UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE JIGSAW PADA PELAJARAN PKN MATERI PERUNDANG-UNDANGAN TINGKAT PUSAT DAN DAERAH SISWA SMP KLS VIII

  • Rince Marpaung Universitas HKBP Nommensen, Indonesia
  • Sunday Ade Sitorus Universitas HKBP Nommensen, Indonesia
Keywords: Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Jigsaw

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII SMP Swasta Cerdas Mandiri melalui penerapan model pembelajaran Jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini bahwa penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan ketuntasan individual siswa dan ketuntasan klasikal siswa. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw juga dapat membuat siswa lebih aktif. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 yaitu 68,33 dengan prosentase ketuntasan sebesar 13,89% dan meningkat pada siklus 2 menjadi 85,28 dengan prosentase ketuntasan sebesar 100%. Demikian juga dengan rata-rata sikap siswa pada siklus 1 ialah 51,33 dan meningkat pada siklus 2 menjadi 84,78. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bangun, W. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Pengaruh Tunjangan Karyawan Terhadap Motivasi Kerja Dan Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Auto 2000 Malang Sutoyo).

Busro, M. D. (2020). Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. In Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia.

Depdiknas. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi (Ringkasan Kegiatan Belajar Mengajar). Depdiknas.

Hamid, H. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Https://Doi.Org/10.24256/Jpmipa.V1i1.86

Juniawan, M. E. (2020). … Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Dan Hasil Belajar Pelajaran Kelompok Sosial Humaniora Siswa Kelas V Sd Di Gugus 1 …. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar …, 4(1), 64–73.

Kamsinah, K. (2008). Metode Dalam Proses Pembelajaran: Studi Tentang Ragam Dan Implementasinya. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(1), 101–114. Https://Doi.Org/10.24252/Lp.2008v11n1a8

Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. In Manajemen Sumber Daya Manusia.

Mudjiono, D. Dan. (2009). Belajar Dan Pembelajaran. Rineka Cipta, Jakarta.

Mulyasa. (2013). Pengembangan Dan Implentasi Pemikiran Kurikulum. Rosada Karya, Bandung.

Suyono & Hariyanto. (2011). Belajar Dan Pembelajaran.

Published
2022-05-20
How to Cite
Marpaung, R., & Sitorus, S. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE JIGSAW PADA PELAJARAN PKN MATERI PERUNDANG-UNDANGAN TINGKAT PUSAT DAN DAERAH SISWA SMP KLS VIII. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(1), 264-277. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i1.446
Section
Articles