PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS V SDN 5 TILANGO KABUPATEN GORONTALO
Abstract
Permasalah dalam peneltian ini yaitu : bagaimana pengaruh media pembelajarandan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di kelas V SDN 5 Tilango Kabupaten Gorontalo. Tujuannya yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh media pembelajarandan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di kelas V SDN 5 Tilango.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Eksperimen Faktorial 2x2 untuk memperoleh data yang digunakan tes motivasi belajar dan tes hasil belajar PKN. Analisis penelitian dengan ANAVA dua jalur yang kemudian dilanjutkan dengan uji tuckey. Hasil penelitian ini: (1) Hasil belajar PKN siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media LCD lebih tinggi dari hasil belajar PKN siswa yang dibelajarkan dengan media gambar (2) Terdapat pengaruh interaksi antara media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKN (3) Terdapat perbedaan hasil belajar PKN pada kelompok siswa yang memiliki motivasi tinggi, yaitu hasil belajar PKN siswa yang dibelajarkan dengan media dari pada siswa yang dibelajarkan dengan media gambar (4) Terdapat perbedaan hasil belajar PKN pada kelompok siswa yang memiliki motivasi rendah, yaitu hasil belajar PKN siswa yang dibelajarkan dengan media LCD lebih rendah dari pada siswa yang dibelajarkan dengan media gambar.
Downloads
References
Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173
Agus Sugiarto, M. (2019). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA LCD DALAM MEMOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 2(1), 1–7.
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Smkn 1 Cihampelas. Journal on Education, 01(02), 382–389.
Datu Palittin, I., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Ivylentine Datu Palittin Wihelmus Wolo Ratna Purwanty. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101–109. http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/magistra
Hakim, M., & Mulyapradana, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Daring dan Motivasi Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Saat Pandemik Covid-19. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 4(2), 154–160. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i2.8853
Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633
Khalifah, S. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LCD DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI MADRASAH ALIYAH ISLAMIYAH MALO KABUPATEN BOJONEGORO. Skripsi, 1–57.
Misnah, M. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Situs Lumpang Batu dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(1), 42–55. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i1.10520
Muammar, M., & Suhartina, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 11(2), 176–188. https://doi.org/10.35905/kur.v11i2.728
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.
Sani, M., Zakso, A., & Rustiyarso, R. (2019). Pengaruh Media Lcd Projector Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Kelas Ix Pelajaran Ips. Jurnal Edukasi, 4(1), 1–9.
Soelistyono, R. (2020). MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BELAJAR AUDIO VISUAL LCD PADA SISWA KELAS X IPA 1 MAN LUMAJANG. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 5–24.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Copyright (c) 2022 Halim Irmayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.