MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DALAM MEMBANGUN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

  • Mutini Mutini SDN 3 Pulosari Ngunut Tulungagung
  • Hikmah Eva Trisnantari Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Nanis Hairunisya Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
Keywords: Blended Learning, Kemandirian Belajar

Abstract

Pembelajaran daring  dan luring dengan menggunakan strategi Blended Learning merupakan sebuah solusi yang efektif dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid- 19. Metode penelitiannya adalah penelitian  kualitatif. teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan rancangan multi situs yaitu analisis data situs individu dan analisis data lintas situs.   Hasil penelitiannya:  1) Perencanaan model pembelajaran Blended Learning dalam Membangun Kemandirian Belajar siswa   di SDN Pulosari 03 dan SDN Kromasan Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung  dilakukan dengan  membuat RPP, Promes,  Prota, silabus dan perencanaan-perencanaan lain yang dibutuhkan untuk melakukan proses pembelajaran misalnya menerapkan metode pembelajaran Online dan metode demonstrasi.   2) Pelaksanaan model pembelajaran Blended Learning dalam membangun kemandirian belajar siswa, yang dilakukan secara  dengan menggunakan aplikasi moodle group WA, classroom,  google form,   ataupun dipadukan dengan Google Fom atau You Tube. Pelaksanaan pembelajaran secara luring dilakukan dengan   menggunakan metode diskusi dan metode ceramah.   3) Evaluasi model pembelajaran Blended Learning dalam Membangun Kemandirian Belajar siswa    di SDN Pulosari 03 dan SDN Kromasan Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung dilakukan dengan:  penjadualan penggunaan   pembelajaran, pembuatan catatan kemajuan belajar siswa, pengelolaan motivasional  dan kontrol belajar. Selain itu dilakukan evaluasi proses, evaluasi penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akdon. (2006). Strategic Manajement for Educational Manajement. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azis, taufiq N. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS), 1(2), 308–318.

Chalim, S. (2018). Peran Orang tua dan Guru dalam Membangun Internet sebagai Sumber Pembelajaran (The Role of Parents and Teachers in Building the Internet as a Source of Learning). Jurnal Penyuluhan, 14(1).

Degeng, N. S. (2005). Teori Pembelajaran 1 Taksonomi Variable. Malang: UIN Malang.

Diana, P. Z., Wirawati, D., & Rosalia, S. (2020). Blended Learning dalam Pembentukan Kemandirian Belajar. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 9(1), 16. https://doi.org/10.35194/alinea.v9i1.763

Dwiyogo, W. D. (2018). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: Raja Grafindo Persada.

Fatah, N. (2001). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fitri, A. Z., & Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Madani Media.

Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154.

Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Indriyani, F., & Yusnani. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar Di Pulau Rona Kecamatan Bangkinang. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(1), 90–96.

Moleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri “X.” Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 7(1), 43. https://doi.org/10.26740/jptt.v7n1.p43-49

Rohana, S. (2020). Model Pembelajaran Daring Pasca Pandemi Covid-19. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 192. https://doi.org/10.47498/tadib.v12i02.441

Sihabudin, S. (2018). Pengaruh Strategi Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Sejarah Pendidikan Islam Pada Mahasiswa Yang Memiliki Locus of Control Berbeda. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 3(1), 72–89. https://doi.org/10.17977/um031v3i12016p072

Sjukur, S. B. (2013). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 368–378. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1043

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.

Terry, G. R. (2012). Asas-Asas Manajemen. Bandung : Alumni.

Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2020). Membangun Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 142–149.

Published
2022-03-31
How to Cite
Mutini, M., Trisnantari, H., & Hairunisya, N. (2022). MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DALAM MEMBANGUN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(1), 156-170. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i1.416
Section
Articles