Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA PGRI Kupang

  • Melania Wildaiman UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDIRA KUPANG
  • Yanti Rosinda Tinenti
  • Erly Grizca Boelan
Keywords: hasil belajar, media pembelajaran, video pembelajaran

Abstract

Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif. Dalam penelitian ini dihasilkan media video pembelajaran pada materi laju reaksi dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan validitas media video pembelajaran yang dirancang pada materi laju reaksi,  hasil belajar siswa pada materi laju reaksi yang menggunakan media video pembelajaran. Dari analisis data diperoleh (1) presentasi tingkat validasi oleh validator  ahli materi secara keseluruhan sebesar 88,75% dan presentasi tingkat validasi oleh validator ahli media secara keseluruhan sebesar 82,95% dinyatakan media sangat layak digunakan. (2) Ketuntasan hasil belajar pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh siswa sebesar 84,88 dan dinyatakan tuntas.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto,S, (1993), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta Jakarta.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hamzah B. Uno & Nina Lamatenggo. (2011). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil

Belajar Bahasa Indonesia Di. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633

Jessenia Kolin, Deborah C. Widjaja. (2018). Persepsi Konsumen Terhadap Restoran Dengan Konsep Open Kitchen di Surabaya. Program Manajemen Perhotelan, Program Studi Manajemen, Universitas Kristen Petra.

Jihad dan Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo

Nasution, Mardiah Kalsum. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, volume 11 artikel no 1 Edisi Juni 2017, hlm. 9-16.

Novferma, N. (2016). Analisis Kesulitan Dan Self-Efficacy Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 76. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.10403.

Rusman, Deni Kurniawan, & Cepi Riyana. (2012). Pembelajaran Berbasis

Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas

Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Seituni, S. (2019). Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Upaya Peningkatan Aktivitas Mahasiswa Terhadap Sikap Demokratis Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 03(01), 95–104.

Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran.Yogyakarta: Pedagogia.

Trianto. (2008). “Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning)Di Kelas”.Jakarta:Cerdas Pustaka.

Winaputra, Udin S, dkk. (2007). Terori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Univesitas Terbuka.

Published
2022-09-20
How to Cite
Wildaiman, M., Rosinda Tinenti, Y., & Grizca Boelan, E. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA PGRI Kupang. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 812-820. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.569
Section
Articles