SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: INTEGRASI BUDAYA LOKAL DAN WARISAN BUDAYA DALAM PEMBELAJARAN ARITMATIKA SOSIAL

  • Kalista Devi Kumalasari Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Martyana Prihaswati Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Rohmat Suprapto Universitas Muhammadiyah Semarang
Keywords: Systematic Literature Review, etnomatematika, budaya lokal, warisan budaya, aritmatika sosial.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis tren penelitian terkait integrasi budaya lokal dan warisan budaya dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi aritmatika sosial. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) terhadap 21 artikel yang diperoleh melalui Google Scholar dengan kriteria inklusi mencakup tahun publikasi 2019–2025, kesesuaian topik, dan keterjangkauan bahasa Indonesia atau Inggris. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan unsur budaya lokal seperti pasar tradisional, makanan khas daerah, permainan tradisional, serta kerajinan tangan, dapat menjadi sarana kontekstual yang efektif dalam menyampaikan konsep-konsep aritmatika sosial, seperti operasi hitung dasar, diskon, laba-rugi, dan perbandingan. Pendekatan ini terbukti meningkatkan pemahaman siswa, keterlibatan aktif dalam pembelajaran, serta menumbuhkan penghargaan terhadap nilai-nilai budaya. Sebagian besar penelitian dalam kajian ini menggunakan pendekatan etnomatematika, yang menunjukkan bahwa integrasi budaya mampu menjembatani kesenjangan antara konsep abstrak matematika dan pengalaman nyata siswa. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan kurikulum dan strategi pembelajaran yang kontekstual, adaptif terhadap lingkungan siswa, serta berakar pada kearifan lokal, selaras dengan semangat Kurikulum Merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Arisman Nasution, & Suparni. (2024). Eksplorasi Etnomatematika Pada Kipang Panyabungan Sebagai Makanan Khas Mandailing Natal. Jurnal Pendekar Nusantara, 1(2), 42–51. https://doi.org/10.37776/pend.v1i2.1285

Aina Nabila, Abdul Aziz, R. S. (2025). Edusaintek : Jurnal Pendidikan , Sains dan Teknologi SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS Universitas Muhammadiyah Semarang , Indonesia Edusaintek : Jurnal Pendidikan , Sains dan Teknologi. 12(2), 1079–1100. https://doi.org/https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i2.1724

Aisyah, I. H., Sekarwati, M., Hadiningsih, H. R., & Satrio, A. (2023). Inovasi Bahan Ajar Bernuansa Etnomatematika Pada Makanan Tradisional Sumpil Terhadap Kemampuan Literasi Peserta Didik. Prosiding Santika: Seminar Nasional Tadris Matematika Uin K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, 3, 356–370.

Astindari, T., Noervadila, I., & Hasanah, N. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Microsoft Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Segitiga Kelas Vii Mts Raudlatut Thalibin. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(1), 129–142. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i1.991

Astuti, E. P., Hanum, F., Wijaya, A., & Purwoko, R. Y. (2023). Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Matematika Dan Nilai Karakter Pada Permainan Tradisional Jawa Ganjilan. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 11(2), 165. https://doi.org/10.30821/axiom.v11i2.12503

Averta, S. O., Putri, R. A., Malika, F. F., Fajar, M. A., & Rienovita, E. (2024). Potensi Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Alat Kreatifitas Guru Dalam Mendesain Media Pembelajaran Interaktif : Analisis Bibliometrik Dengan Metode Prisma. Edutech, 23(2), 189–201. https://doi.org/10.17509/e.v23i2.69007

Brinus, K. S. W., Makur, A. P., & Nendi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 261–272. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.439

Bustanul Arifin, & Abdul Mu’id. (2024). Pengembangan Kurikulum Berbasis Keterampilan Dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. DAARUS TSAQOFAH Jurnal Pendidikan Pascasarjana Universitas Qomaruddin, 1(2), 118–128. https://doi.org/10.62740/jppuqg.v1i2.23

Evi Nurjannah Siregar, A. (2024). Etnomatematika pada Pembuatan Alame dan Lemang Sebagai Makanan Khas Padang Lawas. 6(2), 199–209.

Fajriah, N., Suryaningsih, Y., Zainuddin, Z., Masriani, R., & Rahadhian, L. N. R. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Budaya Di Lingkungan Lahan Basah Sebagai Sarana Mengembangkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 121. https://doi.org/10.20527/edumat.v9i2.11858

Fauziyah, S., Wahyuni, F. T., Matematika, S. P., & Tarbiyah, F. (2024). ETNOMATEMATIKA : KONSEP MATEMATIKA PADA PROSES PEMBUATAN KERIPIK TEMPE KHAS DESA KALIREJO. 11(2), 184–198.

