PENERAPAN STRATEGI REWARD AND PUNISHMENET DALAM UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN GURU DI SMAN 1 ASAM JUJUHAN KABUPATEN DHARMASRAYA

  • Efrita Yanti SMAN 1 Asam Jujuhan Kabupaten Dharmasraya
Keywords: strategi reward and punishment, guru, disiplin guru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan disiplin guru melalui penerapan strategi reward and punishment. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan penilaian kinerja disiplin guru. Berdasarkan analisis data, dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan Reward dan Punishment efektif untuk meningkatkan disiplin kehadiran guru tepat waktu di sekolah. Data yang diperoleh menunjukan bahwa setelah diadakan penerapan tindakan berupa Reward dan Punishment, terjadi penurunan signifikan pada jumlah guru yang terlambat datang ke sekolah. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian bahwa guru yang terlambat lebih dari 15 menit adalah 1 orang, dan guru yang tidak terlambat sebanyak 14 orang guru. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa. penerapan strategi Reward dan Punishment dapat meningkat disiplin guru untuk hadir tepat waktu  di SMA Negeri 1 Asam Jujuhan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, D. (2020). PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP KEDISIPLINAN GURU DI TK AL WAHYU SURABAYA. MOTORIC :: (Media of Teaching Oriented and Children, 4(2), 224–238.

Fadlilah, A. N., Na’imah, Suryawidarti, M. S., & Nyamiatik. (2021). Strategi Reward and Punishment Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Guru PAUD. JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 88–94. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/

Hardono, Haryono, & Yusuf, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Educational Management Journal, 6(1), 26–33. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman

Iskandar, U. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 1018–1027. https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.2061

Lasmita. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU DALAM MENGAJAR DI KELAS MELALUI PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT DI TK MUTIARA IBU KOTA JAMBI. JURNAL LITERASIOLOGI, 2(2), 96–112. https://doi.org/https://doi.org/10.47783/literasiologi.v2i2.44

Mahdi. (2019). Penerapan Reward and Punishment Untuk Meningkatkan Disiplin Waktu Kehadiran Guru Dan Waktu Melaksanakan Pembelajaran Di Min Pasar Singkil Kabupaten Aceh Singkil Tahun 2016. Serambi Akademica: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Humaniora, 7(7), 971–981. https://doi.org/https://doi.org/10.37478/jpe.v4i2.213

Minsarni, Arafat, Y., & Mulyadi. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 9 Kota Jambi. ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 1(3), 247–256. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v10i2.177

Murniasih, Y., Rahardjo, T. J., & Djuniadi. (2016). Pengaruh Supervisi Akademik, Komunikasi Interpersonal Dan Motivasi Belajar Terhadap Kinerja Guru Di Jepara. Educational Management, 5(2), 148–155. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman/article/view/12971

Nurhadi, N. (2019). Upaya Meningkatkan Disiplin Guru dalam Kehadiran Mengajar Dikelas Melalui Penerapan Reward and Punishment di SMP Negeri 9 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 66. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.126

Rosiana. (2020). Upaya Meningkatkan Disiplin Guru Dalam Penerapan Reward and Punishment Di Sd Negeri. Jurnal Pekan, 5(1), 42–54.

Suradnya, I. N. (2021). MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan Vol. 1 No. 1 Juni 2021 8. 1(1), 8–17.

Published
2021-07-14
How to Cite
Yanti, E. (2021). PENERAPAN STRATEGI REWARD AND PUNISHMENET DALAM UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN GURU DI SMAN 1 ASAM JUJUHAN KABUPATEN DHARMASRAYA. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 8(1), 82-97. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v8i1.190
Section
Articles