PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN PUISI RAKYAT

  • Nurul Fitri Universitas Jambi, Indonesia
  • Eddy Pahar Harahap Universitas Jambi, Indonesia
  • Albertus Sinaga Universitas Jambi, Indonesia
Keywords: puisi rakyat, media audiovisual, struktur, kebahasaan

Abstract

Puisi rakyat merupakan warisan budaya bangsa yang wajib dipelajari. Namun, kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan puisi rakyat kelas VII SMPN 1 Muaro Jambi yang masih mengalami kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audiovisual dalam menelaah struktur dan kebahasaan puisi rakyat (puisi lama) dengan media audiovisual pada siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Kelas ekperimen diberikan perlakukan dengan media audio visual dan kelas kontrol diberikan pembelajaran konvensional atau tanpa menggunakan media audio visual. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VII SMP Negeri 1 Muaro Jambi  terdapat enam kelas yang berjumlah 183 siswa. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VII E terdiri dari 30 siswa sedangkan kelas VII F terdiri dari 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes (pretest dan postest) , observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t yang diawali dengan uji prasayarat (uji normalitas dan homogenitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) hasil post-test sebesar 0,004 lebih kecil dibandingkan nilai taraf signifikansi sebesar 0,05, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya terdapat pengaruh media audio visual terhadap kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan puisi rakyat rakyat pada siswa.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Eddy Pahar Harahap, Universitas Jambi, Indonesia

Universitas Jambi, Indonesia

Albertus Sinaga, Universitas Jambi, Indonesia

Universitas Jambi, Indonesia

References

Abdulrahman, Rusniyati, and Mira Mirnawati. 2020. “Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Rakyat Melalui Model Pamper.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 5(1).
Adittia. 2017. “Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD.” Mimbar Sekolah Dasar 4(1): 9–20.
Aisy, Salsabiil Rihhadatul, and Hudaidah Hudaidah. 2021. “Pendidikan Indonesia Di Era Awal Kemerdekaan Sampai Orde Lama.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3(2).
Dofir. 2020. “Analisis Kontrastif Pendidikan Di Indonesia, Di Finlandia, Dan Ajaran Ki Hajar Dewantara.” Jurnal Ta’dib 18(1).
Fa Biola, Githa Shang Inaa, and Mersilina Luther Patintingan. 2021. “PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR.” WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan 2(1).
Hamid, Mustofa Abi et al. 2020. “Media Pembelajaran.” Media pembelajaran.
Hermawan, Iwan. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan. Kuningan: Hidayatul Quran.
Kemendikbud. 2016. Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/Mts. Jakarta: Kemendikbud.
Lafamane, Felta. 2020. “Karya Sastra (Puisi, Prosa Drama).” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Nurcahyo, Muhammad Aqmal, and Yunika Afryaningsih. 2018. “PENERAPAN LITERASI DIGITAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA.” Kongres Bahasa Indonesia.
Priyono, Ery Agus. 2018. “Kontroversi Penerapankurikulum 2013 Dalam Kajian Filsafat Ilmu Berbasis Paradigma Kritical Neurman.” Law, Development and Justice Review 1(1).
Sadikin, Ali, and Afreni Hamidah. 2020. “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19.” BIODIK 6(2).
Sugiyono. 2015. METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. Bandung: ALFABETA.
Sukarto, Kasno Atmo. 2019. “Kritik Sastra Dan Implementasi Pengajaran.” Pujangga 4(1): 19.
Tarigan, Hendry Guntur. 2015. Pengajaran Sintaksis. Bandung: Angkasa.
Yusuf, A. M. 2013. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan Penelitian Gabungan (Pertama). Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2022-08-17
How to Cite
Fitri, N., Pahar Harahap, E., & Sinaga, A. (2022). PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN PUISI RAKYAT. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 565-581. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.538
Section
Articles