EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN KONTRUKTIVISME MENGGUNAKAN APLIKASI BANDICAM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS X SMAN 1 KUANTAN HILIR

  • Ummi Salmah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Zulhelmi Zulhelmi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Syahril Syahril Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
Keywords: Efektivitas, Pemahaman Konsep, Pendekatan Kontruktivisme, Bandicam,

Abstract

Kemampuan memahami merupakan salah satu kemampuan kognitif yang harus dimiliki peserta didik agar mampu menguasai konsep fisika. Rendahnya pemahaman konsep fisika menjadi permasalahan yang harus diselesaikan. Pemilihan pendekatan pembelajaran yang tepat dan penggunaan media interaktif ketika belajar diharapkan mampu meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis pendekatan kontruktivisme menggunakan aplikasi bandicam dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi momentum dan impuls. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Experiment dengan rancangan nonequivalen post-test only group design. Sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas X IPA 1 yang berjumlah 27 orang sebagai kelas kontrol dan kelas X IPA 4 yang berjumlah 29 orang sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data berupa tes hasil pemahaman konsep materi momentum dan impuls kelas X yang terdiri dari 9 soal pilihan ganda beralasan. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif melalui tingkat pemahaman konsep dan efektivitas pembelajaran dan analisis inferensial melalui uji normalitas, uji homogenitas dan uji Independet T-Test dengan bantuan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep peserta didik setelah diterapkan pembelajaran berbasis pendekatan kontruktivisme menggunakan aplikasi bandicam pada materi momentum dan impuls berada di kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Zulhelmi Zulhelmi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Syahril Syahril, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

References

Baihaqi, M. B. (2017). Pendidikan dan Digitalisasi di Era Milenial. Sabtu, 23/12/17.
Devi, B. S., & Subali, B. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Fisika Berbasis STEM untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal.
Dr. Rani Gul, Shazia Kanwal, & Dr. Sadia Suleman Khan. (2020). Preferences of the Teachers in Employing Revised Blooms Taxonomy in their Instructions. Sjesr, 3(2). https://doi.org/10.36902/sjesr-vol3-iss2-2020(258-266)
Eva, Y., & Nadi, S. (2021). Analisis Kelayakan Video Pembelajaran Fisika Berbasis Platform Youtube Pada Materi Usaha Dan Energi. IPF : Inovasi Pendidikan Fisika, 10(1).
Hafizah, S. (2020). PENGGUNAAN DAN PENGEMBANGAN VIDEO DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2). https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2656
Haidir, M., Farkha, F., & Mulhayatiah, D. (2021). Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1). https://doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3266
Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, J., & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. In Media pembelajaran.
Hapid, A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Fisika Dalam Memahami Konsep Momentum Dan Impuls Melalui Pendekatan Konstruktivisme Siswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(2). https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i2.970
Izzatunnisa, L., Suryanda, A., Kholifah, A. S., Loka, C., Goesvita, P. P. I., Aghata, P. S., & Anggraeni, S. (2021). Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi dalam Proses Belajar dari Rumah. Jurnal Pendidikan, 9(2). https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i2.811
Karyawan, P. K. (2019). Peran Ilmu Fisika dalam Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Warta, April.
Nazarullah, N. (2021). PEMBERDAYAAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH. WADIAH, 5(1). https://doi.org/10.30762/wadiah.v5i1.3179
Putri, L. A., & Dewi, P. S. (2020). Media Pembelajaran Menggunakan Video Atraktif pada Materi Garis Singgung Lingkaran. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 2(1). https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.568
Rudi Haryadi, H. N. A. K. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. At-Ta`lim : Jurnal Pendidikan, 7(1).
Setiaji, B., & Dinata, P. A. C. (2020). Analisis kesiapan mahasiswa jurusan pendidikan fisika menggunakan e-learning dalam situasi pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1). https://doi.org/10.21831/jipi.v6i1.31562
Sugiyono, & Susanto, A. (2015). Cara Mudah Belajar SPSS & Lisrel. Alfabeta.
Tim Kemdikbudristek. (2020). Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi.
Wiyono, K., & Zakiyah, S. (2019). Pendidikan Fisika Pada Era Revolusi Industri 4 . 0 Di Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan Program Studi Pendidikan Fisika, 1(1).
Zorluoğlu, S. L., & Güven, Ç. (2020). Analysis of 5th Grade Science Learning Outcomes and Exam Questions According to Revised Bloom Taxonomy. Journal of Educational Issues, 6(1). https://doi.org/10.5296/jei.v6i1.16197
Published
2022-08-22
How to Cite
Salmah, U., Zulhelmi, Z., & Syahril, S. (2022). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN KONTRUKTIVISME MENGGUNAKAN APLIKASI BANDICAM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS X SMAN 1 KUANTAN HILIR. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 617-626. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.540
Section
Articles