PENGARUH PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DAN KESIAPAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENYESUAIAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

  • Neng Nurwiatin STKIP Kusuma Negara Jakarta, indonesia
Keywords: Kebijakan, Masalah, Dampak Perubahan

Abstract

Kurikulum dalan bahan ajar merupakan alat yang sangat penting bagi keberhasilan suatu pendidikan. Perubahan kurikulum didasari pada kesadaran bahwa perkembangan dan perubahan yang terajadi dalam kehidupan beramasyarakat, berbangsa dan bernegara di indonesia tidak lepas dari pengaruh perubahan global, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni dan budaya. Selain itu reformasi kurikulum pendidikan yang sudah diadakan pembaharuan Ditinjau dari kurikulum 1975, 1984, 1994, 2004 (KBK), 2006 (KTSP), dan 2013 juga tidak membawa dampak positif terhadap perkembangan mutu di dunia pendidikan, sehingga sampai saat ini pun mutu pendidikan kita masih rendah. Peran pengembang kurikulum menjadi sangat penting bagi dunia pendidikan untuk pencapaian proses dan hasil belajar yang lebih baik. Artikel ini hendak mendeskripsikan dengan lebih terinci bagaimanakah kebijakan kurikulum, perubahan kurikulum, permasalahan perubahan kurikulum, dampak perubahan kurikulum terhadap pembelajaran di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ornstein, Allan C. (1990). Strategies for Effective Teaching. New York: HarperCollins Publishers.

Elvianti, Siska. 2012. The impact from the implementation of the new curriculum for technical and vocational school indonesia. Artikel eprints.uthm.edu.my (5-38)

Elmore, R., and Sykes, G. 1992. Curriculum policy. In Philip W. Jackson (Ed.), Handbook ofresearch on curriculum: A project of the American Educational Research Association. New York: Macmillan.

Farah, B., dan Nasution, R. D. (n.d.). "Analisis Perubahan Orientasi Pola Hidup Mahasiswa Pasca Berakhirnya Masa Pandemi Covid-19".

Kurniawan, Aris. (2011). Masalah Pendidikan Di Indonesia: Dampak Perubahan Kurikulum. Diperoleh dari academia.edu

Kurniawan, D. E., dan Makin 2021. "Pengaruh Metode Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19". Jurnal Education and developmentInstitut Pendidikan Tapanuli Selatan, Vol.9 No.2(E.ISSN.2614-6061).

Kustini, dan A., M. H. 2018. "Kesiapan Perubahan Dalam Menerapkan Teknologi Informasi Pada Guru-Guru SMA". Sinergitas Quadruple Helix: e-Business dan Fintech sebagai Daya Dorong Pertumbuhan Ekonomi Lokal.

Langgulung, Hasan. 2003. Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka AlHusna Baru

Lundeberg, M.A., and Levin, B.B. 2003. "Prompting the development of preservice teachers" beliefs through cases, action research, problem-based learning, and technology", in J Raths and A McAninch (eds), Teacher Beliefs and Classroom Performance: The Impact of Teacher Education, Information Age Publishing, Greenwich, CT, pp. 23-42.

Mumpuni Rahayu, Yuna. (2016). PENGARUH PERUBAHAN KURIKULUM 2013 TERHADAP PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK. (JURNAL LOGIKA, Vol XVIII, No 3) 22-42

Nasution, S. (2011). Asas-asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2011). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Setiati, S., dan Azwar, M. K. 2020. "COVID-19 and Indonesia". Acta Med Indones - Indones J Intern Med, 52.

SMP, P. W. D. 2022. "Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Pemulihan Pembelajaran". diambil 5 Juli 2022, dari https://ditsmp.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka-sebagai-upaya-pemulihan-pembelajaran/.

Soetopo, Hendyat dan Soemanto, Wasty. 1991. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum: Sebagai Substansi Problem Administrasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Sukmadinata, N. S. 2011. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Published
2022-08-01
How to Cite
Nurwiatin, N. (2022). PENGARUH PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DAN KESIAPAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENYESUAIAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 472-487. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.537
Section
Articles