PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SDIT AL-HIKMAH BEKASI

  • Wafiq Azizah Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka
  • Erwin Erwin Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka
Keywords: IPA, Media video animasi, Siswa

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Meningkatkan kualitas pembelajaran merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam suatu proses belajar mengajar untuk meningkatkan mutu pendidikan. Media pembelajaran dapat berfungsi sebagai stimulus terhadap pikiran, perasaan, perhatian dan motivasi juga minat dalam memperjelas materi pelajaran. Kemajuan dan perkembangan teknologi sudah demikian menonjol sehingga penggunaan alat-alat bantu mengajar seperti alat-alat audio, visual dan audio visual serta perlengkapan sekolah disesuaikan dengan perkembangan jaman tersebut. Beberapa mata pelajaran harus ditempuh siswa pada tingkat sekolah dasar salah satunya adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Dalam hal ini peneliti menggunakan video sebagai alat bantu media pembelajaran, sehingga dengan menggunakan media ini diharapkan dapat merangsang motivasi dan minat agar dapat meningkatkan hasil belajar. Pada peneliti ini dilakukan posstest untuk teknik pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan metode perhitungan cohen’s d dan didapatkan nilai 0,4 sehingga dapat dikategorikan tingkat sedang. Berdasarkan analisa yang didapat menunjukan ada pengaruh sedang pada penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA kelas V di SDIT Al-Hikmah Bekasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmoro, B. P., & Mukti, F. D. (2019). Peningkatan Rasa Ingin Tahu Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Model Contextual Teaching and Learning Pada Siswa Kelas Va Sekolah Dasar Negeri Karangroto 02. In Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (Vol. 2, Issue 1, pp. 115–142). https://doi.org/10.36768/abdau.v2i1.28

Desmita, D. (2009). Psikologi perkembangan peserta didik.

Fuadi, A. (2021). Tahta Media Group.

Hamalik oemar. (2010). Hamalik Oemar, Proses Belajar Mengajar (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2001), h. 27. 16–59.

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633

Jamalong, A. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif Numbered Heads Together ( Nht ) Di Kelas X Sma Negeri 1 Beduai Kabupaten Sanggau Improving Students Achievments By Using Cooperative Model of Numbered Heads Together ( Nht ) At Class X of Public Se. 18, 394–411.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.

Permatasari, I., Ramdani, A., & Syukur, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Berbasis Inkuiri Terintegrasi Sets (Science, Environment, Technology And Society) Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. Pijar MIPA, 13(28), 74–78. https://doi.org/10.29303/ jpm.v14i2.1256

Sugiyono. (2006). Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta : Bandung, 2006, hal. 3. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, 22–29.

UUD RI RI No. 41. (2003). Presiden republik indonesia. In Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 1985 Tentang Jalan (Issue 1, pp. 1–5).

Published
2022-08-20
How to Cite
Azizah, W., & Erwin, E. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SDIT AL-HIKMAH BEKASI. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 611-616. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.504
Section
Articles