ANALISIS KUANTITATIF PERMAINAN ENGKLEK DALAM PEMBELAJARAN BANGUN DATAR DAN KEKONGRUENAN DI SEKOLAH DASAR

  • Deby Erdriani Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang
  • Yulia Retno Sari Universitas Putra Indonesia YPTK Padang, Indonesia
  • Mishbah Ulhusna Universitas Putra Indonesia YPTK Padang, Indonesia
Keywords: Etnomatematika Pembelajaran Matematika, Permainan Tradisional Engklek, Geometri Bangun Datar, Pembelajaran Kontekstual, Motivasi Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menumbuhkan minat dan memotivasi diri pelajar dalam memahami mata pelajaran matematika di sekolah sehingga dapat dimengerti lebih cepat. Seperti yang kita ketahui mata pelajaran matematika adalah bidang ilmu yang mampu membuat seseorang dapat berpikir kritis dan kreatif. Tapi pada kenyataannya mata pelajaran matematika menjadi mata pelajaran yang tidak disukai pelajar. Jadi materi pelajaran yang akan disajikan dengan etnomatematika permainan engklek agar menarik siswa dalam belajar. Penelitian ini menggunakan metode etnografi dengan pendekatan kualitatif yang akan mendeskripsikan bangun datar yang analog dengan permainan engklek seperti persegi, persegi panjang, lingkaran, trapesium sama kaki, trapesium siku-siku, segitiga dan belah ketupat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Clariza, J. C. A. (2023). Eksplorasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Pada Tradisi Sedekah Bumi Surabaya Sebagai Wujud Implementasi Etnomatematika Abstrak. JPGSD : Joyful Learning Journal, 11(04), 763–777.

Erdriani, D., Devita, D., & Marhayati, L. (2024). Sosialisasi Menggunakan Media Permainan Tradisonal Engklek Untuk Mengenal Bangun Datar di SDN 27 Lubuk Alung Socialization Using Traditional Engklek Games to Introduce Plane Figures at SDN 27 Lubuk Alung. 3.

Firdaus, I. A., & Budiyonno. (2021). Pengembangan Permainan Engklek Sewuan Untuk Pembelajaran Pemahaman Konsep Materi Bangun Datar Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Jpgsd, 09(08), 3032–3043.

Hartati, S., Abdullah, I., & Haji, S. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 43. https://doi.org/10.30651/must.v2i1.403

Indrawati, N., & Nurafni. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Pemberian Tugas Proyek Terhadap Hasil Belajar Matematika. 1(2), 81–88. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i2.71

Isnaniah, I., Firmanto, P., & Imamuddin, M. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika Budaya Minangkabau Pada Materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2605–2619. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2256

Nurfatimah, S. &. (2019). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Dalam. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(September), 121–138.

Nurussofa, R., & Astuti, H. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. 9(1). https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4183

Qomara, D. A., Wijayanto, A., Agustina, N., Eka, N., Islam, U., Sayyid, N., & Rahmatullah, A. (2024). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL MENGGUNAKAN BOOK CREATOR EKOSISTEM. 9(1), 56–68.

Rahmawati Z, Y. R., & Muchlian, M. (2019). Eksplorasi etnomatematika rumah gadang Minangkabau Sumatera Barat. Jurnal Analisa, 5(2), 123–136. https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.5942

Rakhmawati, I. A., & Alifia, N. N. (2018). Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Matematika Sebagai Penguat Karakter Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 186–196. http://jurnal.uns.ac.id/jpm

Wahyuningsih, A., & Astuti, H. P. (2023). Etnomatika: Analisis Konsep Matematika pada Permainan Tradisional Engklek. JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS), 9(1), 239–248. https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4181

Published
2025-02-02
How to Cite
Erdriani, D., Sari, Y., & Ulhusna, M. (2025). ANALISIS KUANTITATIF PERMAINAN ENGKLEK DALAM PEMBELAJARAN BANGUN DATAR DAN KEKONGRUENAN DI SEKOLAH DASAR. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(1), 491 - 504. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i1.1638
Section
Articles