IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH

  • Salsabila Salsabila Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Sugeng Riadi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
Keywords: Literasi Digital, Bahasa Indonesia, Pembelajaran Jarak Jauh, Daring, Teknologi Pendidikan

Abstract

: Salah satu strategi yang bisa dicoba guru buat mengimbangi pembelajaran masa 4. 0 dengan melakukan literasi digital. Literasi digital dalam hal ini merupakan pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan alat digital, alat- alat komunikasi, ataupun jaringan dalam menciptakan, menilai, memakai, membuat data, dan memanfaatkannya secara segar, bijaksana, pintar, teliti, tepat serta patuh hukum dalam rangka membina komunikasi, dan interaksi yang dilakukan pada pelajaran bahasa Indonesia. Metode yang dipakai dalam riset ini merupakan metode analisa deskriptif kualitatif, yang berupaya menguraikan impementasu literasi digital pelajaran bahasa indonesia melalui pembelajaran jarak jauh, dimana semua informasi yang diperoleh  berupa deskriptif mengenai hasil dari riset. Teknik pengumpulan informasi yang dipakai antara lain pendekatan literatur riset atau jurnal   artikel online serta daftar pustaka yang berhubungan dengan riset ini. Pengembangan pelajaran Bahasa Indonesia lewat teknologi data diharapkan sanggup membagikan hal yang positif serta meminimalkan hal negatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sugeng Riadi, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

References

Damayanti, I. (2019). Optimalisasi Literasi Digital dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai Upaya Penguatan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fauziyah, U. S. (2020). ANALISIS MATERI POKOK BAHASA INDONESIA PADA BUKU TEMATIK KELAS III MI/SD REVISI 2018. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(2). https://doi.org/10.17509/eh.v12i2.22189
Gani, P., Suryati, L., Sukiman, S., Sudarso, A., & Mipo, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19 pada SMA METHODIST- 7 MEDAN. Pubarama: Jurnal Publikasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1). https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678
Hetilaniar. (2021). IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL. Prosiding Seminar Nasional.
Humaidi, H., Qohar, A., & Rahardjo, S. (2021). Respon Siswa terhadap Penggunaan Video Youtube sebagai Media Pembelajaran Daring Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2). https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9108
Ibda, H. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berwawasan Literasi Baru di Perguruan Tinggi dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Jalabahasa, 15(1). https://doi.org/10.36567/jalabahasa.v15i1.227
Jenilan, J. (2018). FILSAFAT PENDIDIKAN. EL-AFKAR : Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Tafsir Hadis, 7(1). https://doi.org/10.29300/jpkth.v7i1.1588
Long, N. T., & Van Hanh, N. (2020). A structural equation model of blended learning culture in the classroom. International Journal of Higher Education, 9(4). https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n4p99
Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2). https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55
Munir. (2017). Pembelajaran Digital. In Alfabeta.
Nasution, N. R., & Surya, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Jurnal Mahasiswa PPS, 1(1).
Naufal, H. A. (2021). LITERASI DIGITAL. Perspektif, 1(2). https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Nurcahyo, M. A., & Afryaningsih, Y. (2018). PENERAPAN LITERASI DIGITAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Kongres Bahasa Indonesia.
Ritonga, A. W., Ritonga, M., Nurdianto, T., Kustati, M., Rehani, Lahmi, A., Yasmadi, & Pahri. (2020). E-learning process of maharah qira’ah in higher education during the COVID-19 pandemic. International Journal of Higher Education, 9(6). https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n6p227
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK, 6(2). https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Salsabila, F. (2009). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Literasi Digital terhadap Perilaku Berwirausaha Sektor Kuliner yang Terdaftar Pada Aplikasi Go Food di Pasar Segar Kota Makassar. Jurnal Manajemen Dan. Kewirausahaan, 10(2), 93–104.
Sari, A. F. (2020). ETIKA KOMUNIKASI. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2). https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.152
Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Sugiyono. Mode Penelitian Kualitatif, 5(January).
Sukmawati E, wahyunita yulia sari, & indah sulistyoningrum. (2018). Farmakologi Kebidanan. Trans Info Media (TIM). https://scholar.google.com/scholar?oi=bibs&cluster=11760770443894442881&btnI=1&hl=id
Syarief, C. (2021). Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(1).
Wardhana, W. S. (2020). Strategi pengembangan kompetensi guru secara mandiri di era literasi digital. Http://Research-Report.Umm.Ac.Id/Index.Php/SENASBASA Strategi, 4.
Yaumi, M. (2021). Media dan Teknologi Pembelajaran (Edisi Kedua). In Prenada Media Group.
Yulia, E. R., Wahyuni, I., & Maharani, A. (2021). Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring Matematika di Masa Pandemi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.731
Published
2022-08-04
How to Cite
Salsabila, S., & Riadi, S. (2022). IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 502-511. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.513
Section
Articles