PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS V SDN 5 TILANGO KABUPATEN GORONTALO

  • Halim Irmayani Universitas Pohuwato
Keywords: media pembelajaran, motivasi pembelajaran, hasil belajar

Abstract

Permasalah dalam peneltian ini yaitu : bagaimana pengaruh media pembelajarandan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di kelas V SDN 5 Tilango Kabupaten Gorontalo. Tujuannya yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh media pembelajarandan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di kelas V SDN 5 Tilango.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Eksperimen Faktorial 2x2 untuk memperoleh data yang digunakan tes motivasi belajar dan tes hasil belajar PKN. Analisis penelitian dengan ANAVA dua jalur yang kemudian dilanjutkan dengan uji tuckey. Hasil penelitian ini: (1) Hasil belajar PKN siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media LCD lebih tinggi dari hasil belajar PKN siswa yang dibelajarkan dengan media gambar (2) Terdapat pengaruh interaksi antara media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKN (3) Terdapat perbedaan hasil belajar PKN pada kelompok siswa yang memiliki motivasi tinggi,  yaitu hasil belajar PKN siswa yang dibelajarkan dengan media dari pada siswa yang dibelajarkan dengan media gambar (4) Terdapat perbedaan hasil belajar PKN pada kelompok siswa yang memiliki motivasi rendah,  yaitu hasil belajar PKN siswa yang dibelajarkan dengan media LCD  lebih rendah dari pada siswa yang dibelajarkan dengan media gambar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173

Agus Sugiarto, M. (2019). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA LCD DALAM MEMOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 2(1), 1–7.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Smkn 1 Cihampelas. Journal on Education, 01(02), 382–389.

Datu Palittin, I., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Ivylentine Datu Palittin Wihelmus Wolo Ratna Purwanty. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101–109. http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/magistra

Hakim, M., & Mulyapradana, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Daring dan Motivasi Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Saat Pandemik Covid-19. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 4(2), 154–160. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i2.8853

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633

Khalifah, S. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LCD DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI MADRASAH ALIYAH ISLAMIYAH MALO KABUPATEN BOJONEGORO. Skripsi, 1–57.

Misnah, M. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Situs Lumpang Batu dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(1), 42–55. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i1.10520

Muammar, M., & Suhartina, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 11(2), 176–188. https://doi.org/10.35905/kur.v11i2.728

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.

Sani, M., Zakso, A., & Rustiyarso, R. (2019). Pengaruh Media Lcd Projector Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Kelas Ix Pelajaran Ips. Jurnal Edukasi, 4(1), 1–9.

Soelistyono, R. (2020). MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BELAJAR AUDIO VISUAL LCD PADA SISWA KELAS X IPA 1 MAN LUMAJANG. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 5–24.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Published
2022-02-08
How to Cite
Irmayani, H. (2022). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS V SDN 5 TILANGO KABUPATEN GORONTALO. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(1), 28-39. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i1.394
Section
Articles