IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH
Abstract
: Salah satu strategi yang bisa dicoba guru buat mengimbangi pembelajaran masa 4. 0 dengan melakukan literasi digital. Literasi digital dalam hal ini merupakan pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan alat digital, alat- alat komunikasi, ataupun jaringan dalam menciptakan, menilai, memakai, membuat data, dan memanfaatkannya secara segar, bijaksana, pintar, teliti, tepat serta patuh hukum dalam rangka membina komunikasi, dan interaksi yang dilakukan pada pelajaran bahasa Indonesia. Metode yang dipakai dalam riset ini merupakan metode analisa deskriptif kualitatif, yang berupaya menguraikan impementasu literasi digital pelajaran bahasa indonesia melalui pembelajaran jarak jauh, dimana semua informasi yang diperoleh berupa deskriptif mengenai hasil dari riset. Teknik pengumpulan informasi yang dipakai antara lain pendekatan literatur riset atau jurnal artikel online serta daftar pustaka yang berhubungan dengan riset ini. Pengembangan pelajaran Bahasa Indonesia lewat teknologi data diharapkan sanggup membagikan hal yang positif serta meminimalkan hal negatif.
Downloads
References
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fauziyah, U. S. (2020). ANALISIS MATERI POKOK BAHASA INDONESIA PADA BUKU TEMATIK KELAS III MI/SD REVISI 2018. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(2). https://doi.org/10.17509/eh.v12i2.22189
Gani, P., Suryati, L., Sukiman, S., Sudarso, A., & Mipo, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19 pada SMA METHODIST- 7 MEDAN. Pubarama: Jurnal Publikasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1). https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678
Hetilaniar. (2021). IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL. Prosiding Seminar Nasional.
Humaidi, H., Qohar, A., & Rahardjo, S. (2021). Respon Siswa terhadap Penggunaan Video Youtube sebagai Media Pembelajaran Daring Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2). https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9108
Ibda, H. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berwawasan Literasi Baru di Perguruan Tinggi dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Jalabahasa, 15(1). https://doi.org/10.36567/jalabahasa.v15i1.227
Jenilan, J. (2018). FILSAFAT PENDIDIKAN. EL-AFKAR : Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Tafsir Hadis, 7(1). https://doi.org/10.29300/jpkth.v7i1.1588
Long, N. T., & Van Hanh, N. (2020). A structural equation model of blended learning culture in the classroom. International Journal of Higher Education, 9(4). https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n4p99
Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2). https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55
Munir. (2017). Pembelajaran Digital. In Alfabeta.
Nasution, N. R., & Surya, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Jurnal Mahasiswa PPS, 1(1).
Naufal, H. A. (2021). LITERASI DIGITAL. Perspektif, 1(2). https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Nurcahyo, M. A., & Afryaningsih, Y. (2018). PENERAPAN LITERASI DIGITAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Kongres Bahasa Indonesia.
Ritonga, A. W., Ritonga, M., Nurdianto, T., Kustati, M., Rehani, Lahmi, A., Yasmadi, & Pahri. (2020). E-learning process of maharah qira’ah in higher education during the COVID-19 pandemic. International Journal of Higher Education, 9(6). https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n6p227
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK, 6(2). https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Salsabila, F. (2009). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Literasi Digital terhadap Perilaku Berwirausaha Sektor Kuliner yang Terdaftar Pada Aplikasi Go Food di Pasar Segar Kota Makassar. Jurnal Manajemen Dan. Kewirausahaan, 10(2), 93–104.
Sari, A. F. (2020). ETIKA KOMUNIKASI. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2). https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.152
Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Sugiyono. Mode Penelitian Kualitatif, 5(January).
Sukmawati E, wahyunita yulia sari, & indah sulistyoningrum. (2018). Farmakologi Kebidanan. Trans Info Media (TIM). https://scholar.google.com/scholar?oi=bibs&cluster=11760770443894442881&btnI=1&hl=id
Syarief, C. (2021). Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(1).
Wardhana, W. S. (2020). Strategi pengembangan kompetensi guru secara mandiri di era literasi digital. Http://Research-Report.Umm.Ac.Id/Index.Php/SENASBASA Strategi, 4.
Yaumi, M. (2021). Media dan Teknologi Pembelajaran (Edisi Kedua). In Prenada Media Group.
Yulia, E. R., Wahyuni, I., & Maharani, A. (2021). Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring Matematika di Masa Pandemi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.731
Copyright (c) 2022 Salsabila Salsabila, Sugeng Riadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.