SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: INTEGRASI BUDAYA LOKAL DAN WARISAN BUDAYA DALAM PEMBELAJARAN ARITMATIKA SOSIAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis tren penelitian terkait integrasi budaya lokal dan warisan budaya dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi aritmatika sosial. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) terhadap 21 artikel yang diperoleh melalui Google Scholar dengan kriteria inklusi mencakup tahun publikasi 2019–2025, kesesuaian topik, dan keterjangkauan bahasa Indonesia atau Inggris. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan unsur budaya lokal seperti pasar tradisional, makanan khas daerah, permainan tradisional, serta kerajinan tangan, dapat menjadi sarana kontekstual yang efektif dalam menyampaikan konsep-konsep aritmatika sosial, seperti operasi hitung dasar, diskon, laba-rugi, dan perbandingan. Pendekatan ini terbukti meningkatkan pemahaman siswa, keterlibatan aktif dalam pembelajaran, serta menumbuhkan penghargaan terhadap nilai-nilai budaya. Sebagian besar penelitian dalam kajian ini menggunakan pendekatan etnomatematika, yang menunjukkan bahwa integrasi budaya mampu menjembatani kesenjangan antara konsep abstrak matematika dan pengalaman nyata siswa. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan kurikulum dan strategi pembelajaran yang kontekstual, adaptif terhadap lingkungan siswa, serta berakar pada kearifan lokal, selaras dengan semangat Kurikulum Merdeka.
Downloads
References
Ahmad Arisman Nasution, & Suparni. (2024). Eksplorasi Etnomatematika Pada Kipang Panyabungan Sebagai Makanan Khas Mandailing Natal. Jurnal Pendekar Nusantara, 1(2), 42–51. https://doi.org/10.37776/pend.v1i2.1285
Aina Nabila, Abdul Aziz, R. S. (2025). Edusaintek : Jurnal Pendidikan , Sains dan Teknologi SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS Universitas Muhammadiyah Semarang , Indonesia Edusaintek : Jurnal Pendidikan , Sains dan Teknologi. 12(2), 1079–1100. https://doi.org/https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i2.1724
Aisyah, I. H., Sekarwati, M., Hadiningsih, H. R., & Satrio, A. (2023). Inovasi Bahan Ajar Bernuansa Etnomatematika Pada Makanan Tradisional Sumpil Terhadap Kemampuan Literasi Peserta Didik. Prosiding Santika: Seminar Nasional Tadris Matematika Uin K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, 3, 356–370.
Astindari, T., Noervadila, I., & Hasanah, N. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Microsoft Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Segitiga Kelas Vii Mts Raudlatut Thalibin. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(1), 129–142. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i1.991
Astuti, E. P., Hanum, F., Wijaya, A., & Purwoko, R. Y. (2023). Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Matematika Dan Nilai Karakter Pada Permainan Tradisional Jawa Ganjilan. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 11(2), 165. https://doi.org/10.30821/axiom.v11i2.12503
Averta, S. O., Putri, R. A., Malika, F. F., Fajar, M. A., & Rienovita, E. (2024). Potensi Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Alat Kreatifitas Guru Dalam Mendesain Media Pembelajaran Interaktif : Analisis Bibliometrik Dengan Metode Prisma. Edutech, 23(2), 189–201. https://doi.org/10.17509/e.v23i2.69007
Brinus, K. S. W., Makur, A. P., & Nendi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 261–272. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.439
Bustanul Arifin, & Abdul Mu’id. (2024). Pengembangan Kurikulum Berbasis Keterampilan Dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. DAARUS TSAQOFAH Jurnal Pendidikan Pascasarjana Universitas Qomaruddin, 1(2), 118–128. https://doi.org/10.62740/jppuqg.v1i2.23
Evi Nurjannah Siregar, A. (2024). Etnomatematika pada Pembuatan Alame dan Lemang Sebagai Makanan Khas Padang Lawas. 6(2), 199–209.
Fajriah, N., Suryaningsih, Y., Zainuddin, Z., Masriani, R., & Rahadhian, L. N. R. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Budaya Di Lingkungan Lahan Basah Sebagai Sarana Mengembangkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 121. https://doi.org/10.20527/edumat.v9i2.11858
Fauziyah, S., Wahyuni, F. T., Matematika, S. P., & Tarbiyah, F. (2024). ETNOMATEMATIKA : KONSEP MATEMATIKA PADA PROSES PEMBUATAN KERIPIK TEMPE KHAS DESA KALIREJO. 11(2), 184–198.
