PENGARUH MOTIVASI DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR BERBASIS WEBSITE TERHADAP HASIL BELAJAR PAI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

  • Surgawati Surgawati SDN 011 Bontang Selatan, Indonesia
Keywords: Motivation, Learning Resources, Internet and Websites, Students, Elementary Schools

Abstract

Abstract: This study aims to determine the effect of motivation and utilization of website-based learning resources on PAI learning outcomes for elementary school students. This study uses a quantitative approach, data is taken using a questionnaire with a Likert scale which is made in an online form {google form} and distributed using the WhatsApp social media network to respondents of students at the 011 Bontang Selatan State Elementary School in grades IV, V and VI, totaling 67 respondents who provide answers and return the form. The data were analyzed by statistical t and F tests to find out the answer to this research hypothesis. The results of the study found that there was a significant effect of learning motivation and the use of website-based learning resources on PAI learning outcomes for elementary school students, meaning that learning resources from this factor were widely available and plentiful on the internet, it requires the ability of teachers and students to utilize website learning resources in terms of technological capabilities and the ability to analyze digital content. Students will get many learning resources from the internet or websites. However, elementary school students still need to be assisted and given the right direction in choosing and sorting out the right website as a learning resource. Researchers also recommend future research.

Keywords: Motivation, Learning Resources, Internet and Websites, Students, Elementary Schools.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan pemanfaatan sumber belajar berbasis website terhadap hasil belajar PAI peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, data diambil dengan menggunakan kuesioner dengan skala likert yang dibuat dalam formulir online {google formulir} dan dibagikan menggunakan jaringan media sosial WhatsApp kepada responden peserta didik Sekolah Dasar Negeri 011 Bontang Selatan pada kelas IV, V dan VI yang berjumlah 67 responden yang memberikan jawaban dan mengembalikan formulirnya. Data dianalisis dengan statistik uji t dan F untuk mengetahui jawaban pada hipotesis penelitian ini. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan pemanfaatan sumber belajar berbasis website terhadap hasil belajar PAI peserta didik SD artinya sumber belajar dari faktor ini sudah tersedia luas dan banyak di internet, diperlukan kemampuan guru dan peserta didik dalam memanfaatkan sumber belajar website dari segi kemampuan teknologi maupun kemampuan menganalisa konten digital. Peserta didik akan memperoleh banyak sumber belajar dari intrenet atau website. Namun peserta didik sekolah dasar masih perlu didampingi dan diberikan arah yang benar memilih dan memilah website yang tepat sebagai sumber belajar. Peneliti juga merekomendasikan penelitian di masa depan.

Kata Kunci: Motivasi, Sumber Belajar, Internet dan Website, Peserta Didik, Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, K. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing, abridged edition. Allyn and Bacon.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Batubara, D. S. (2017). Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru SD/MI (Potret, Faktor-faktor, dan Upaya Meningkatkannya). Muallimuna Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 48–65.

Fitriyadi, H. (2013). Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Pendidikan : Potensi Manfaat , Masyarakat Berbasis Pengetahuan , Pendidikan Nilai , Strategi Implementasi Dan Pengembangan Profesional. Pendidikan Teknologi Kejuruan, 21(3), 269–284.

Ghony, H. M. D., & Almanshur, F. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif (1 februari). UIN-Malang Press.

Juwandi, J., & Widyana, R. (2019). Pengaruh kemandirian belajar terhadap pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Jurnal Spirits, 10(1), 49. https://doi.org/10.30738/spirits.v10i1.6536

Krathwohl, D. R. (2002). A Revision of Bloom ’ s Taxonomy: An Overview. A Revision of Bloom ’ s Taxonomy: An Overview, 41(4).

Mahyudin, A. (2022). Persepsi guru tentang kompetensi digital dan kemampuan membuat media pembelajaran. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 738–751.

Maolani, I. (2013). Penggunaan Multimedia Dalam Pembelajaran PAI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 1(2), 55–62.

