EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS AKSARA JAWA BERBASIS MOBILE TERHADAP PRESTASI SISWA
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui keefektivan media pembelajaran menulis aksara Jawa berbasis android dalam meningkatkan prestasi siswa menulis aksara Jawa di SDN Kresek I. Metode yang dipakai yaitu metode penelitian eksperimen dengan quasi ekperimental design. Adapun desain eksperimen semu dari penelitian ini adalah menggunakan satu kelompok dengan perlakuan yang berbeda. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif ranah kognitif dalam bentuk essai. Analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample test. Hasil pengolahan data menunjukkan uji paired samples correlation nilai correlations (0,761) sangat kuat dengan melihat Sig. (0,000) ˂ α = 0,05. paired samples test Nilai t hitung (-11,706) menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed) adalah 0,002. Karena Sig. (2-tailed) (0,002) ˂ α (0,025), maka Ho ditolak. Jadi peningkatan prestasi sebelum dan setelah menggunakan media signifikan.
Downloads
References
Al-Maroof, R.S., et al. (2020). Fear from COVID-19 and technology adoption: the impact of Google Meet during Coronavirus pandemic. Interactive Learning Environments, 1-16.Annisa, W dan Rio, R. (2017). Pembelajaran Membaca Pemahaman dengan Strategi The Cognitive Academic Langauge Learning Approach (CALLA) Berbasis Kearifan Lokal. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 240–258.Arrofiq, V. (2019). Pengembangan Media Mobile Learning “Simaja” Berbasis Android Berhuruf Jawa. Universitas Negeri Semarang.Avianto, Y. F., & Prasida, T. A. S. (2018). Pembelajaran Aksara Jawa Untuk Siswa Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Media Board Game. Aksara, 30(1), 133. https://doi.org/10.29255/aksara.v30i1.223.133-148Hadinegoro, A.dan Muryanto, A. . (2020). Digitalisasi Media Pembelajaran Pada Paud Terpadu Allifa. Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat 2020 Universitas Amikom Yogjakarta, 90–95.Ikhsan, R. N. 202. (2022). Pengembangan Media Pembelajaranaksarajawa Berbasis Aplikasi Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelasi V SD. Universitas Muhammadiyah Surakarta.Kosasih, A. R. dan A. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. Grasindo
Mardia, A& Jafar, A. F. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Monopoly Game Smart Terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan FIsika, 5(1), 19–25.Popham, W. J. (2003). Teknik Mengajar Secara Sistematis (Terjemahan. Rineka Cipta.Purwasih, R., & H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Huruf Jawa Menggunakan Wondershare Quiz Creator Kelas VII di SMP Negeri 2 Banjarnegara. , Vol.7 No.1., 7(1).Rahardjo, T., Degeng, N., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mobile Learning Berbasis Anrdroid Aksara Jawa Kelas X Smk Negeri 5 Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 195–202. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p195Rahayu, E. (2011). Kongres Bahasa Jawa 5: Pembelajaran Bahasa Jawa Sebagai Wahana Pembelajaran Watak Pekerti Bangsa (Penerapan Unggah -Ungguh Berbahasa. Http://Kidemang.Com/Kbj5/Index.Php/Makalah-Komisi-b/1148-14-Pembelajaran-Bahasa-Jawasebagai-Wahana-Pembentukanwatak-Pekertibangsa-Penerapanunggah-Ungguh-Berbahasa/),.Sanjaya, W. (2014). Media Komunikasi Pembelajaran. Kencana.Silviarista, Miranda., Punaji S., S. (2017). . Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Mobile Untuk Mata Pelajaran Bahasa Jawa Materi Aksara Jawa KELAS VIII SMP. JINOTEP, 4(1).Sumadi. (2021). Penggunaan Aksara Jawa masih jauh dari Harapan. Majalah Tempo.Surwnatini, E. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Visual Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Kelas III SD Gugus 1 Imogiri Bantul. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(2), 54–67.Widiantoro, S., Nila, S., & P. (2007). Wahana Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 4 SD Semester Kedua.Quadra.Wongso, V. O. (2018). Pengenalan Mobile.
Copyright (c) 2022 estuning dewi hapsari, Yoga Prisma Yuda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.