EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS AKSARA JAWA BERBASIS MOBILE TERHADAP PRESTASI SISWA

  • Estuning Dewi Hapsari Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Yoga Prisma Yuda Universitas PGRI Madiun, Indonesia
Keywords: efektivitas, media berbasis android, prestasi siswa

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui keefektivan media pembelajaran menulis aksara Jawa berbasis android dalam meningkatkan prestasi siswa menulis aksara Jawa di SDN Kresek I. Metode yang dipakai yaitu metode penelitian eksperimen dengan quasi ekperimental design. Adapun desain eksperimen semu dari penelitian ini adalah menggunakan satu kelompok dengan perlakuan yang berbeda. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif ranah kognitif dalam bentuk essai. Analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample test. Hasil pengolahan data menunjukkan uji paired samples correlation nilai correlations (0,761) sangat kuat dengan melihat Sig. (0,000) ˂ α = 0,05. paired samples test Nilai t hitung  (-11,706) menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed) adalah 0,002. Karena Sig. (2-tailed) (0,002) ˂ α (0,025), maka Ho ditolak. Jadi peningkatan prestasi sebelum dan setelah menggunakan media signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Maroof, R.S., et al. (2020). Fear from COVID-19 and technology adoption: the impact of Google Meet during Coronavirus pandemic. Interactive Learning Environments, 1-16.Annisa, W dan Rio, R. (2017). Pembelajaran Membaca Pemahaman dengan Strategi The Cognitive Academic Langauge Learning Approach (CALLA) Berbasis Kearifan Lokal. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 240–258.Arrofiq, V. (2019). Pengembangan Media Mobile Learning “Simaja” Berbasis Android Berhuruf Jawa. Universitas Negeri Semarang.Avianto, Y. F., & Prasida, T. A. S. (2018). Pembelajaran Aksara Jawa Untuk Siswa Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Media Board Game. Aksara, 30(1), 133. https://doi.org/10.29255/aksara.v30i1.223.133-148Hadinegoro, A.dan Muryanto, A. . (2020). Digitalisasi Media Pembelajaran Pada Paud Terpadu Allifa. Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat 2020 Universitas Amikom Yogjakarta, 90–95.Ikhsan, R. N. 202. (2022). Pengembangan Media Pembelajaranaksarajawa Berbasis Aplikasi Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelasi V SD. Universitas Muhammadiyah Surakarta.Kosasih, A. R. dan A. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. Grasindo

Mardia, A& Jafar, A. F. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Monopoly Game Smart Terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan FIsika, 5(1), 19–25.Popham, W. J. (2003). Teknik Mengajar Secara Sistematis (Terjemahan. Rineka Cipta.Purwasih, R., & H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Huruf Jawa Menggunakan Wondershare Quiz Creator Kelas VII di SMP Negeri 2 Banjarnegara. , Vol.7 No.1., 7(1).Rahardjo, T., Degeng, N., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mobile Learning Berbasis Anrdroid Aksara Jawa Kelas X Smk Negeri 5 Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 195–202. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p195Rahayu, E. (2011). Kongres Bahasa Jawa 5: Pembelajaran Bahasa Jawa Sebagai Wahana Pembelajaran Watak Pekerti Bangsa (Penerapan Unggah -Ungguh Berbahasa. Http://Kidemang.Com/Kbj5/Index.Php/Makalah-Komisi-b/1148-14-Pembelajaran-Bahasa-Jawasebagai-Wahana-Pembentukanwatak-Pekertibangsa-Penerapanunggah-Ungguh-Berbahasa/),.Sanjaya, W. (2014). Media Komunikasi Pembelajaran. Kencana.Silviarista, Miranda., Punaji S., S. (2017). . Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Mobile Untuk Mata Pelajaran Bahasa Jawa Materi Aksara Jawa KELAS VIII SMP. JINOTEP, 4(1).Sumadi. (2021). Penggunaan Aksara Jawa masih jauh dari Harapan. Majalah Tempo.Surwnatini, E. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Visual Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Kelas III SD Gugus 1 Imogiri Bantul. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(2), 54–67.Widiantoro, S., Nila, S., & P. (2007). Wahana Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 4 SD Semester Kedua.Quadra.Wongso, V. O. (2018). Pengenalan Mobile.

Published
2022-07-05
How to Cite
Hapsari, E., & Yuda, Y. (2022). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS AKSARA JAWA BERBASIS MOBILE TERHADAP PRESTASI SISWA. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 351-361. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.475
Section
Articles