ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN CACAH KELAS 3 SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesutilan siswa dalam mengerjakan soal pada materi operasi hitung campuran bilangan cacah. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SD Negeri 219 Gresik. Jenis penelitiannya ialah deskriptif kualitatif yaitu mengambarkan peristiwa dengan data yang terjadi dilapangan. Subjek yang diteliti ialah siswa kelas 3 yang terdiri dari 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis yang dikerjakan oleh siswa. Instrumen tes yang diberikan sebagnyak 5 butir soal uraian. Dari hasil rekapitulasi kesulitan siswa dalam mengerjakan soal menyatakan bahwa kesulitan siswa dalam mengerjakan soal materi operasi hitung campuran bilangan cacah ini tergolong sangat tinggi dan mendapatkan persentase rata-rata keseluruhan yaitu 80,75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa pada materi operasi hitung campuran bilangan cacah diantaranya: 1) kesulitan dalam memahami masalah yang akan diselesaikan pada soal matematika; 2) kesulitan dalam merencanakan pemecahan yakni menggunakan rumus/cara yang sesuai dengan permasalahan; 3) kesulitan dalam menyelesaikan masalah soal berkaitan dengan materi operasi hitung bilangan cacah (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian); 4) kesulitan dalam memeriksa kembali masalah yang telah di selesaikan.
Downloads
References
Agusta, E. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 61–75.
Anditiasari, N. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Abk (Tuna Rungu) Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 183–194. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.162
Annisah, S., & Masfiah, S. (2021). Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19 Meningkatkan Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 1(1), 61–70. https://doi.org/10.23971/jpsp.v1i1.2812
Anugrahana, A. (2020). Analisis Kesalahan Matematika Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Sigma, 5(2), 91. https://doi.org/10.36513/sigma.v5i2.791
Cavadini, T., Richard, S., Dalla-Libera, N., & Gentaz, E. (2021). Emotion knowledge, social behaviour and locomotor activity predict the mathematic performance in 706 preschool children. Scientific Reports, 11(1). https://doi.org/10.1038/s41598-021-93706-7
Fitri, N. W., Subarinah, S., & Turmuzi, M. (2019). Analisis Kesalahan Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Turunan Pada Siswa Kelas XII. MANDALIKA Mathematics and Educations Journal, 1(2), 66. https://doi.org/10.29303/mandalika.v1i2.1559
Juwita, E. N., & Kelana, J. B. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Pecahan Siswa SD Kelas iii Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing. Collase, 04(02).
Liu, J., Sun, M., Dong, Y., Xu, F., Sun, X., & Zhou, Y. (2022). The Mediating Effect of Creativity on the Relationship Between Mathematic Achievement and Programming Self-Efficacy. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.772093
Malasari, S., Kurniawati, L. A., & Martanti, I. F. R. (2021). Students’ Perceptions on the Implementation of Blended Learning in English for Mathematics. Metathesis: Journal of English Language, Literature, and Teaching, 4(3). https://doi.org/10.31002/metathesis.v4i3.3314
Murtiyasa, B., & Wulandari, V. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Materi Bilangan Pecahan Berdasarkan Teori Newman. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 713. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2795
Mutaqin, E. J. (2017). Analisis Learning Trajectory Matematis Dalam Konsep Perkalian Bilangan Cacah Di Kelas Rendah Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 19–33. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13054
Nasution, M. K. M., Salim Sitompul, O., Nasution, S., Aulia, I., & Elveny, M. (2020). Mathematic. Journal of Physics: Conference Series, 1566(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1566/1/012030
Nengsih, G. A., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Materi Operasi Bilangan Cacah Siswa Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 293. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9941
Nurrohmah, S., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Lingkaran. PRISMA, 9(2). https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.955
Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2). https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88
Rosydiana, A.-. (2017). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Pemecahan Masalah Polya. Mathematics Education Journal, 1(1), 54. https://doi.org/10.22219/mej.v1i1.4550
Rudi Haryadi, H. N. A. K. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. At-Ta`lim : Jurnal Pendidikan, 7(1).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (1st ed.). Penerbit Alfabeta.
Suprabawa, N., Suarjana, I. M., & ... (2019). Analisis Kemampuan Siswa Kelas IV Menyelesaikan Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat. Mimbar Pgsd …, 7(1), 37–43.
Syavira, V. F., & Novtiar, C. (2021). Analisis Kesalahan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaiakan Soal Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah Dan Pecahan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(6), 1671–1678. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1671-1678
Tang, Y., & Wang, S. (2020). Mathematic modeling of COVID-19 in the United States. In Emerging Microbes and Infections (Vol. 9, Issue 1). https://doi.org/10.1080/22221751.2020.1760146
Tasya, R. N. N., Rahayu, E. S., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kesalahan Operasi Hitung Siswa Smk Pada Materi Matriks Dengan Pedekatan Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 1851–1853.
Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120–1129.
Zakiyah, E., Handayani, T., & Sofyan, F. A. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Campuran Siswa Kelas IV di MI Hijriyah II Palembang. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 41. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3006
Copyright (c) 2022 Alfina Rahmatin, Ismail Marzuki
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.