PENERAPAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN IPA DALAM ANALISA KUALITAS WEBSITE PERPUSTAKAAN MUSPERA KEMENTERIAN LHK
Abstract
Penelitian ini berfokus pada Website Sistem Informasi Perpustakaan Muspera milik Departemen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang mampu membantu pekerjaan pustakawan dalam mengimput koleksi buku ataupun melayani pemustaka menjadi lebih efisien dan terkomputerisasi, pemustaka juga dapat mempermudah dalam mencari informasi buku serta beberapa koleksi e-book walaupun masih dalam proses pengembangan. Belum diketahuinya tingkat kualitas website perpustakaan Muspera mendorong peniliti untuk menganalisa dan mengukur tingkat kualitas website perpustakaan Muspera menggunakan metode Webqual 4.0 dan IPA agar dapat menjadikan bahan rekomendasi pengembangan website, meningkatkan kinerja pengguna, memuaskan harapan pengguna, dan dapat memperbaiki kualitas layanan website. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif untuk mengetahui tingkat kualitas Website Perpustakaan Muspera KemenLHK menggunakan metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA) dari hasil survey (kuesioner) dan Analisa menggunakan aplikasi SPSS. Hasil dari penelitian ini menghasilkan tingkat kualitas website yang sudah baik namun masih ditemukan kesenjangan GAP dari persepsi kinerja website (Performance) dengan persepsi harapan pengguna (Importance) yang masih bernilai <0 atau -0,3, yang artinya masih terdapat hasil ketidakpuasan pengguna terhadap kinerja yang diberikan oleh pihak website Muspera KemenLHK. hasil kuadran A perlu di jadikan prioritas utama untuk ditingkatkan kualitasnya berada pada indikator nomor 16 “Website perpustakaan muspera belum dapat menyajikan informasi yang detail” serta indikator nomor 23 “Website perpustakaan muspera secara kesluruhan masih belum baik” karena ke 2 indikator tersebut belum bisa memenuhi harapan/kepuasan dari persepsi pengguna website. Pihak pengelola website perpustakaan Muspera KemenLHK diharapakan dapat mempertimbangan untuk meningkatkan kualitas websitenya namun harus tetap bisa menyesuaikan dengan peraturan dari KemenLHK maupun dalam anggaran biayanya.
Downloads
Copyright (c) 2022 Muhammad Zidane Amin, Saskia Chodiza, Laila Septiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.