PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA DALAM PEMBELAJARAN PJOK DI MTSN KECAMATAN KUTA BLANG KABUPATEN BIREUEN

  • Muhammad Zaki Universitas Al-Muslim Bireuen, Aceh
  • Zahriyanti Zahriyanti Universitas Al-Muslim Bireuen, Aceh
  • Said Mulyadi Universitas Al-Muslim Bireuen, Indonesia
  • Iis Marsithah Universitas Al-Muslim Bireuen, Indonesia
  • Silvi listia Dewi Listia Dewi Universitas Al-Muslim Bireuen, Indonesia
Keywords: Pengelolaan, Penggunaan, Pemanfaatan, Pemeliharaan, PJOK

Abstract

Pengelolaan sarana dan prasarana memiliki peran penting dalam mengoptimalkan pengadaan, pemeliharaan, penggunaan, Penghapusan dan pemanfaatan sarana dan prasarana yang ada di sekolah, Khususnya di MTsN 9 dan MTsN 11 Bireuen. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui jumlah peralatan, lapangan yang tersedia dan juga untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengaadan,penggunaan, pemeliharaan dan penghapusan yang ada di sekolah MTsN 9 dan MTsN 11 Bireuen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian terkait pengelolaan sarana dan prasarana dalam pembelajaran PJOK di MTsN 9 dan MTsN 11 menunjukkan bahwa : aspek pengadaan, pemeliharaan, penggunaan, dan pemanfaatan yang di lakukan di MTsN 9 Bireuen berjalan dengan baik, hal ini di buktikan dengan hasil wawancara yang telah di lakukan yang mana pihak sekolah melakukan perawatan secara berkala terhadap sarana dan prasarana, melakukan inventaris terhadap sarana dan prasarana yang di miliki, mengajukan pengadaan terhadap sarana dan prasarana yang di butuhkan pihak sekolah khusunya peralatan olahraga. Sedangkan di MTsN 11 Bireuen masih membutuhkan perhatian khusus di sebabkan oleh keterbatasannya anggaran sehingga berdampak pada minimnya sarana dan prasarana di sekolah, selain itu terbatasnya lahan sekolah membuat pengaadaan sarana dan prasarana di sekolah ini menjadi terhambat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aristianti, T., & Pratama, R. S. (2024). Pengembangan Karakter pada Atlet di Sekolah melalui Bimbingan dan Konseling. Keguru: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 8(2), 1–10.

Artanayasa, I. W., & Satyawan, I. M. (2023). Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(1), 1–6.

Gusniati, J., Jahera, J., Zulkifli, A., & Ananda, R. (2024). Standar Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dasar Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Yang Efektif. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 11(2), 572–582.

Juaini, A., Aliyah, N. D., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Gaya Mengajar Guru Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa MTs NW Kotaraja Lombok Timur, NTB. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 1890–1909.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. (2007, June 28). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTS), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Database Peraturan BPK.

Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39.

Lubis, K., & Fadli, M. (2024). Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana di Sekolah Dasar Negeri 102071 Dolok Masihul. Ta Dib Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 371–384.

Mustafa, P. S. (2020). Kontribusi Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia dalam Membentuk Keterampilan Era Abad 21. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 4(3), 437–452.

Nugroho, H. H., Maulidina, E., & Siswoyo, A. A. (2024). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Di Sd Muhammadiyah 1 Bangkalan. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(12).

Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Pemerintah Indonesia. (2013, May 7). Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Database Peraturan BPK.

Putri, A. A., Ridhwan, A. S. N., Zahra, F. R., Handayani, N. A., Maharani, N. F., Rahmadini, R., & Mulyana, A. (2024). Menumbuhkan Minat dan Keterampilan Berolahraga melalui Pembelajaran PJOK di Sekolah Dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 2750–2762.

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Sodiq, F., & Iwandana, D. T. (2023). Observasi Sarana Prasarana Pjok di SMP N 1 Sedayu Tahun 2023. E-SPORT: Jurnal Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi, 3(2), 50–53. https://doi.org/10.31539/e-sport.v3i2.6474

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Published
2025-01-24
How to Cite
Zaki, M., Zahriyanti, Z., Mulyadi, S., Marsithah, I., & Dewi, S. listia D. (2025). PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA DALAM PEMBELAJARAN PJOK DI MTSN KECAMATAN KUTA BLANG KABUPATEN BIREUEN. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(1), 481–490. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i1.1628
Section
Articles