Wulandari, V. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Materi Bilangan Pecahan Berdasarkan Teori Newman. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 713. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2795

Mutaqin, E. J. (2017). Analisis Learning Trajectory Matematis Dalam Konsep Perkalian Bilangan Cacah Di Kelas Rendah Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 19–33. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13054

Nasution, M. K. M., Salim Sitompul, O., Nasution, S., Aulia, I., & Elveny, M. (2020). Mathematic. Journal of Physics: Conference Series, 1566(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1566/1/012030

Nengsih, G. A., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Materi Operasi Bilangan Cacah Siswa Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 293. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9941

Nurrohmah, S., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Lingkaran. PRISMA, 9(2). https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.955

Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2). https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Rosydiana, A.-. (2017). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Pemecahan Masalah Polya. Mathematics Education Journal, 1(1), 54. https://doi.org/10.22219/mej.v1i1.4550

Rudi Haryadi, H. N. A. K. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. At-Ta`lim : Jurnal Pendidikan, 7(1).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (1st ed.). Penerbit Alfabeta.

Suprabawa, N., Suarjana, I. M., & ... (2019). Analisis Kemampuan Siswa Kelas IV Menyelesaikan Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat. Mimbar Pgsd …, 7(1), 37–43.

Syavira, V. F., & Novtiar, C. (2021). Analisis Kesalahan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaiakan Soal Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah Dan Pecahan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(6), 1671–1678. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1671-1678

Tang, Y., & Wang, S. (2020). Mathematic modeling of COVID-19 in the United States. In Emerging Microbes and Infections (Vol. 9, Issue 1). https://doi.org/10.1080/22221751.2020.1760146

Tasya, R. N. N., Rahayu, E. S., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kesalahan Operasi Hitung Siswa Smk Pada Materi Matriks Dengan Pedekatan Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 1851–1853.

Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120–1129.

Zakiyah, E., Handayani, T., & Sofyan, F. A. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Campuran Siswa Kelas IV di MI Hijriyah II Palembang. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 41. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3006

Published
2022-09-15
How to Cite
Rahmatin, A., & Marzuki, I. (2022). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN CACAH KELAS 3 SEKOLAH DASAR. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 786-799. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.573
Section
Articles