Febriani, P., Wahyu Widada, & Dewi Herawaty. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 120–135.

Fitriatunnisa, R., Hastuti, I. D., & Mariyati, Y. (2024). Peranan Model Pembelajaran Berbasis Etnomatematika dalam Permainan Tradisional Congklak Sebagai Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Matematika. 4, 422–433.

Fitriyah, A. T., & Syafi’i, M. (2022). Etnomatematika Pada Bale Lumbung Sasak. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.682

Gunawan, R. G., Jamaris, J., & Solfema, S. (2022). Ethnomathematics Exploration: The Beads Basket Craft Context for Mathematics Learning. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 122–133. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v5i2.1663

Khaerani, Arismunandar, I. T. (2024). PERAN ETNOMATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN MATEMATIKA : TINJAUAN LITERATUR THE ROLE OF ETHNOMATHEMATICS IN IMPROVING THE QUALITY OF MATHEMATICS LEARNING : LITERATURE REVIEW. 5(1), 20–26.

Kou, D., Nahak, S., & Mamoh, O. (2021). Eksplorasi Aktivitas Etnomatematika Di Pasar Tradisional Noemuti Kabupaten Timor Tengah Utara (Ttu). RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 77–88. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i2.840

Liberna, H., & Suendarti, M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Reflective dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di Madrasah Tsanawiyah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 238. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.1655

Mahfiroh, H., & Ardiansyah, A. S. (2023). Telaah Challenge Based Learning pada pada Kuliner Dawet Ayu Banjarnegara Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 70–76.

Nadhira, A., & Ammamiarihta, A. (2024). Eksplorasi Etnomatematika Aritmatika Sosial Pada Tapai Singkong Sebagai Sumber Pembelajaran Matematika. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.46306/lb.v5i1.538

Nur Aini Tarigan, & Rakhmawati, F. (2024). Etnomatematika dalam Pembuatan Tas Anyaman Desa Saentis Kabupaten Deli Serdang. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 210–219. https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15427

Rahadhian, L. N. R., Fajriah, N., & Suryaningsih, Y. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Flipbook pada Materi Aritmetika Sosial Berbasis Etnomatematika Pasar Terapung. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 55. https://doi.org/10.20527/edumat.v10i1.12939

Saepuloh, A., Madawistama, S. T., Siliwangi, U., & Matematika, K. (2024). EKSPLORASI MATEMATIKA PADA PEMBUATAN GULA Cakar Makanan Khas Majalengka. 7(2).

Safitri, D., & Siregar, M. A. P. (2023). Etnomatematika dalam Proses Pembuatan Tahu Sebagai Sumber Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 2026–2036. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2240

Safrudin, Marhayati, Djaffar Lessy, P. S. (2024). Etnomatematika Masyarakat Kecamatan Pulau Gorom: Studi Kasus Masyarakat Di Daerah Pesisir Pantai.

Serepinah, M., & Nurhasanah, N. (2023). Kajian Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Tradisional Ditinjau Dari Perspektif Pendidikan Multikultural. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2, 148–157. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p148-157

Setyawan, A. A., & Wahyuni, P. (2019). Pengembangan Modul Ajar Berbasis PMRI Menggunakan Konteks Pasar Inpres Lubuklinggau Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII. PPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 12(1), 94–102.

Shodiq, L. J., Meganingtyas, D. E. W., & Faizati, P. S. D. (2021). Analisis Kebutuhan dan Karakteristik Efektivitas Modul Elektronik Berbasis Ethnomatematika Masyarakat Lumajang. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 190–198.

Sihombing, D. I. (2022). Strategi Pembelajaran Berbasis Etnomatematik : Eksplorasi Kekayaan Alam Danau Toba sebagai Mata Pencaharian Masyarakat. Sepren, 4(01), 106–113. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i01.856

Supriatna, T., Ramdani, R. A., & Nurjaman, A. (2023). Pengembangan lembar kerja peserta didik menggunakan model problem based learning berbantuan liveworksheets pada materi aritmatika sosial. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(6), 2173–2182. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i6.19438

Wardani, G. V., & Budiarto, M. T. (2022). Etnomatematika : Konsep Matematika pada Budaya Tulungagung. MATHEdunesa, 11(1), 210–218. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n1.p210-218

Published
2025-06-29
How to Cite
Kumalasari, K., Prihaswati, M., & Suprapto, R. (2025). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: INTEGRASI BUDAYA LOKAL DAN WARISAN BUDAYA DALAM PEMBELAJARAN ARITMATIKA SOSIAL. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(3). https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i3.1804
Section
Articles