PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP TUMBUH KEMBANG ANAK (STUNTING)

  • Viviana Lisma Lestari UIN Syarif Hidayatullah
  • Suwarsito Suwarsito Universitas Bina Sarana Informatika
  • Aulia Rasyada STIQ Amuntai, Kalimantan Selatan
Keywords: 2STIQ Amuntai, Kalimantan Selatan

Abstract

Setiap orang tua mempunyai pola asuh tersendiri dalam mendidik anak-anak mereka. Pola asuh tersebut berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Orang tua mempunyai pengaruh yang paling besar terhadap anak, setiap orang tua mempunyai pola asuh tersendiri dari segi mengasah, mengasuh dan mengasih dalam hubungan bersama anak-anak, dan ini berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap tumbuh kembang anak (stunting). Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan jenis pendekatan studi kasus. Dengan metode tersebut dapat memberikan pemahaman terhadap orang tua mengenai pola asuh yang baik sehingga anak akan terhindar dari perilaku yang menyimpang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahsanulkhaq, Moh. “Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan” Vol. 2. No. 1. 2019.

Aslan, Aslan. “Peran Pola Asuh Orangtua Di Era Digital.” Jurnal Studia Insania, Vol. 7. No. 1. Juli 2019.

Rahmawati, Dian. Cegah Stunting Dengan Stimulasi Psikososial Dan Keragaman Pangan. Malang: Ae Publishing. 2020.

Siyono, Sandu Dan Ali Sodik Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.

Hidayat, Taufik. “Pembahasan Studi Kasus Sebagai Bagian Metodologi Penelitian". Jurnal Studi Kasus 2019.

Krisdiyanto, Endra. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Motorik Anak Usia 3-5 Tahun”. Jurnal Karya Ilmiah. 2013.

Laili, Uliyatul, Dan Ratna Ariesta Dwi Andriani. “Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pencegahan Stunting”. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks Vol. 5. No. 1. 29 Juni 2019.

Anggito, Albi Dan Johan Setiawan Metode Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: Cv Jejak. 2018.

Nirmalasari, Ridha, Ahmad Aldianor, Ervianie Putri Asfari, Raju Anand, Rini Septiani, Dan Siti Nurhalisa. “Penguatan Pola Asuh Terhadap Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Dalam Keluarga Melalui Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Petak Bahandang". Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan.Vol. 5. No. 1. Desember 2021.

Riati, Irma Khoirsyah. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Karakter Anak Usia Dini” Vol. 4. No. 2. 2016.

Sakti, Syahria Anggita. “Pengaruh Stunting Pada Tumbuh Kembang Anak Periode Golden Age”. Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Vol. 6. No. 1. 2020.

Setiawan, Eko, Dan Rizanda Machmud. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Stunting Pada Anak Usia 24-59 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Kecamatan Padang Timur Kota Padang, Jurnal Kesehatan Andalas, Vol. 7. No. 2. Tahun 2018.

Sri Asri, Aa. “Hubungan Pola Asuh Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol. 2. No. 1. April 2018.

Published
2022-06-06
How to Cite
Lestari, V., Suwarsito, S., & Rasyada, A. (2022). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP TUMBUH KEMBANG ANAK (STUNTING). EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 302-311. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.458
Section
Articles