PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KREATIVITAS NON APTITUDE

  • Fera Dwidarti Universitas Negeri Yogyakarta
  • Zamzani Zamzani
  • Mulyo Prabowo
  • Heri Retnowati
Keywords: emotional intelligent, self confidence, creativity, traditional dance

Abstract

Abstract: The aims of this research is to know the influence of emotional intelligent toward creativity through self confidence of under graduate student on subject “Pendidikan Seni Drama dan Tari SD”. The population of is 132 under graduate students of PGSD who learn “Pendidikan Seni Drama dan Tari SD”. Using proportional random sampling and Slovin, there was 100 sample in this research. The data analysis technique utilized is path analyze. After analyzed, it showed that 1) emotional intelligent has positive significant effect on self confidence 2) emotional intelligent has positive but not significant effect on creativity 3) self confidence has positive significant effect on creativaity 4) emotional intelligent has indirect effect on creativity through self confidence.

 

Keywords: emotional intelligent, self confidence, creativity, traditional dance



Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap kreativitas melalui kepercayaan diri mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Populasi adalah mahasiswa  yang menempuh matakuliah Pendidikan Seni Drama dan Tari SD yaitu sejumlah 132 orang, dengan menggunakan rumus Slovin dan teknik sampling  proportional random sampling didapatkan jumlah sampel penelitian sebanyak 100 orang. Data dianalisis dengan menggunakan teknik path analyze. Hasil penelitian menyatakan: 1) kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan diri, 2) kecerdasan emosional berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kreativitas, 3) kepercayaan diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas, 4) kecerdasan emosional berpengaruh secara positif tidak langsung terhadap kreativitas melalui kepercayaan diri pada mahasiswa PGSD yang menempuh matakuliah Pendidikan Seni Drama dan Tari SD.

 

Kata Kunci: kecerdasan emosional, kepercayaan diri, kreativitas, tari

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cooper dan Ayman Sawaf. (2002). Executif EQ Kecerdasan Emosional dalam Kepemimpinan Organisasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ghufron, Nur dan Rini Risnawati. (2011). Teori-Teori Psikologi. Jakarta: Ar-ruzz Media.

Goleman, D. (1996) Emotional Intelligence. London : Blowsbury.

Goleman, D. (2009). Kecerdasan emosional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Maulina, A., Kusumawardani, D., & Mutiarasari, K. (2021). Gunungsari Gaya Surakarta. 2(01), 26–36.

Munandar, S. C. U. (2002). Kreativitas dan keberbakatan: strategi mewujudkan potensi kreatif dan bakat – Cet.2. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Muthiah, D. T., & Ratnaningsih, I. Z. (2016). Hubungan Antara Kecerdasan Emosionaldengan Kreativitas Non Aptitude Pada Tari Universitas Negeri Semarang. Jurnal Empati, 5(2), 257–260.

Prastini, D. T. (2015). Hubungan bakat dan kreativitas dengan kemampuan menciptakan tari pada siswa kompetensi keahlian seni tari SMKN 1 Kasihan Bantul. Skripsi. Program Sarjana Jurusan Pendidikan Seni Tari Universitas Negeri Yogyakarta.

Purnamasari, T.A., & Permanasari, A. T. (2019). Implementasi Pembelajaran Tari Dalam Mengembangkan Rasa Percaya Diri Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni), 4(1), 25–35.

Rifki, Mustofa. (2008). Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sma Islam Almaarif SingosariMalang. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri.

Sangadji, E. M. dan Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi.

Sternberg, R. J. (2012). The assessment of creativity: An investment-based approach. Journal Creativity Research, 24(1), 3-12. doi: 10.1080

Sopia, H.F., (2016), Kepercayaan diri mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Tangerang pada Matakuliah Konsep Dasar Matematika, JPSD, 2 (2)

Thursan, H. (2002). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspaswara.

Zuhairi, et.al. (2016). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Rajawali Pers.

Published
2022-08-08
How to Cite
Dwidarti, F., Zamzani, Z., Prabowo, M., & Retnowati, H. (2022). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KREATIVITAS NON APTITUDE. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 512-523. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.510
Section
Articles