PENERAPAN STANDARISASI LABORATORIUM OTKP BERDASARKAN PERMENDIKBUD NO 34 TAHUN 2018 DI SMKN 2 PALANGKA RAYA

  • Sovie Novita Sari IAIN Palangka Raya
  • Sardimi Sardimi Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia
  • Sapuadi Sapuadi Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia
Keywords: Standarisasi, Laboratorium Otomatisasi, Tata Kelola Perkantoran, Permendikbud No. 34 Tahun 2018, SMKN 2 Palangka Raya.

Abstract

Tujuan studi ini adalah untuk mengetahui sejauh mana laboratorium OTKP SMKN 2 Palangka Raya telah melaksanakan ketentuan Permendikbud No. 34 Tahun 2018. Pendekatan kualitatif dengan metodologi deskriptif digunakan dalam studi ini. Observasi, wawancara, serta dokumentasi merupakan beberapa metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Di SMKN 2 Palangka Raya, peneliti melakukan pengecekan laboratorium OTKP serta infrastrukturnya untuk melihat bagaimana kondisinya. Tujuan dari melakukan wawancara dengan Kepala Sekolah, Kepala Laboratorium, serta siswa adalah guna mengumpulkan informasi tentang penerapan standardisasi serta tantangan yang dihadapi siswa selama pembelajaran. Prosedur operasi standar serta peraturan terkait menjadi subjek dari upaya dokumentasi. Beberapa laboratorium SMKN 2 Palangka Raya tidak memenuhi persyaratan Permendikbud No. 34 Tahun 2018 secara memadai menurut temuan studi. Prasarana serta fasilitas yang tersedia terdiri dari 19 stasiun kerja, 7 brankas penyimpanan, 3 lemari kayu, 4 printer, 2 LCD, 44 meja, 46 kursi, 2 pengeras suara, serta 4 mikrofon. Namun, komputer yang tersedia tidak mencukupi dan beberapa di antaranya bahkan tidak berfungsi dengan baik. Selain itu, proses pengajuan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk peralatan baru memakan waktu lama. Prosedur operasi standar (SOP) dikembangkan sebagai upaya untuk menetapkan standarisasi, meskipun belum sepenuhnya berhasil. Tantangannya meliputi dana yang tidak mencukupi dan mesin yang sudah usang atau rusak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

CRESWELL, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). In SAGE Publications (Vol. 12, Nomor 5). https://doi.org/10.5539/elt.v12n5p40

Edward, S. (2002). Total Quality Management in education. In Developing quality systems in education. https://doi.org/10.4324/9780203423660_chapter_5

Fahmi, F., & Liadi, F. (2022). Penerapan Penilaian Manajemen Mutu Di Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya. Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial, 4(2), 22. https://doi.org/10.31602/jt.v4i2.8619

Gofur, A., Sapuadi, S., Muzakki, M., & Azhar, M. (2024). Pelatihan Manajemen Akreditasi Sekolah di Kota Palangka Raya. Pamasa : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 18. https://doi.org/10.20884/1.pamasa.2024.2.1.8864

Hikmah, N., Saridewi, N., & Agung, S. (2017). Penerapan Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan), 2(2), 186. https://doi.org/10.30870/educhemia.v2i2.1608

Huberman, M. (2008). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Nomor 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Kurt, L. (1947). Frontiers in Group Dynamics: Concept, Method and Reality in Social Science; Social Equilibria and Social Change. Program, November, 9–10.

Mustofa. (2021). Norma dan Standar Laboratorium/Bengkel SMK Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 2016).

Nulngafan, N., & Khoiri, A. (2021). Analisis Kesiapan Dan Evaluasi Pengelolaan Laboratorium Ipa Berbasis Teknologi Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(1), 10–17. https://doi.org/10.32699/ppkm.v8i1.1531

Peter, D. (1974). Management: Tasks, Responsibilities, Practices.

Sahidah, Nugroho, P. J., & Sumarnie. (2021). Manajemen Laboratorium Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran Di Smkn 2 Palangka Raya. Equity In Education Journal, 3(2), 118–123. https://doi.org/10.37304/eej.v3i2.3202

Schilling, M. A. (2017). Strategic Management of Technological Innovation. Journal of Product Innovation Management, 23(1), 102–104. https://doi.org/10.1111/j.1540-5885.2005.00184_4.x

Solihin, A., & Armiati. (2022). Analisis Efektivitas Pemanfaatan Laboratorium Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran Di SMKN 3 Padang. Junal Salingka Nagari, 01(02), 127–137.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 6.

Syahmidi, Jasmani, R. (2023). Pendampingan tata kelola administrasi sekolah di Kota Palangka Raya. Penamas Adi Buana, 7(01), 22–35. https://books.google.co.id/books?id=t3zPqTnRjX0C&dq=wrong+diet+pills&source=gbs_navlinks_s

Utami, I. T. (2022). Tingkat Kemampuan Siswa dalam Pelaksanaan Uji Kompetensi Bidang Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 247. https://doi.org/10.33633/ja.v5i2.630

Published
2025-06-18
How to Cite
Sari, S., Sardimi, S., & Sapuadi, S. (2025). PENERAPAN STANDARISASI LABORATORIUM OTKP BERDASARKAN PERMENDIKBUD NO 34 TAHUN 2018 DI SMKN 2 PALANGKA RAYA. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(3), 1370 - 1382. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i3.1818
Section
Articles