PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WEBSITE BERBASIS GOOGLE SITES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI PANCASILA

  • Septiana Rofika Sari Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia
  • Ita Kurnia Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia
  • Alfi Laila Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia
Keywords: Media Pembelajaran, Website, Google Sites, Nilai-Nilai Pancasila

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui pengembangan media, kevalidan, kepraktisan, keefektifan. Metode penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dalam model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahap yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation),  dan evaluasi (evaluation). Uji coba skala terbatas dilakukan pada 10 siswa kelas V SDN Sambi 1 dan uji coba skala luas pada 36 siswa kelas V SDN Purwokerto 2. Data yang diperoleh berupa dokumentasi dan skor. Teknik analisis data yang digunakan adalah wawancara, need asessment, angket validasi, angket kepraktisan, dan post-test. Hasil kevalidan diperoleh kriteria sangat valid dengan skor ahli materi 95% dan ahli media 86%. Hasil uji kepraktisan media didapat kriteria sangat praktis dengan skor 93,75%. Hasil uji coba keefektifan skala terbatas didapat nilai rata-rata diatas KKM yaitu  82,5 dan pada uji coba skala luas di dapat nilai rata-rata 81. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media website berbasis google sites layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila. Diharapkan media website berbasis google sites dapat dikembangkan kembali oleh guru atau peneliti lanjutan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Septiana Rofika Sari, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia

Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia

Ita Kurnia, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia

Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia

Alfi Laila, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia

Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia

References

Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20–32. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4891

Aisy, S. R., & Hudaidah, H. (2021). Pendidikan Indonesia Di Era Awal Kemerdekaan Sampai Orde Lama. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.327

Akbar, A. (2021). PENTINGNYA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1). https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099

Andini, G. T. (2019). MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(2). https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5008

Aulia, D., & Riefani, M. K. (2021). Google Site as a Learning Media in the 21st Century on the Protista Concept. Jurnal Biologi Inovasi Pendidikan (BIO-INOVED), 3(3).

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Jamaluddin, J. (2020). Guru Sebagai Profesi. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.47435/al-qalam.v6i1.119

Mukti, W. M., N, Y. B. P., & Anggraeni, Z. D. (2020). Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Google Sites pada Materi Listrik Statis. Webinar Pendidikan Fisika 2020, 5(1).

Poerwandari, A. . (2012). Pendekatan Kualitatif Untuk Perilaku Manusia. Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi Universitas Indonesia.

Prasetyo, D., & Irwansyah. (2020). MEMAHAMI MASYARAKAT DAN PERSPEKTIFNYA. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 1(1). https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1.253

Purwadhi, P. (2019). Pengembangan Kurikulum dalam Pembelajaran Abad XXI. MIMBAR PENDIDIKAN, 4(2). https://doi.org/10.17509/mimbardik.v4i2.22201

Putri, N. K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Materi Hukum Newton Pada Gerak Benda. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Safarati, R. N. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi. Genta Mulia, XII(1).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.

Sukmawati, E., Heri Fitriadi, Mk., Yudha Pradana, M., Dumiyati, Mp., Arifin, Mp., Sahib Saleh, Mp. M., Hastin Trustisari, Mp., Pradika Adi Wijayanto, Ms., Khasanah, Mp., & Kasmanto Rinaldi, Mp. (2022). DIGITALISASI SEBAGAI PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN Penerbit Cendikia Mulia Mandiri. https://www.google.com/books?hl=id&lr=&id=hx5-EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA4&dq=digitalisasi+sebagai+pengembangan&ots=HtDcAGKqPo&sig=NqtiKteNNRJR-rSisymDmebp2-4

Sukmawati, E. N. (2022). PEMBELAJARAN DARING BERBASIS MASALAH DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR. Juli, 2(2), 196–199. https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/jurdikbud/article/view/299

Sukmawati E. (2009). Hubungan Kecerdasan Spiritual Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Semester Ii Akbid Mitra Husada Karanganyar. UNS (Sebelas Maret University). https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/22535

Utamy, R., Ahmad, S., & Eddy, S. (2020). Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Journal of Education Research, 1(3). https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.26

Wiyono, K., & Zakiyah, S. (2019). Pendidikan Fisika Pada Era Revolusi Industri 4 . 0 Di Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan Program Studi Pendidikan Fisika, 1(1).

Published
2022-08-31
How to Cite
Rofika Sari, S., Kurnia, I., & Laila, A. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WEBSITE BERBASIS GOOGLE SITES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI PANCASILA. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 774-785. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.542
Section
Articles