UPAYA MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN MELALUI DISKUSI KELOMPOK DI SDN PUJERBARU 01 KECAMATAN MAESAN KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Tri Wijiastutik SDN Pujerbaru 01 kecamatan Maesan
Keywords: mutu pembelajaran, diskusi kelompok

Abstract

Rendahnya mutu pembelajaran di SDN Pujerbaru 01 kecamatan Maesan kabupaten Bondowoso tahun pelajaran 2019/2020 menjadi fokus penelitian tindakan sekolah  (PTS). Hal ini diperkuat dengan hasil penilaian  rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dilakukan kepala sekolah rata-rata 59 dengan kriteria kurang baik. Sedangkan hasil penilian terhadap praktek pelaksanaan pembelajaran di kelas sebelum dilakukan penelitian rata-rata 56 dengan kriteria kurang baik. Penggunaan metode diskusi kelompok menjadi pilihan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi kepala sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) yang  dilaksanakan dengan dua siklus dan setiap siklus terdapat 1 kali pertemuan. Kesimpulan hasil penelitian adalah metode diskusi kelompok guru dapat meningkatkan mutu pembelajaran khususnya dalam hal menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan praktek pembelajaran di SDN Pujerbaru 01 kecamatan Maesan kabupaten Bondowoso  tahun pelajaran 2019/2020. Metode diskusi kelompok guru sangat efektif sebagai sarana diskusi dan tukar pendapat dengan mengoptimalkan beberapa aspek kesiapan mental dan fisik guru, kesiapan bahan, tanggungjawab, diskusi (berfikir bersama) dan interaksi (bertanya). Hal ini ditandai dengan meningkatnya hasil penilaian dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pada siklus 1 sebesar 83 (bak) dan pada siklus 2 sebesar 92 (sangat baik). Sedangkam hasil penilaian terhadap praktek pembelajaran di kelas pada siklus 1 rata-rata 81 dengan kriteria baik, sedangkan pada siklus 2 rata-rata 91 dengan kriteria sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Bintaro 2000, Quantum Learning, Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan, Bandung; Kaifa
Arikunto, dkk. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Adrienne Alton-Lee, Quality Teaching for Diverse Students in Schooling: Best Evidence
Edward Sallis, Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan, Terj. Ahmad Ali riyadi & Fahrurrozi, (Jogjakarta: IRCiSoD, 2011), hlm., 50.
Edward Sallis, Total Quality Management in Education, (London: Kogan Page Ltd, 2002), hlm. 30-31
Gay, L.R. 2000. Education Research: Competences for Analysis and Application. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Hamalik, oemar 2002 Pendidikan guru berdasarkan pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.
http://pasca.undiksha.ac.id/images/img_item/735.doc, diakses tanggal 21 September pukul 07.38 WIB
http://kbbi.web.id/ajar, (online), diakses tanggal 26 September 2019 pukul 19.28 WIB.
Gina Dewi Lestari Nur, Pembelajaran Vokal Grup Dalam Kegiatan Pembelajaran Diri di SMPN 1 Panumbangan Ciamis, Universitas Pendidikan Indonesia, 2014, hlm. 7.
Mulyasa, E. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Purwanto, M. Ngalim. 2004. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Kemendikbud, Petunjuk Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah, (Jakarta: Kemendikbud, 2014), hlm. 7
Kemmis and McTaggart (1994) The Action Research Planner, Dekain University McNiff, J., & Whitehead, J. 2002. Action Research: Principle and Practice. Second Edition. London: Routledge Falmer.
Ni Nyoman Padmadewi, Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar Kecamatan Buleleng Melalui Pelatihan Strategi Pembelajaran dan Penelitian Tindakan Kelas, (online),
Nani Rosdijati & Widyaiswara Madya, Peran dan Fungsi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran, (online), http://www.lpmpjateng.go.id/web/index.php/arsip/karya-tulis- lmiah/899-peran-dan-fungsi-guru-dalam-meningkatkan-mutu-pembelajaran, diakses tanggal 8 Desember 2019 Pukul 01.26 WIB.
Rumini & Wardhani, Naniek Sulistya. 2015. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tema Berbagai Pekerjaan Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas 4 SDN KUTOHARJO 01 PATI Kabupaten Pati Semester 1 TahunAjaran 2014-2015. Jurnal.Universitas Kristen SatyaWacana. ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/181. Diakses pada tanggal 29 November 2017.
Soewarso Hardjosoedarmo, Total Quality Management, (Yogyakarta: Andi Offset, 2004), hlm.68
Soewarso Hardjosoedarmo, Total Quality Management, hlm., 68
Suhardjono, A. Azis Hoesein, dkk (1995). Pedoman penyusunan KTI di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Digutentis, Jakarta : Diknas
Suhardjono. 2005. Laporan Penelitian Eksperimen dan Penelitian Tindakan Kelas sebagai KTI, makalah pada Pelatihan Peningkatan Mutu Guru di LPMP Makasar, Maret 2005
Suhardjono. 2009. Tanya jawab tentang PTK dan PTS, naskah buku.
Synthesis, (Wllington: Ministry of education, 2003), hlm. 89
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Published
2022-03-08
How to Cite
Wijiastutik, T. (2022). UPAYA MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN MELALUI DISKUSI KELOMPOK DI SDN PUJERBARU 01 KECAMATAN MAESAN KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(1), 102-125. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i1.402
Section
Articles