PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SDIT AL-HIKMAH BEKASI
Abstract
Pendidikan merupakan kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Meningkatkan kualitas pembelajaran merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam suatu proses belajar mengajar untuk meningkatkan mutu pendidikan. Media pembelajaran dapat berfungsi sebagai stimulus terhadap pikiran, perasaan, perhatian dan motivasi juga minat dalam memperjelas materi pelajaran. Kemajuan dan perkembangan teknologi sudah demikian menonjol sehingga penggunaan alat-alat bantu mengajar seperti alat-alat audio, visual dan audio visual serta perlengkapan sekolah disesuaikan dengan perkembangan jaman tersebut. Beberapa mata pelajaran harus ditempuh siswa pada tingkat sekolah dasar salah satunya adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Dalam hal ini peneliti menggunakan video sebagai alat bantu media pembelajaran, sehingga dengan menggunakan media ini diharapkan dapat merangsang motivasi dan minat agar dapat meningkatkan hasil belajar. Pada peneliti ini dilakukan posstest untuk teknik pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan metode perhitungan cohen’s d dan didapatkan nilai 0,4 sehingga dapat dikategorikan tingkat sedang. Berdasarkan analisa yang didapat menunjukan ada pengaruh sedang pada penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA kelas V di SDIT Al-Hikmah Bekasi.
Downloads
References
Asmoro, B. P., & Mukti, F. D. (2019). Peningkatan Rasa Ingin Tahu Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Model Contextual Teaching and Learning Pada Siswa Kelas Va Sekolah Dasar Negeri Karangroto 02. In Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (Vol. 2, Issue 1, pp. 115–142). https://doi.org/10.36768/abdau.v2i1.28
Desmita, D. (2009). Psikologi perkembangan peserta didik.
Fuadi, A. (2021). Tahta Media Group.
Hamalik oemar. (2010). Hamalik Oemar, Proses Belajar Mengajar (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2001), h. 27. 16–59.
Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633
Jamalong, A. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif Numbered Heads Together ( Nht ) Di Kelas X Sma Negeri 1 Beduai Kabupaten Sanggau Improving Students Achievments By Using Cooperative Model of Numbered Heads Together ( Nht ) At Class X of Public Se. 18, 394–411.
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.
Permatasari, I., Ramdani, A., & Syukur, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Berbasis Inkuiri Terintegrasi Sets (Science, Environment, Technology And Society) Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. Pijar MIPA, 13(28), 74–78. https://doi.org/10.29303/ jpm.v14i2.1256
Sugiyono. (2006). Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta : Bandung, 2006, hal. 3. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, 22–29.
UUD RI RI No. 41. (2003). Presiden republik indonesia. In Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 1985 Tentang Jalan (Issue 1, pp. 1–5).
Copyright (c) 2022 Wafiq Azizah, Erwin Erwin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.