PENGEMBANGAN E-LEARNING BERORIENTASI PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA KULIAH DESAIN PEMBELAJARAN

  • Eges Triwahyuni Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Pascalian Hadi Pradana Universitas PGRI Argopuro Jember
Keywords: e-learning, pembelajaran inkuiri, pendidikan karakter, desain pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui rancang bangun e-learning berorientasi pembelajaran inkuiri berbasis pendidikan karakter pada mata kuliah desain pembelajaran, 2)  mengetahui kelayakan e-learning berorientasi pembelajaran inkuiri berbasis pendidikan karakter pada mata kuliah desain pembelajaran, 3)

5

 

mengetahui keefektifan e-learning berorientasi pembelajaran inkuiri berbasis pendidikan karakter pada mata kuliah desain pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall. Subjek coba pada uji kelayakan adalah mahasiswa semester 3 tahun akademik 2020-2021 sebanyak 35 orang mahasiswa sedangkan  subjek coba pada uji efektifitas adalah mahasiswa Jurusan Teknologi Pembelajaran Universitas PGRI Argopuro Jember semester 2 tahun akademik 2021-2022. Instrumen yang  digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini berupa angket, tes hasil belajar, dan lembar pengamatan perilaku berkarakter. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan: 1) rancang bangun pengembangan e-learning meliputi langkah analisis kebutuhan, pengembangan desain pembelajaran, membangun course e-learning, evaluasi formatif, dan evaluasi sumatif, 2) hasil validasi ahli materi pada aspek pembelajaran memperoleh skor 4,36 (sangat baik) dan pada aspek isi/materi memperoleh skor 4,8 (baik), hasil validasi ahli media pada aspek tampilan memperoleh skor 4,28 (sangat baik) dan pada aspek pemrograman memperoleh skor 4,44 (baik), hasil uji coba lapangan pada aspek pembelajaran memperoleh skor 4,61 (sangat baik) dan pada aspek isi/materi memperoleh skor 4,55(sangat baik), pada aspek tampilan memperoleh skor 4,56 (sangat baik) dan pada aspek pemrograman memperoleh skor 4,67 (sangat baik), 3 hasil uji efektifitas menunjukkan sig 0.000 atau kurang dari 0.05, maka dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan e-learning Edutech Smart pada mahasiswa semester 2 tahun akademik 2021-2022 mata kuliah desain pembelajaran. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan efektif dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata kuliah desain pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ANTA. (2003). Definition of key terms used in e-learning (version 1.00). Retrieved October 7, 2005, from http://www.flexiblelearning.net./guides/keyterms.pdf

Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Bonnel, W. (2008). Improving Feedback to Students in Online Courses. Nursing Education Perspectives, 29(5), 290–294.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational research. An introduction (4th ed.). New York: Longman.

Bullen, M. (2001). e-Learning and the Internationalization Education. Malaysian Journal of Educational Technology, 1(1), 37–46.

Demir, K., & Akpinar, E. (2018). The effect of mobile learning applications on students ’ academic achievement and attitudes toward mobile learning, 6(2), 48–59.

Dick, W., & Carey, L. (2005). The systematic design of instruction (6th ed.). Illinois: Scott, Foresman and Company.

Elfindri, L., Wello, M., Hendmaidi, E., & Indra, R. (2012). Pendidikan Karakter Kerangka, Metode dan Aplikasi Untuk Pendidikan dan Profesional. Jakarta: Baduose Media.

Gilbert, & Jones, M. G. (2001). E-learning is E-Normous. Electric Perspectives, 26(3), 66–82.

Haryono. (2011). Pengenalan E-learning. Retrieved from http://dharmapendidikan.blogspot.com/2011/03/ pengenalan-e-learning.html

Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Mustaji. (2012). Desain pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kolaborasi untuk meningkatkan kemampuan berkolaborasi. Retrieved from http://pasca.tp.ac.id/site/desain-pembelajaran-dengan menggunakan-model-pembelajaran-kolaborasi-untuk-meningkatkankemampuan-berkolaborasi

Newby, T. J., Donald, S., James, L., James, D., Russell, & Anne, T. L. (2000). Instructional Technology for Teaching and Learning. New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Rasyid, H., & Asrori, M. (2006). Pengembangan Strategi Pembelajaran Kolaboratif Dalam Tim Mahasiswa Kalimantan Barat. Cakrawala Pendidikan, 25(17–40).

Sadiman, A. S., Raharjo, R., Anung, H., & Rahardjito. (2009). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sohn, B. (2005). E-learning and Primary and Secondary Education in Korea. KERIS Korea Education & Research Information Service, 2(3), 6–9.

Suartama, I. K., Setyosari, P., Sulthoni, & Ulfa, S. (2019). Development of an instructional design model for mobile blended learning in higher education. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(16), 4–22. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i16.10633

Suartama, I Kadek, & I Dewa Kade Tastra. (2014). E-Learning Berbasis Moodle. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sukardjo. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Buku Pegangan Kuliah. Yogyakarta: PPs Universitas Negeri Yogyakarta.

Surjono, H. D. (2010). Pengembangan Course E-learning Berbasis Moodle. Yogyakarta: UNY Press.

Triwahyuni, E., Degeng, I. N. S., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2020). The effects of picture word inductive model (Pwim) toward student’s early reading skills of first-grade in the primary school. Elementary Education Online, 19(3), 1523–1526. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.733100

Zubaedi. (2011). Pendidikan Karakter: Konsep Dan Aplikasinya Dalam Lembaga. Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Published
2022-01-17
How to Cite
Triwahyuni, E., & Pradana, P. (2022). PENGEMBANGAN E-LEARNING BERORIENTASI PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA KULIAH DESAIN PEMBELAJARAN. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 8(2), 305-324. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v8i2.380
Section
Articles