PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA DALAM PEMBELAJARAN PJOK DI MTSN KECAMATAN KUTA BLANG KABUPATEN BIREUEN
Abstract
Pengelolaan sarana dan prasarana memiliki peran penting dalam mengoptimalkan pengadaan, pemeliharaan, penggunaan, Penghapusan dan pemanfaatan sarana dan prasarana yang ada di sekolah, Khususnya di MTsN 9 dan MTsN 11 Bireuen. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui jumlah peralatan, lapangan yang tersedia dan juga untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengaadan,penggunaan, pemeliharaan dan penghapusan yang ada di sekolah MTsN 9 dan MTsN 11 Bireuen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian terkait pengelolaan sarana dan prasarana dalam pembelajaran PJOK di MTsN 9 dan MTsN 11 menunjukkan bahwa : aspek pengadaan, pemeliharaan, penggunaan, dan pemanfaatan yang di lakukan di MTsN 9 Bireuen berjalan dengan baik, hal ini di buktikan dengan hasil wawancara yang telah di lakukan yang mana pihak sekolah melakukan perawatan secara berkala terhadap sarana dan prasarana, melakukan inventaris terhadap sarana dan prasarana yang di miliki, mengajukan pengadaan terhadap sarana dan prasarana yang di butuhkan pihak sekolah khusunya peralatan olahraga. Sedangkan di MTsN 11 Bireuen masih membutuhkan perhatian khusus di sebabkan oleh keterbatasannya anggaran sehingga berdampak pada minimnya sarana dan prasarana di sekolah, selain itu terbatasnya lahan sekolah membuat pengaadaan sarana dan prasarana di sekolah ini menjadi terhambat.
Downloads
References
Aristianti, T., & Pratama, R. S. (2024). Pengembangan Karakter pada Atlet di Sekolah melalui Bimbingan dan Konseling. Keguru: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 8(2), 1–10.
Artanayasa, I. W., & Satyawan, I. M. (2023). Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(1), 1–6.
Gusniati, J., Jahera, J., Zulkifli, A., & Ananda, R. (2024). Standar Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dasar Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Yang Efektif. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 11(2), 572–582.
Juaini, A., Aliyah, N. D., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Gaya Mengajar Guru Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa MTs NW Kotaraja Lombok Timur, NTB. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 1890–1909.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. (2007, June 28). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTS), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Database Peraturan BPK.
Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39.
Lubis, K., & Fadli, M. (2024). Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana di Sekolah Dasar Negeri 102071 Dolok Masihul. Ta Dib Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 371–384.
Mustafa, P. S. (2020). Kontribusi Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia dalam Membentuk Keterampilan Era Abad 21. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 4(3), 437–452.
Nugroho, H. H., Maulidina, E., & Siswoyo, A. A. (2024). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Di Sd Muhammadiyah 1 Bangkalan. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(12).
Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Pemerintah Indonesia. (2013, May 7). Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Database Peraturan BPK.
Putri, A. A., Ridhwan, A. S. N., Zahra, F. R., Handayani, N. A., Maharani, N. F., Rahmadini, R., & Mulyana, A. (2024). Menumbuhkan Minat dan Keterampilan Berolahraga melalui Pembelajaran PJOK di Sekolah Dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 2750–2762.
Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.
Sodiq, F., & Iwandana, D. T. (2023). Observasi Sarana Prasarana Pjok di SMP N 1 Sedayu Tahun 2023. E-SPORT: Jurnal Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi, 3(2), 50–53. https://doi.org/10.31539/e-sport.v3i2.6474
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Copyright (c) 2025 Muhammad Zaki, Zahriyanti Zahriyanti, Said Mulyadi, Iis Marsithah, Silvi listia Dewi Listia Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.