PEMANFAATAN MEDIA TEKA TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK SMTI PADANG

  • Masna Ainul SMK SMTI Padang
Keywords: media pembelajaran, teka teki silang, aktivitas belajar, hasil belajar, Azas Teknik Kimia

Abstract

Media pembelajaran adalah suatu hal yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi antara individu dengan individu maupun kelompoknya, sehingga keterlibatan media dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media teka teki silang untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan dua siklus penelitian. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan SMTI Padang dengan subjek peserta didik kelas XII.2 group A berjumlah 18 orang. Dari data yang diperoleh disimpulkan bahwa penggunaan media teka teki silang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Dalam proses pembelajaran siswa dapat mengembangkan daya pikir siswa dalam memahami pelajaran kontrol proses dan meningkatkan minat peserta didik dalam mendalami mata pelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Wahab, Solichin. 2008. Analisis Kebijakan : Dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Negara Edisi Kedua. Jakarta : Bumi Aksara.
Ahmad, Rivai dan Sujana, Nana. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru
A.M, Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Raja Grafindo Persada
Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.
Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta CV
Azhar Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Djamarah Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar, 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Haryono. (2015). Bimbingan Teknik Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Amara Books.
Iskandar, Dadang dan Narsim. (2015). Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya. Cilacap: Ihya Media
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2002. Jakarta: Balai Pustaka.
Kosmiyah, Indah, 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.
Mulyadi, S.K. 2012. Model Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar/MI. Surakarta: Badan Peneliti FKIP-UMS
Sihkabuden, SP. 2005. Media Pembelajaran Malang : Elang Mas
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soewarso. 2000. Cara-cara Penyampaian Pendidikan Sejarah Untuk Membangkitkan Minat Peserta Didik Mempelajari Bangsanya. Jakarta: Depdiknas.
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: Bumi Aksara.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Sunyaruri Syahnas Mustofa. 2017. Penggunaan Media Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V Sdn Songgokerto 01 Batu, 5 (3).
Trianto, 2009.. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana,
Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2005.
Bandung: Nuansa Aulia.
Wahyu ari wibowo. 2016. Upaya meningkatkan prestasu belajar IPS dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe course review horay (CRH) pada siswa kelas IV SD negeri tegal sari purwosari girimulyo Kulon Progo. Yogyakarta: Universitas PGRI
Yamin, Martinis. 2007. Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press
Published
2021-07-07
How to Cite
Ainul, M. (2021). PEMANFAATAN MEDIA TEKA TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK SMTI PADANG. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 8(1), 35-50. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v8i1.180
Section
Articles