MENINGKATKAN PRESTASI DAN PARTISIPASI AKTIF SISWA DENGAN MENGGUNAKAN KATA KATA ACAK BAHASA INGGRIS

  • Rita Sita Dewi SMA Negeri Pakusari Jember, Indonesia
  • Asri Widiatsih Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia
Keywords: kata kata acak, partisipasi aktif, prestasi kosa kata

Abstract

Kosakata merupakan hal yang penting bagi siswa sebagai langkah awal mereka untuk belajar Bahasa Inggris. Kosa kata penting karena kata membawa isi dari apa yang ingin kita katakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan kata-kata acak  dapat meningkatkan prestasi  dan partisipasi aktif siswa dalam kelas XII IPS 1  di SMAN Pakusari. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan item tes, wawancara dan checklist. Implementasi kata-kata acak dikombinasikan dengan kelompok kecil dan guru memberikan jenis kata acak kepada siswa. Mengacak kata meningkatkan prestasi kosakata siswa pada siklus 2 dari persentase skor siswa pada siklus 1 70 (60%) dan pada siklus 2 ≥70 (80%) dan partisipasi aktif siswa pada siklus 1 75% (60% ) pada siklus 2 (83%). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kata kata acak mampu meningkatkan penguasaan kosakata siswa dan partisipasi aktif siswa kelas XII SMAN Pakusari

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. (2000) Penelitian pendidikan prosedur dan strategi. Bandung: Angkasa.

Arikunto, S 2002. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka

Cipta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: SuatuPendekatanPraktek. Edisi Revisi V.

Jakarta: Rineka Cipta.

Arifin, Zainal, Drs. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto et.al. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ariska, Gina, 2014. Model Pembelajaran Bahasa Inggris: Scramble Method.

Makalah disajikan dalam Seminar on TEFL (Online). (https://ginaariska.wordpress.com/2014/07/21/scramble-method)

https://www.goegle.com/search?q=t&rls=org.mozilla:en-US:official

Cameron, Lyne, 2001. Teaching Language to Young Learners. New York: Cambridge

University Press.

De Boer John J. 1982. Basic Language Massage and Meaning. New York: Harper and

Row, Publisher, Inc.

Dhofarina, Alfin, Nurin, 2015. Penerapan Model Pembelajaran Scramble Dalam Proses

Pembelajaran. IAIN Tulungagung (Online). ( http//www.pgmi

e2014iaintulungagung, on January 3rd 2015Email:alfinurin@gmail.com)

Hatch, E.M. and C. Brown. 2015. “Vocabulary Sentence and Language Education”.

Cambridge: Cambridge University Press.

Laksana, Budhi. 2011. Improving Reading Skill by Using Scramble Technique Game at

The Sixth Grade of SDN Tanjungsari Pacitan in 2010/2011 Academic Year.

Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Linse, Caroline, T and Nunan, David, 2005. Practical English Language Teaching:

Young Learners. New York: The Mc Graw Hill Companies.

Meyer, Charles, F, 2009. Introducing English Linguistics. New York: Cambridge

University Press.

Purwanto, N 1985. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Purwanto, N 2010. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Richards, Jack. C and Rodgers, Theodore, S, 2001. Approach and Method in Language

Teaching. New York: Cambridge University Press.

Thornbury, Scott. 002. How to teach vocabulary. Longman: Pearson Education

Limited.

Published
2022-03-02
How to Cite
Dewi, R., & Widiatsih, A. (2022). MENINGKATKAN PRESTASI DAN PARTISIPASI AKTIF SISWA DENGAN MENGGUNAKAN KATA KATA ACAK BAHASA INGGRIS. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(1), 71-81. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i1.395
Section
Articles