PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI DIBA (DZIKIR INDAH BERSAMA ASMAULHUSNA) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ASMAULHUSNA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR
Abstract
Perkembangan teknologi telah banyak perpengaruh hampir kepada semua bidang kehidupan manusia, salah satunya bidang Pendidikan. Motivasi belajar peserta didik yang kian hari kian menurun karena bosan dengan metode pembelajaran konvensional tentu berpengaruh kepada hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan kelayakan media pembelajaran berbasis teknologi yaitu video animasi DIBA (Dzikir Indah Bersama Asmaulhusna) serta pengaruh penggunaan video animasi DIBA dalam upaya meningkatkan hasil belajar asmaulhusna siswa kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian Desain and Development (D&D). Setelah melakukan uji coba, produk ini divalidasi oleh 1 guru wali kelas yang mendapatkan kualifikasi sangat baik dengan tingkat validasi 98% dan 20 siswa SD kelas VI SD IT Insan Mulia Maos dengan kualifikasi baik dan tingkat validasi 86,25 %. Tingkat validasi menunjukan hasil yang sangat baik dan perpengaruh signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa yang selanjutnya akan berpengaruh pula terhadap hasil belajar siswa sehingga produk ini dinyatakan valid serta sesuai dengan apa yang akan dilaksanakan dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Ani, N. A. (2014). Pendidikan Karakter untuk Siswa SD dalam Perspektif Islam. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 50–58.
Bajongga Silaban, Hebron Pardede, F. B. (2021). STUDENT LEARNING MOTIVATION IN ONLINE BASED PHYSICS LEARNING AT SMAN 1 AMANDRAYA. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 8(1), 67–81.
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.Men. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.
Hikmah, L. N., & Agustin, R. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. PRISMATIKA: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.33503/prismatika.v1i1.291
Mustofa Yusli Hidayat, Firman Jaya, S. S. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA, 8(1), 285–292.
Pebriani, C. (2017). Pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif pembelajaran IPA kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461
Ponza, P. jerry R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Kelas IV SD. Jurnal Edutech, 6(1), 9–19.
Simanjuntak, L., Silaban, P. J., & Sitepu, A. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Animasi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3559–3565. Retrieved from http://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.604%0Ahttps://jbasic.org/index.php/basicedu/article/viewFile/604/pdf
Teni Nurrita. (2018). Kata Kunci :Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 03(01), 171
Copyright (c) 2022 Nofita Amaliahrahma Miftah, Ghazia Rahmi Sahid, Vina Syalfirah, Ani Nur Aeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.