HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DAN JENIS KELAMIN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Keywords: Gaya belajar, Jenis kelamin, Hasil belajar, Hubungan

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan atau tidak antara gaya belajar dan jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII semester ganji di MTs Negeri 1 Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel acak dan penghitungan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik dokumentasi dan angket. Jumlah populasi penelitian ini sebanyak 106 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 84. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi Product Moment, korelasi ganda, dan dilanjutkan dengan uji F.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan antara gaya belajar dan hasil belajar dengan rhitung 0,477 > rtabel 0,2146. (2) Tidak ada hubungan antara jenis kelamin dan hasil belajaar dengan rhitung 0,209 < rtabel 0,2146 (3) Ada hubungan antara gaya belajar dan jenis kelamin terhadap hasil belajar dengan RYX1X2 hitung 0,48504 > rtabel 0,2146. Dibandingkan dengan tabel koefisien korelasi berganda, nilai RYX1X2 0,48504 berada pada tingkat hubungan sedang. Pada taraf signifikan 5% diperoleh hasil Ftabel 3,11 < Fhitung 12,459. Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak, artinya ada hubungan yang signifikan antara gaya belajar dan jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Situbondo tahun pelajaran 2017/2018

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
2. Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan Ke-15. Jakarta: Rineka Cipta
3. DePorter, Bobbi., dan Hernacki, Mike. 2013. Quantum Learning: Unleashing the Genius in You, terj. Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa, hlm. 110-112.
4. Djunaedi, Wawan, dan Muzayyanah, Ikliah. 2008. Pendidikan Islam Adil Gender di Madrasah. Jakarta: Pustaka STAINU.
5. Mufidah Ch. 2010. Bingkai Sosial Gender: Islam, Strukturasi dan Konstruksi Sosial. Malang: UIN Maliki Press, hlm. 5
6. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, hal. 63.
7. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Cetakan ke-21. Bandung: Alfabeta.
Published
2020-07-18
How to Cite
Gustiary, R., & Idayani, D. (2020). HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DAN JENIS KELAMIN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 7(1), 29 - 38. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v7i1.54
Section
Articles