PENGARUH EFIKASI DIRI, PERENCANAAN KARIR TERHADAP KESIAPAN KERJA DIMODERASI LAYANAN INFORMASI KARIR
Abstract
Tujuan Penelitian adalah (1) menganalisis pengaruh efikasi diri terhadap kesiapan kerja siswa, (2) menganalisis pengaruh perencanaan karir terhadap kesiapan kerja siswa, (3) menganalisis pengaruh layanan informasi karir terhadap kesiapan kerja siswa, (4) menganalisis pengaruh efikasi diri terhadap kesiapan kerja yang dimoderasi layanan informasi karir, (5) menganalisis pengaruh perencanaan karir terhadap kesiapan kerja yang dimoderasi layanan informasi karir siswa kelas XII SMK N 1 Kandeman Batang. Jenis penelitian penjelasan (explanatory research). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII SMK N 1 Kandeman, Batang sebanyak 492 orang siswa tahun ajaran 2020/2021 dan sampel penelitian sebanyak 155 siswa (31,5 % dari populasi). Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari responden melalui kuesionair. Teknik analisis menggunakan model regresi quasi moderasi. Temuan penelitian adalah (1) efikasi diri berpengaruh positif terhadap kesiapan kerja siswa, (2) perencanaan karir tidak berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa, (3) layanan informasi karir berpengaruh positif terhadap kesiapan kerja siswa, (4) layanan informasi karir tidak memoderasi pengaruh efikasi diri terhadap kesiapan kerja siswa, (5) Layanan Informasi karir tidak memoderasi pengaruh perencanaan karir terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII SMK N 1 Kandeman, Batang.
Downloads
References
Ali, M. 2013. Analisis Kesiapan SMK RSBI dalam Peningkatan Daya Saing Lulusan. Jurnal
Pendidikan, 43(1), 78-86.
Anwar, M. K., Musyrifin, Z., & Zakiyah, A. (2021). How are important career services for
Islamic college students? International Journal of Education and Learning, Vol. 3No.3
December , 213–221.
Bandura, 1977. Guide For Constructing Self Efficacy Scales , Chapter 14. https://scholar.
google.co.id /scholar_url?url=https://www.researchgate.net
Gaumer Erickson, A.S. & Noonan, P.M. 2018. Self-Efficacy Formative Questionnaire. In
The Skills that matter: Teaching Interpersonal and Intrapersonal Competencies in
any Classroom (pp. 175-176). Thousand Oaks, CA: Corwin.
Ghozali, I., 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19, Semarang: Badan
Penerbit Universitas Diponegoro
Komara, I.B, 2016 Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan
Karir Siswa, Psikopedagogia, Universitas Ahmad Dahlan .Vol. 5, No. 1
Krisnamurti, T.F. 2016 Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII
SMK Muhammadyah 1 Wates. Skripsi. Program Studi Ekonomi, Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Yogyakarta .
Kurniawati, A., & Arief, S. 2016. Pengaruh Efikasi Diri, Minat Kerja, Dan Bimbingan Karir
Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Program Kehlian Akuntansi. Economic Education
Analysis Journal, Vol. 5(1), 363–376.
Layton, R. L., Solberg, V. S. H., Jahangir, A. E., Hall, J. D., Ponder, C. A., Micoli, K. J., &
Vanderford, N. L. (2020). Career planning courses increase career readiness of graduate
and postdoctoral trainees. National Library of Medicine.
Lestari, D dan Supriyo . 2016 .Kontribusi Minat Jurusan, Kualitas Layanan Informasi Karir, dan
Pemahaman Karir Terhadap Kemampuan Mengambil Keputusan Karir, Jurnal
Bimbingan Konseling 5 (1) . http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk
Maulida, N. I., 2017. Pengaruh Perencanaan Karir dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Kerja
Peserta Didik di SMK Se Kabupaten Tegal. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi
Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang
Mutmainah, N. Arumsari, C & Isti’adah, F.N (2020). Efektivitas Layanan Informasi Karier
Menggunakan Teori Donald E. Super Untuk Meningkatkan Kesiapan Kerja Siswa. QUANTA .
Vol. 4, No. 3, September 2020 DOI: 10.22460/q.v2i1p21-30.642
Sari, D.W (2009). Korelasi antara Pemahaman Layanan Informasi Karir dengan Motivasi
Kerja Sisiwa. Kelas II SMK Negeri 6 Semarang Tahun Ajaran 2008/ 2009. Skripsi,
Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP Unnes , Semarang
Simamora, H. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Bagian Penerbitan STIE
YPKN,
Stevani. 2015. Pengaruh Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) dan Ketrampilan Siswa Terhadap
Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa Administrasi Perkantoran SMK N 3 Padang.
ECONOMICA Journal of Economic and Economic Education. Vol.3 No.2 184 –193
Tentama, F. & Riskiyana, E. R. 2020. The Role of Social Support and Self-Regulation on Work
Readiness among Students in Vocational High School. International Journal of Evaluation
and Research in Education (IJERE), Vol. 9, No. 4, December , pp. 826~832 ISSN: 2252-
, DOI: 10.11591/ijere
Theodora, B. D., Martiah, S., & Yanti, R. R. 2019. Internal Factotr That Influence Career
Readiness . Asia Proceedings of Social Sciences 4(3) 106-108
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen
Utami, Y.G. D. dan Hudaniah. 2013. Self Efficacy dengan Kesiapan Kerja Siswa Sekolah
Menengah Kejuruan . JIPT Vol. 01, No.01, Januari , ISSN: 2301-8267
Wiharja MS, H., Rahayu, S., & Rahmiyati, E. 2020. Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kesiapan
Kerja Mahasiswa Pendidikan Vokasi. VOCATECH: Vocational Education and
Technology Journal 2, 1 : 11-18 . DOI: 10.38038/vocatech.v2i1.40
Yusadinata, A.S., Machmud, A. Santoso. B. 2021. Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri
(Prakerin), Informasi Dunia Kerja dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja terhadap Kesiapan Kerja
Siswa SMK. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan: Volume 3 Nomor 6Tahun 2021
Copyright (c) 2022 Ari Susilowati, Mohammad Fauzan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.