Marzano, R. J., & Kendall, J. S. (2007). The New Taxonomy of Educational Objectives. https://doi.org/10.1207/s15430421tip4104

Nugroho, Y. A. (2018). Pemanfaatan Dan Pengembangan Blog Sebagai Media Dan Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Tingkat Madrasah Tsanawiyah. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 15–28. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v1i1.175

Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Fisika. MAGISTRA: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101–109. https://doi.org/10.35724/magistra.v6i2.1801

Printina, B. I. (2017). Penggunaan Sumber Belajar Digital Exelsa Moodle dan Komik Toondo Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Sejarah. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 7(2), 57. https://doi.org/10.25273/ajsp.v7i2.1489

Pulungan, S. (2017). Pemanfaatan ICT dalam pembelajaran PAI. QUERY : Jurnal Sistem Informasi, 1(1), 19–24.

Rahman, D. (2021). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar dan Informasi. Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 9–14.

Rahmawati, I. (2022). Pengaruh penggunaan model pembelajaran Abad 21 terhadap kemampuan kognitif peserta didik di Sekolah Dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 415–429.

Rohidin, R. Z., Aulia, R. N., & Fadhil, A. (2015). Model Pembelajaran PAI Berbasis E-Learning. Jurnal Online Studi Al-Qur’an: Membangun Tradisi Berfikir Qur’ani, 11(2), 114–128. https://doi.org/10.21009/jsq.011.2.02

Salehudin, M., Nasir, M., Hamzah, S. H., Toba, R., Hayati, N., & Safiah, I. (2021). The Users’ Experiences in Processing Visual Media for Creative and Online Learning Using Instagram. European Journal of Educational Research, 10(4), 1669–1682. https://www.researchgate.net/profile/Suntonrapot-Damrongpanit/publication/356662582_Effects_of_Mindset_Democratic_Parenting_Teaching_and_School_Environment_on_Global_Citizenship_of_Ninth-grade_Students/links/61a6dda685c5ea51abc0f7b6/Effects-of-Mindset-Dem

Salehudin, M., Nurbayani, E., & Toba, R. (2020). User experience (UX) of multimedia; program of auto play media studio for teacher professional education (PPG). Abjadia: International Journal of Education, 5(2), 111–121. https://doi.org/10.18860/abj.v5i2.8722

Salehudin, M., Zulherman, Arifin, A., & Napitupulu, D. (2021). Extending Indonesia Government Policy for E-Learning and Social Media Usage. Pegem Journal of Education and Instruction, 11(2), 14–26. https://doi.org/10.14527/pegegog.2021.00

Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan Keberhasilan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Kristen Regila Fidei, 1(1), 189–212. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/9

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 99–103. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603

Sri Harjanto, E. R. (2017). Pengaruh Persepsi Guru Smp Terhadap Minat Memanfaatkan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah SINUS, 15(1), 71–83. https://doi.org/10.30646/sinus.v15i1.263

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (cetakan ke). Alfabeta, CV.

Sugiono. (2016). Metode Penelitan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhadi, S., & Heriansyah, H. (2018). Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Web Dalam Menunjang Kegiatan Belajar Pada Prodi Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri Raden Fatah. Jurnal Ilmu Fisika Dan Pembelajarannya (JIFP), 2(2), 34–48. https://doi.org/10.19109/jifp.v2i2.2659

Suharni, S. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172–184. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2198

Suharsini Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakttis. Jakarta : Rineka Cipta.

Supriyadi, T. (2016). Model Pembelajaran Internalisasi Iman dan Taqwa dalam Pembelajaran PAI Untuk Usia Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 3(2), 191–208. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v3i2.4257

Wiryotinoyo, M., Budiyono, H., Akhyaruddin, Setyonegoro, A., & Priyanto. (2020). Pemanfaatan Website sebagai Media Promosi dan Sumber Belajar di Sekolah Menengah. Jurnal Abdi Pendidikan, 01(1), 1–5.

Yaumi, M. (2011). Integrasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 14(1), 88–102. https://doi.org/10.24252/lp.2011v14n1a6

Published
2023-02-03
How to Cite
Surgawati, S. (2023). PENGARUH MOTIVASI DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR BERBASIS WEBSITE TERHADAP HASIL BELAJAR PAI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(2), 392-406. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i2.462
Section
Articles