PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTOR BERBASIS PROYEK dan BERMUATAN KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA BERPIKIR KRITIS

  • Retno Widyastuti SMKN 1 Boyolangu
  • Sulastri Rini Rindrayani Universitas Bhineka PGRI Tulungagung
  • Nanis Hairunisya Universitas Bhineka PGRI Tulungagung
Keywords: Penilaian Psikomotor Berbasis Proyek, Kearifan Lokal, Kemampuan Siswa Berpikir

Abstract

Instrumen penilaian ini diharapkan mempermudah guru untuk membuat penilaian psikomotor berbasis proyek yang sesuai dengan kurikulum 2013.Selain itu guru dapat mempuyai acuan dalam penilaian yang ada dikelas maupun di luar kelas, sehingga guru dapat menilai siswa secara objektif dan akuntabel.Pengembangan instrumen ini tidak hanya membantu guru namun juga bisa membantu siswa dalam mencapai kompetensi yang diharapkan dan membangkitkan semangat dalam merefleksi ketrampilan pada waktu kerja proyek.  Penelitian dan pengembangan yang dirancang untuk menghasilkan sebuah produk yang berupa instrumen penilaian psikomotor bebasis proyek untuk mengukur hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pengelolaan Bisnis Retail Kompetensi Dasar menerapkan Promotion dalam bisnis retail kelas XI kompetensi keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Boyolangu.Hasil penelitiannya Penelitian dan pengembangan ini dikembangkan berdasar identifikasi kebutuhan pengembangan produk instrumen penilaian psikomotor berbasis proyek dan bermuatan kearifan lokal yang sesuai dengan kurikulum K13 revisi dimana memang diperlukan adanya instrumen penilaian psikomotor yang bertujuan untuk memudahkan guru dan siswa dalam mengidentifikasi nilai praktek atau nilai psikomotor dari siswa.Instrumen penilaian yang dikembangkan berupa instrumen penilaian pada aspek psikomotor yang terdiri dari 4 lembar kerja, yaitu lembar kerja 1 menganalisis strategi promosi pada produk lokal, lembar kerja 2 membuat desain iklan dari salah satu produk lokal berupa konten foto dan gambar, lembar kerja 3 membuat desain iklan dari produk lokal berupa konten video, lembar kerja 4 mempromosikan desain iklan ke media sosial. Berdasarkan dari hasil penelitian dan pengembangan bahwa dampak penggunaan instrumen penilaian psikomotor ke peningkatan siswa dalam berfikir kritis dinyatakan efektif dengan hasil berdasarkan uji coba terbatas, dan analisis paired sample t-Test, sehingga dapat digunakan sebagai panduan penilaian aspek psikomotor oleh guru pada mata pelajaran Perencanaan Bisnis kompetensi dasar 4.9 melakukan sales promotion dalam bisnis retail.Produk dari penelitian dan pengembangan ini belum bisa digunakan secara massal dikarenakan produk baru melalui tahap uji coba terbatas. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basuki, I., & Hariyanto. (2017). Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Fitri, A. Z., & Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Madani Media.

Kunandar. (2015). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Kustitik, K., & Hadi, S. (2019). Pengembangan perangkat penilaian autentik mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(2), 184–197.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Purwanto, N. (2008). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wirawan, W. (2012). Evaluasi teori, model, standar, aplikasi dan profesi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Yusuf, A. M. (2015). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Kencana.

A.Wijayanti. 2014. Pengembangan Autentic Assesment Berbasis Proyek dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Ilmiah Mahasiswa. 3(1) : 28-30

Endang Mulyani. 2012. Pengembangan Model Penilaian Komprehensif Berbasis Proyek Pendidikan Kewirausahaan Terintegrasi di Smk. Jurnal Pendidikan. 6(3) : 14-17

Liana Dwi, Prahasruri .2017. Kemampuan Studentpreneur siswa jasa boga di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan, 6(1) : 6-8

Novi, dkk. 2018. Memaksimalkan Potensi Studentpreneur di Lingkungan UNRIYO melalui Pembinaan Manajemen Keuangan, Manajemen SDM, dan Pelatihan E-Marketing. Jurnal Pendidikan, 3(2) : 15-17

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Standar

Sunarti & Shelly Rahmawati. 2014. Penilaian dalam Kurikulum 2013. Surabaya: Andi Publiser

Susilaningsih,E, Khotimah, K, Nurhayati, S. Development of Performance Assessment Instrumen Based ConteXItual Learning For Measuring Students Laboratory Skills.

Tommas, Liliani.2018. Innovativeness Differences of Studentpreneurs Based on Entrepreneurship EXIperiential Learning. Jurnal Internasional Bisnis dan Ilmu Sosial, 8(3):316-325

Uno, HB, Koni, S. 2018. Assessment Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara Universitas Negeri Malang. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, tesis,Disertasi, Artikel, Makalah, Tugas Akhir, Laporan Penelitian. Edisi Kelima. Malang: Universitas Negeri Malang

Widoyoko, EP. 2014. Penilaian Hasil Pembelajaran Di Sekolah.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Published
2022-07-07
How to Cite
Widyastuti, R., Rindrayani, S., & Hairunisya, N. (2022). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTOR BERBASIS PROYEK dan BERMUATAN KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA BERPIKIR KRITIS. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 419-442. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.521
Section
Articles