PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PROSES INDUSTRI KIMIA SISWA KELAS XII.3B SMK SMTI PADANG

  • Holfiani Firza SMK SMTI Padang
Keywords: pembelajaran kooperatif, Think Pair Share, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Industri Kimia dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share. Metode yang digunakna adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah observarasi, wawancara dan tes hasil belajar. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Penerapan pembelajaran kooperatif Think Pair Share dapat menningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar yang terus meningkat dari pra siklus samai siklus 2.  Pada kondisi pra siklus siswa yang dinyatakn tuntas hanay 35%, kemudian meningkat pada siklus 1 yaitu sebesar 59% dan terus meningkat pada siklus 2 yaitu sebesar 88%. Rata-rata KKM siswa juga terjadi kenaikan yang pada awalnya sebesar 27% pada siklus 1 meningkat menjadi 74% pada siklus 2. Peningkatan ini terjadi karena siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran dan terlibat dalam kerjasama baik serta mampu meningkatkan kemampuan menyampaikan pendapat terkait materi yang telah dipelajari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A,A,K, Putri., S. Rochani.,S. Subagya. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Kelas IIs 1 SMA Negeri 3 Boyolalai, Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univ Sebelas Maret Surakarta.
N,K Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Purwanto, M. Ngalim. (2007). Psikologi Pendidikan, cet. Ke-23. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sujana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, cet. Ke-10. Bandung: PT. Rosdakarya
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implikasinya, cet. 1 . Jakarta. Prestasi Pustaka Publisher.
Published
2021-07-08
How to Cite
Firza, H. (2021). PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PROSES INDUSTRI KIMIA SISWA KELAS XII.3B SMK SMTI PADANG. EDUSAINTEK : JURNAL PENDIDIKAN, SAINS DAN TEKNOLOGI, 8(1), 21-34. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v8i1.175
Section
Articles