Febriani, P., Wahyu Widada, & Dewi Herawaty. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 120–135.
Fitriatunnisa, R., Hastuti, I. D., & Mariyati, Y. (2024). Peranan Model Pembelajaran Berbasis Etnomatematika dalam Permainan Tradisional Congklak Sebagai Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Matematika. 4, 422–433.
Fitriyah, A. T., & Syafi’i, M. (2022). Etnomatematika Pada Bale Lumbung Sasak. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.682
Gunawan, R. G., Jamaris, J., & Solfema, S. (2022). Ethnomathematics Exploration: The Beads Basket Craft Context for Mathematics Learning. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 122–133. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v5i2.1663
Khaerani, Arismunandar, I. T. (2024). PERAN ETNOMATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN MATEMATIKA : TINJAUAN LITERATUR THE ROLE OF ETHNOMATHEMATICS IN IMPROVING THE QUALITY OF MATHEMATICS LEARNING : LITERATURE REVIEW. 5(1), 20–26.
Kou, D., Nahak, S., & Mamoh, O. (2021). Eksplorasi Aktivitas Etnomatematika Di Pasar Tradisional Noemuti Kabupaten Timor Tengah Utara (Ttu). RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 77–88. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i2.840
Liberna, H., & Suendarti, M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Reflective dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di Madrasah Tsanawiyah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 238. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.1655
Mahfiroh, H., & Ardiansyah, A. S. (2023). Telaah Challenge Based Learning pada pada Kuliner Dawet Ayu Banjarnegara Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 70–76.
Nadhira, A., & Ammamiarihta, A. (2024). Eksplorasi Etnomatematika Aritmatika Sosial Pada Tapai Singkong Sebagai Sumber Pembelajaran Matematika. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.46306/lb.v5i1.538
Nur Aini Tarigan, & Rakhmawati, F. (2024). Etnomatematika dalam Pembuatan Tas Anyaman Desa Saentis Kabupaten Deli Serdang. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 210–219. https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15427
Rahadhian, L. N. R., Fajriah, N., & Suryaningsih, Y. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Flipbook pada Materi Aritmetika Sosial Berbasis Etnomatematika Pasar Terapung. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 55. https://doi.org/10.20527/edumat.v10i1.12939
Saepuloh, A., Madawistama, S. T., Siliwangi, U., & Matematika, K. (2024). EKSPLORASI MATEMATIKA PADA PEMBUATAN GULA Cakar Makanan Khas Majalengka. 7(2).
Safitri, D., & Siregar, M. A. P. (2023). Etnomatematika dalam Proses Pembuatan Tahu Sebagai Sumber Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 2026–2036. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2240
Safrudin, Marhayati, Djaffar Lessy, P. S. (2024). Etnomatematika Masyarakat Kecamatan Pulau Gorom: Studi Kasus Masyarakat Di Daerah Pesisir Pantai.
Serepinah, M., & Nurhasanah, N. (2023). Kajian Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Tradisional Ditinjau Dari Perspektif Pendidikan Multikultural. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2, 148–157. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p148-157
Setyawan, A. A., & Wahyuni, P. (2019). Pengembangan Modul Ajar Berbasis PMRI Menggunakan Konteks Pasar Inpres Lubuklinggau Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII. PPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 12(1), 94–102.
Shodiq, L. J., Meganingtyas, D. E. W., & Faizati, P. S. D. (2021). Analisis Kebutuhan dan Karakteristik Efektivitas Modul Elektronik Berbasis Ethnomatematika Masyarakat Lumajang. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 190–198.
Sihombing, D. I. (2022). Strategi Pembelajaran Berbasis Etnomatematik : Eksplorasi Kekayaan Alam Danau Toba sebagai Mata Pencaharian Masyarakat. Sepren, 4(01), 106–113. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i01.856
Supriatna, T., Ramdani, R. A., & Nurjaman, A. (2023). Pengembangan lembar kerja peserta didik menggunakan model problem based learning berbantuan liveworksheets pada materi aritmatika sosial. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(6), 2173–2182. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i6.19438
Wardani, G. V., & Budiarto, M. T. (2022). Etnomatematika : Konsep Matematika pada Budaya Tulungagung. MATHEdunesa, 11(1), 210–218. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n1.p210-218
Copyright (c) 2025 Kalista Devi Kumalasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.